Home » Kongkow » Tutorial » Cara Membuat Penjernih Air Sendiri

Cara Membuat Penjernih Air Sendiri

- Senin, 03 Desember 2018 | 09:38 WIB
Cara Membuat Penjernih Air Sendiri

Setiap orang ingin sekali memiliki air yang bersih dan jernih, baik untuk mandi maupun untuk minum. Dan kita bisa memiliki air yang bersih tanpa membeli mesin yang mahal. Untuk membuat air menjadi jernih bisa dibuat sendiri? Untuk membuatnya, tidak begitu rumit. Membuat penjernih air sendiri tidak terlalu membutuhkan modal uang yang banyak, bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas tidak terpakai.

Alat dan bahan: 
*. Tong bekas
*. Pasir
*. Batu koral
*. Arang batok kelapa
*. Ijuk
*. Palu dan pahat


Berikut cara membuatnya: 

  1. Potong atau belah tong bekas yang sudah dipersiapkan dan di bagi menjadi dua bagian, ambil bagian yang ada alasnya, agar bisa disusun bahan di dalam tong.
  2. Cuci tong sampai bersih agar air yang di dapat bisa bersih dan tidak berlumut.
  3. Susun bahan bahan dari paling bawah yaitu ijuk, arang batok kelapa, batu koral dan pasir. Usahakan untuk menyusun bahan-bahan ini menjadi rapi, agar tidak bertumpahan kebawah, terutama untuk bagian atas yaitu batu koral dan pasir.
  4. Setelah bahan-bahan sudah disusun rapi, tes dulu penjernih air yang sudah di buat tadi, jika bahan-bahan bertumpahan berarti bahan tidak tersusun dengan rapi.
  5. Jika bahan-bahan penjernih air tidak berjatuhan berarti alat penjernih air sudah bisa digunakan.


Dengan kemauan dan ketelitian dalam membuatnya, kita bisa memiliki penjernih air buatan sendiri meskipun sederhana. Tidak sulit bukan?

Cari Artikel Lainnya