999 +
0
17
0
5 Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan
5 days 'ago'

Daun pandan atau biasa disebut pandan wangi merupakan tumbuhan yang sangat luar biasa manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Daun pandan sangat mudah kita jumpai terutama di Indonesia, kemungkinan besar dari kita sudah mengenali jenis tumbuhan daun pandan.Tumbuhan daun pandan mudah dijumpai di sekitar pekarangan atau tumbuh secara liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Bentuk Akar daun pandan besar, memiliki akar tunggang yang mampu menopang batangnya bila telah tumbuh cukup besar. Bentuk daunnya memanjang mirip dengan daun palem dan tersusun secara roset dan rapat, panjang daun ini dapat mencapai 50cm hingga 70 cm.

Daun pandan termasuk tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Aroma wanginya sudah sejak lama dipakai untuk mengolah berbagai jenis masakan dan minuman, sehingga budidaya tumbuhan tersebut banyak dilakukan di rumah-rumah. Tidak hanya memberi manfaat dalam menambah aroma masakan, daun pandan juga ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan:
1. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah tanda tubuh kurang serat atau kurang cairan. Jus daun pandan dapat Anda konsumsi siang dan malam untuk mengatasinya. Selain itu, teh daun pandan juga bisa Anda coba untuk mengatasinya. Rebus beberapa lembar daun pandan, lalu minum airnya saat hangat.

2. Menambah nafsu makan
Jika sedang kurang nafsu makan, maka minum teh daun pandan dapat membantu meningkatkan selera makan Anda. Ini baik diminum usai sakit, saat tubuh banyak butuh mineral dan vitamin. Bagi wanita yang usai melahirkan, teh daun pandan juga membantu meningkatkan selera makan dan menambah tenaga.

3. Kram perut
Masalah perut yang sering mengalami kram juga bisa diatasi dengan teh daun pandan atau jus pandan. Tanaman ini baik untuk masalah pencernaan.

4. Penetral racun
Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, namun teh daun pandan juga bisa. Ia sekaligus berfungsi membantu keluarnya racun dan kotoran dari dalam tubuh.

5. Mencegah kanker
Secara rutin minum air pandan juga membantu proses penyembuhan kanker, karena ia menghambat kerja dari zat karsinogen.

Masih banyak lagi manfaat daun pandan dalam kehidupan manusia, sehingga layak sekali ditanam di halaman rumah Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow