0
24
0
Ini Dia 6 Manfaat yang Tidak Kamu Sadari Ketika Tinggal di Kos
1 week 'ago'

Menjadi seorang perantau tentunya bukan suatu hal yang mudah. Harus tinggal jauh dari keluarga demi menempuh pendidikan atau bekerja merupakan suatu tantangan tersendiri yang harus kita lakoni.

Padatnya kegiatan membuat banyak dari para perantau akhirnya memilih untuk tinggal di kost karena dinilai lebih praktis dan terjangkau.

Saat ini juga, mencari kost menjadi jauh lebih mudah dengan banyaknya info kost yang banyak tersebar melalui internet.

Selain lebih praktis dan terjangkau, ternyata masih banyak manfaat lainnya yang mungkin tidak kamu sadari ketika tinggal di kost.

Berikut beberapa manfaat yang hanya bisa dirasakan anak kost:

1. Terlatih hidup mandiri

Tinggal di kost membuat kita menjadi lebih bertanggungjawab terhadap segala urusan pribadi kita, mulai dari urusan kebersihan sampai dengan keuangan.

Berbeda dengan tinggal di rumah, jika kita tidak menjaga kebersihan kamar, mungkin akan ada orang lain yang turut campur dan membantu kita membereskan kamar.

Namun, tidak demikian halnya jika kita tinggal di kost. Kendali terhadap tanggung jawab tentu berada penuh di tangan kita. Pandai mengatur keuangan juga menjadi hal yang harus dimiliki seorang anak kost.

2. Memiliki ‘me time’ untuk lebih mengenali diri sendiri

manfaat menjadi anak kos

Tinggal seorang diri tentunya membuat anak kost memiliki waktu yang lebih banyak untuk diri sendiri dibandingkan dengan mereka yang tinggal bersama orang tua dan keluarga.

Hal ini menjadikan mereka memiliki waktu ‘me time’ untuk refleksi diri dan bisa lebih fokus mengenali kepribadiannya.

Mereka memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk berpikir dan memahami jati dirinya.

3. Kesempatan yang bagus untuk mengembangkan networking

Jauh dari keluarga memaksa anak kost untuk pintar-pintar bergaul dengan lingkungannya. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi mereka untuk mengembangkan diri dan memperluas jaringan pertemanan di luar keluarga.

Anak kost juga biasanya memiliki kebebasan yang lebih dibanding mereka yang tinggal bersama keluarga, misalnya saja pulang larut malam. Hal tersebut sah-sah saja jika melakukan hal – hal yang positif.

4. Memiliki fokus yang lebih untuk berkonsentrasi

Bagi kalian para mahasiswa atau pekerja yang butuh konsentrasi belajar, menjadi anak kost adalah pilihan yang tepat.

Anak kost biasanya identik dengan mereka yang tinggal sendiri dan tidak memiliki tanggungan untuk melakukan hal lain selain belajar atau untuk bekerja, maka bisa dibilang bahwa mereka yang nge-kost biasanya akan lebih mudah fokus terhadap tujuan yang ingin mereka capai.

5. Saat yang tepat untuk meningkatkan kreativitas dan skill

manfaat menjadi anak kos

Banyaknya waktu yang dihabiskan dengan dirinya sendiri membuat anak kost bebas melakukan hal-hal yang ia sukai.

Mulai dari hobi, kegemaran dan hal-hal lainnya bisa ia lakukan sesuka hati tanpa adanya gangguan dari pihak lain. Saat inilah yang bisa dimanfaatkan oleh anak kost untuk mengembangkan kreativitas serta skill yang ia suka.

6. Lebih menghargai saat – saat ketika berkumpul dengan keluarga

Tinggal sendiri dan jauh dari keluarga merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh anak kost. Tak dapat dipungkiri bahwa terkadang anak kost merasakan homesick saat jauh dari keluarga.

Rindu dengan orang-orang terkasih membuat mereka para anak kost akan jauh lebih menghargai saat-saat berkumpul dan saling melempar tawa bersama orang-orang terdekat.

Hal-hal tersebut merupakan manfaat yang biasa dirasakan oleh anak kost. Buat kalian para anak kost, sudahkah kalian merasakan semua manfaat ini?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow