0
16
0
Inilah Pola Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga
2 weeks 'ago'

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sehingga orang tua tidak boleh menganggap bahwa pendidikan anak hanyalah tanggung jawab sekolah. Pendidikan adalah ladang investasi terbesar dalam membangun manusia seutuhnya. Sentuhan pendidikan diyakini akan dapat membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam batasan ini adalah manusia yang sehat jasmani, cerdas pikiran dan berbudaya baik. Manusia yang sehat jasmani, jarang mengalami sakit atau tidak mudah terkena penyakit. Ini membuat mereka lebih berpeluang untuk aktif, kreatif dan produktif dalam dunia kerja. Dalam jasmani yang sehat akan terdapat pikiran yang sehat dan cerdas untuk membangun masa depan yang lebih cerah.

Namun kecerdasan pikiran saja belumlah cukup jika tidak didukung oleh kecerdasan kepribadian. Pribadi yang cerdas akan mengemuka dalam bentuk sikap dan tingkah laku yang baik. Menyenangkan orang banyak dan bukan sebaliknya. Ada 3 komponen yang berperan dalam pendidikan anak. Pendidikan di lingkungan keluarga, lembaga sekolah dan pendidikan di lingkungan masyarakat. Peranan lingkungan keluarga sangat besar terhadap proses pendidikan anak. Pendidikan di lingkungan keluarga akan mengikuti pola-pola tertentu. Namun demikian pola pendidikan masing-masing keluarga dipengaruhi oleh hal berikut ini:

Pendidikan orang tua
Pendidikan orang tua akan menentukan sejauh mana keterlibatan orang tua dalam mendidik anak di rumah tangga. Jika pendidikan orang tua belum memadai maka tanggung jawab pendidikan anak lebih diserahkan pada lembaga sekolah. Namun sebaliknya, orang tua yang mendapat pendidikan yang cukup memadai lebih banyak keterlibatannya dalam pendidikan anak di rumah tangga. Lebih memungkinkan untuk mendampingi anak belajar di rumah sehingga berpeluang untuk memacu prestasi belajar anak di sekolah.

Karakter orang tua
Pola pendidikan di lingkungan keluarga dipengaruhi oleh karakter orang tua. Karakter ini meliputi nilai-nilai filosofis dan budaya yang dianut oleh orang tua. Nilai-nilai ini berpengaruh besar terhadap corak dan warna pendidikan anak di rumah tangga.

Pemenuhan kebutuhan jasmani dan rohani
Kepedulian orang tua terhadap pemenuhan kebutuhan anak meliputi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Dengan memenuhi kebutuhan anak sesuai dengan tuntunan agama akan membuat anak menjadi sehat jasmani, berpikir cerdas dan berkepribadian yang baik.

Pola pendidikan di lingkungan keluarga yang kondusif akan menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka tugas lembaga lain selain keluarga tidak menjadi lebih berat mengurus anak tersebut. Lingkungan keluarga berperanan penting dalam membangun pendidikan anak. Orang tua menjadi pendidik pertama dan utama dalam mengembangkan nilai karakter yang baik. Oleh sebab itu contoh dan suri tauladan kedua orang tua menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dalam mendidik anak di rumah tangga.

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow