0
41
0
Apa yang membuat seorang menjadi cerdas?
2 weeks 'ago'

Apa yang membuat manusia cerdas dan...membuat Google menjadi lebih baik? Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang lain dan berbagai sarana mempengaruhi kekuatan otak manusia sama halnya seperti pikiran manusia itu sendiri.

Kita suka berpikir bahwa inteligensi kita buat dengan sendiri, itu terjadi di dalam otak kita, produk dari pikiran batin kita sendiri. Tapi dengan kemunculan Google, Wikipedia dan sarana online lainnya banyak orang mempertanyakan dampak dari teknologi tersebut terhadap otak kita.

Apakah mengetik "Siapa yang memerankan James Bond di film tersebut?" Sama seperti mengetahui bahwa jawabannya adalah Sean Connery, George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan dan Daniel Craig (... ditambah David Niven di Casino Royale)? Dapatkah kita mengatakan kita tahu jawaban atas pertanyaan ini, jika sebenarnya yang kita ketahui adalah bagaimana mengakses informasi secara cepat?

Bagaimana kita berusaha untuk mendefinisikan kecerdasan? Dan jawabannya cukup menarik. Karena ketika Anda melihat bukti dari sebuah penelitian psikologi, hal tersebut menunjukkan bahwa banyak aspek dari kecerdasan kita berasal dari bagaimana kita berkoordinasi dengan orang lain dan lingkungan kita.

Sebuah teori yang berpengaruh di kalangan psikolog mengatakan bahwa manusia pelit secara kognitif. Artinya kita enggan untuk melakukan pekerjaan yang mengharuskan kita untuk berpikir kecuali jika kita terpaksa.

Kita mencoba untuk menghindari berpikir terutama jika terdapat jalan pintas untuk mengetahui sesuatu. Jika Anda pernah memilih kandidat politik berdasarkan senyum yang paling jujur, atau memilih restoran berdasarkan berapa banyak orang yang sudah duduk di sana, maka Anda sudah menjadi orang yang pelit secara kognitif.

Teori ini menjelaskan mengapa kita lebih suka mengetik kode pos ke dalam mesin pencari atau Google Maps ketimbang menghafal dan mengingat lokasi tempat - sebab itu jauh lebih mudah.

Penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung tidak mengandalkan ingatan mereka untuk hal-hal yang dapat mereka akses dengan mudah. Hal-hal yang umum kita jumpai, yang dapat berubah dengan cukup radikal tanpa orang sadari.

Beberapa eksperimen menunjukkan bahwa bangunan entah bagaimana bisa hilang dari gambar yang kita lihat, atau orang yang kita ajak bicara dapat diganti dengan orang lain, dan sering kita tidak melihat ini - fenomena yang disebut "perubahan yang membutakan".

Ini bukanlah contoh kebodohan manusia - jauh dari itu sebenarnya - ini adalah contoh dari efisiensi mental. Pikiran kita bergantung pada dunia sebagai catatan yang lebih baik dari memori, dan biasanya itu adalah asumsi yang tepat.

Akibatnya, para filsuf mengatakan bahwa pikiran manusia dirancang untuk memperluas dirinya dalam lingkungan. Begitu banyak sehingga, mereka menjelaskan, pemikiran benar-benar terjadi di lingkungan sebanyak itu terjadi di otak kita. Filsuf Andy Clark menjelaskan bagaimana manusia mendapatkan solusi terhadap suatu masalah - memiliki sarana yang tepat benar-benar berarti Anda mengetahui jawabannya.

Wikipedia

Masyarakat menang

Sebuah penelitian mengenai memori yang dilakukan oleh Daniel Wegner dari Universitas Harvard memberi contoh dari efek ini. Berbagai pasangan diminta untuk datang ke laboratorium untuk mengikuti tes mengingat. Setengah dari para partisipan diminta untuk tetap berada bersama pasangannya, dan setengahnya dipindahkan untuk dipasangkan dengan orang lain yang mereka tidak tahu.

Kedua kelompok kemudian mempelajari daftar kata dan kemudian diuji ingatan mereka mengenai daftar nama tersebut secara individual. Orang-orang yang tetap dengan pasangannya bisa mengingat lebih banyak kata, baik ketika diuji dengan pasangannya maupun sebagai individu.

Apa yang terjadi, menurut Wegner, adalah bahwa orang-orang yang memang berada dengan pasangannya memiliki pemahaman yang baik tentang pasangan mereka. Karena itu, mereka secara diam-diam membagi pekerjaan di antara mereka, sehingga misalnya, salah satu pasangan akan mengingat kata-kata yang berkaitan dengan teknologi, dengan asumsi yang lain akan mengingat kata-kata yang berkaitan dengan olahraga.

Dengan cara ini, masing-masing pasangan bisa berkonsentrasi pada kekuatan mereka, sehingga secara individual mereka mengungguli orang-orang yang dipasangkan dengan orang asing dan tidak ada pembagian kerja. Sama seperti Anda mengandalkan mesin pencari untuk mengetahui sebuah jawaban, Anda dapat mengandalkan orang untuk berurusan secara teratur mengenai hal-hal tertentu, mengembangkan sistem bersama dan ini yang disebut Wegner sebagai "ingatan transaktif".

Memiliki akal yang bekerja dengan cara ini adalah salah satu kekuatan besar manusia. Daripada memaksakan diri untuk mengandalkan sumber daya kita sendiri untuk segala sesuatu, kita bisa berbagi pengetahuan dan pemahaman kita.

Teknologi melacak berbagai hal untuk manusia sehingga kita tidak perlu mengetahui segalanya. Saya tidak tahu bagaimana komputer bekerja, atau bagaimana menanam brokoli, tetapi pengetahuan mengenai hal tersebut ada dan saya bisa mendapatkan keuntungan dari alat yang mencarikannya untuk saya. Dan internet bahkan memberi potensi yang lebih besar untuk berbagi pengetahuan ini.

Jadi selain memiliki lingkungan fisik -seperti kamar atau bangunan yang kita tempati atau di mana kita bekerja- kita juga memiliki lingkungan mental. Hal ini berarti bahwa ketika saya meminta Anda menunjukkan di mana pikiran Anda, Anda tidak harus menunjuk ke tengah dahi Anda. Pikiran kita terbuat dari berbagai orang dan alat di sekitar kita sebagaimana sel-sel otak di dalam tengkorak kita.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow