999 +
0
22
0
Makhluk Hidup Bernapas Membutuhkan Udara
2 weeks 'ago'

Di alam yang bebas ini banyak terdapat berbagai macam makhluk hidup yang jenisnya berbeda - beda. Makhluk hidup yang berbeda - beda ini tentunya dalam melangsungkan kehidupan perlu melakukan proses pernapasan. Proses pernapasan pada makhluk hidup ini penting guna menghasilkan energi yang digunakan untuk proses metabolisme dalam tubuh makhluk hidup. Kegiatan atau proses bernapas yang dilakukan oleh makhluk hidup tidak bisa terlepas dari yang namanya udara.

Udara yang dipergunakan dalam pernapasan ini tentunya tersedia bebas di alam ini. Pemanfaat udara dalam pernafasan tentunya melalui berbagai proses yang berlangsung secara kimia di dalam tubuh makhluk hidup. Proses pemanfaatan udara ini dengan cara mengambil bagian - bagian tertentu dari udara atau zat penyusun udara yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi untuk melangsungkan kehidupan.

Dalam pemanfaatan udara untuk bernafas dan menghasilkan energi tentunya tidak hanya udara saja yang diapergunakan akan tetapi dicampur dengan unsur - unsur lainnya yang bisa menghasilkan energi bagi tubuh makhluk hidup. Di dalam catatan kali ini kita akan bersama - sama untuk mempelajari penggunaan udara dalam proses pernafasan makhluk hidup dan tujuan dari proses bernafas yang dilakukan oleh makhluk hidup. Langsung saja mari kita mempelajari hal - hal yang berkaitan dengan pernafasan makhluk hidup.

Makhluk hidup melakukan proses bernapas

Udara banyak tersedia di alam bebas dengan tentunya memiliki kandungan yang berbeda - beda. Kandungan yang berbeda - beda tentunya memiliki peranan masing - masing untuk keperluan hidup makhluk hidup. Makhluk hidup memanfaatkan udara yang tersedia bebas ini untuk melakukan proses pernafasan. Pemanfaatan udara untuk pernafasan makhuluk hidup tentunya tidak semua unsur pembentuk dari udara dapat dipergunakan untuk proses bernafas tetapi hanya unsur teretentu saja yang dapat dipergunakan untuk proses bernafas. Beberapa unsur yang menjadi penyusun dari udara di alam ini diantaranya nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida.

Dari unsur - unsur pembentuk udara tersebut tentunya tidak semua dipergunakan, unsur yang dimanfaatkan untuk pernafasan makhluk hidup yaitu hanya unsur oksigen atau zat asam. Unsur yang terdapat di dalam udara ini dimanfaatkan oleh tubuh makhluk hidup untuk melakukan proses pernafasa dan mengahasilkan energi dari proses bernafas tersebut, tentunya dengan melalui proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.

Proses kimia yang berlangsung di dalam tubuh makhluk hidup berlangsung secara alami. Dari proses kimia selama proses pernafasan yang dijalani oleh makhluk hidup ini maka sel - sel penyusun dari tubuh makhluk hidup akan berusaha untuk menjalankan suatu proses yang menhasilkan energi yang bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup tersebut. Makhluk hidup memanfaatkan energi yang dihasilkan dari proses pernafasan ini untuk keperluan yang lainnya. Pada umumnya melakukan pernapasan dengan cara memasukan dan mengeluarkan udara yang mana koposisi udara yang dimasukan dan dikeluarkan ini tidak sama. Makhluk hidup menghirup udara atau memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara atau menghembuskan udara yang mengandung karbon dioksida. Udara yang dikeluarkan selama proses pernapasan ini merupakan udara sisa dari proses pernapasan yang mana dikeluaran dari dalam tubuh.

Pada tubuh makhluk hidup tentunya ada bagian tubuh yang memiliki peranan paling dominan dalam proses pernapasan yakni bagian tubuh paru - paru. Pada umumnya kegiatan atau proses pernapasan yagn dilakukan oleh makhluk hidup dapat diamati dengan mengamati gerakan mengembang dan mengempisnya dada. Ketika gerakan dada mengembang itu sebagai petanda kalau sedang menghirup udara dari luar tubuh. Sebaliknya ketika gerakan dada mengempis menandakan udara dari dalam tubuh yang merukan sisa dari proses pernapasan dikeluarkan ke luar bagian tubuh. Dengan adanya proses yang demikian maka dapat dipahami mengenai pengertian dari bernapas adalah gerakan dada mengembang dan mengempis untuk memasukan dan mengeluarkan udara. Udara yang didapatkan dari proses mengembang dan mengempisnya dada ini didapatkan unsur udara yakni oksigen. Di dalam paru - paru oksigen yang telah di dapatkan ini diikat oleh darah pada bagian gelembung - gelembung paru - paru. Setelah diikat oleh darah oksigen ini diedarkan menuju seluruh bagian tubuh yang dilakukan oleh darah. Oksigen yang telah diikat oleh darah ini, oleh sel - sel tubuh dimanfaatkan untuk membakar bahan makanan. Bahan makanan yang dibakar oleh oksigen ini merupakan hasil pencernaan dari berbagai jenis makanan yang didapatkan dari proses makan dan minum.

Demikianlah pembahasanan bahwasanya udara itu juga memiliki peranan dalam kehidupan makhluk hidup. Semoga catatan kali ini yang memiliki judul makhluk hidup bernapas membutuhkan udara bisa ikut memberikan manfaat bagi teman - teman pembaca sekalian. Terimakasih disampaikan kepada teman - teman semua akan kelonggaran waktunya untuk menyimak catatan sederhana dalam blog sederhana ini.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow