999 +
0
48
0
Pemahaman Mengenai Industri Dan Usaha Peningkatan Industri
3 weeks 'ago'

Industri pada waktu sekarang ini banyak berkembang dan bermunculan guna membantu memenuhi kebutuhan sehari - sehari masyarakat. Pemahaman mengenai istilah industri ini tentunya sebagian besar orang ada yang sudah mengetahui akan tetapi juga tidak sedikit yang belum mengetahui mengenai yang dimaksud dengan kata industri tersebut. Hal - hal yang dapat diketahui dan berhubungan dengan istilah industri diantaranya mengenai pengertian industri, manfaat industri, jenis - jenis industri, dan usaha - usaha dalam peningkatan industri. Mengenai hal - hal tersebut akan menjadi topik uraian pada catatan kali ini. Untuk mengetahui pembahasan dari berbagai hal yang berhubungan dengan industri tersebut maka silahkan langsung saja menyimak pembahasan berikut ini.

Memahami pengertian mengenai industri atau perindustrian

Mengetahui apa yang dimaksud dengan perindustrian, tentunya akan bisa menambah pengetahuan kita untuk semakin memperluas wawasan yang kita miliki. Kegiatan industri atau perindustrian pada dasarnya berhubungan dengan pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi sampai menjadi barang jadi yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Bahan - bahan mentah yang diperoleh untuk dipergunakan pada kegiatan industri atau perindustrian ini dapat berasal dari berbagai bidang yang lain. Bidang - bidang yang dapat menjadi sumber bahan bagi kegiatan perindustrian diantaranya hasil dari bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, dan pertambangan. Berbagai hasil dari bidang - bidang tersebut tentunya masih dalam bentuk bahan mentah dan belum bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Untuk dapat dipergunakan memenuhi kebutuhan sehari - hari bahan - bahan mentah tersebut harus diolah terlebih dahulu.

Berbagai bahan mentah ada yang dapat langsung diolah menjadi barang jadi sehingga dapat langsung dapat dipergunakan. Bahan mentah ada juga yang tidak bisa langsung diolah menjadi barang jadi akan tetapi harus diolah terlebih dahulu menjadi barang atau bahan setengah jadi terlebih dahulu (bahan baku). Contoh bahan mentah yang dapat diolah langsung menjadi bahan jadi dan dapat dipergunakan yaitu tebu yang mana dapat langsung diolah menjadi bahan jadi yaitu dalam bentuk gula yang dapat langsung dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Ada juga bahan mentah yang tidak bisa langsung menjadi bahan jadi tetapi diolah terlebih dahulu menjadi bahan setengah jadi atau bahan baku contohnya kapas diolah menjadi benang tenun, kemudian diolah lagi menjadi tekstil. Jadi yang dimaksud dengan istilah perindustrian atau industri yaitu usaha pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi atau bahan baku (bahan setengah jadi), maupun pengolahan menjadi bahan baku menjadi bahan jadi.

Memahami dan mengetahui manfaat perindustrian atau industri bagi kehidupan sehari - hari

Munculnya industri atau perindustrian pada kehidupan masyarakat tentunya baik disadari atau tidak disadari akan memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari - hari. Keberadaan dari perindustrian ini memberikan manfaat yang tidak hanya satu saja tetapi ada beberapam manfaat yang dapat diambil dari keberadaan industri dalam kehidupan sehari - hari. Ketika kita mengetahui manfaat yang diberikan dengan munculnya kegiatan perindustrian atau industri dalam kehidupan masyarakat tentunya kita akan berusaha mengambil manfaat dari industri tersebut dengan sebaik - baiknya. Berapa manfaat yang dapat diberikan dengan keberadaan industri adalah antara lain seperti yang diuraikan dalam paragrap di bawah ini.

Industri dapat memberikan manfaat guna memperluas lapangan kerja. Dengan kemunculan industri atau kegiatan perindustrian tentunya membutuhan tenaga menjalankan kegiatan industri tersebut. Tenaga yang dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan industri tidak hanya sedikit tetapi banyak sekali. Tingkatan atau level dari tenaga yang dibutuhkan juga bermacam - macam mulai dari yang tingkat bawah sampai dengan yang tenaga tingkat tinggi. Dengan semakin memperluas lapangan kerja ini tentunya semakin mengurangi angka pengangguran yang berada di masyarakat. Ketika banyak banyak masyarakat yang mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang dikerjakan maka tingkat taraf hidup dari masyarakat tersebut akan meningkat.

Keberadaan perindustrian itu memiliki manfaat dalam menyiapkan barang - barang konsumsi untuk kehidupan sehari - hari. Pada dasarnya kegiatan perindustrian yang ada ini untuk mengubah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Dengan adanya pengertian dasar dari kegiatan perindustrian yang seperti demikian maka tentunya perindustrian ini bertujuan untuk menyediakan barang atau bahan yang siap dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Tujuan dari kegiatan perisdustrian yang seperti itu akan semakin membuat manusia memenuhi kebutuhanya akan barang konsumsi dengan adanya kegiatan industri atau perindustrian.

Kegiatan perindustrian yang ada di masyarakat ini dapat menghasilkan atau menyediakan komoditi ekspor yang menghasilkan devisa bagi negara tempat industri tersebut berada. Perindustrian yang berada di kehidupan masyarakat dapat menghasilkan berbagai barang salah satu dari jenis barang yang dihasilkan dari kegiatan perindustrian adalah barang - barang yang dapat dijadikan sebagai komoditi ekspor. Ketika perindustrian menghasilkan barang yang dapat digunakan untuk komoditi ekspor maka akan semakin menambah persediaan barang ekspor untuk negara. Ketika suatu negara semakin banyak memiliki barang sebagai komoditi ekspor dan bisa melakukan ekspor barang - barang tersebut ke negara lain maka akan semakin menambah pendapatan devisa bagi negara atau dapat dijadikan sebagai sumber devisa. 

Jenis - jenis industri atau kegiatan perindustrian

Perindustrian ada di dalam kehidupan sehari - hari memiliki banyak macam dan jenisnya akan tetapi secara garis besar dapat dikelompokan menjadi industri rumah tangga, industri ringan, industri sedang, dan industri besar. Dari kelompok jenis - jenis industri yang ada tersebut, masing - masing memiliki karateristik tersendiri dan tidak sama antara jenis industri yang satu dengan jenis industri yang lainnya. Masing - masing jenis dari kegiatan perindustrian yang ada dapat memberikan manfaat yang berbeda atau mungkin juga sama untuk keperluan kehiduapan sehari - hari.

Usaha - usaha untuk meningkatkan kegiatan perindustrian

Seiring dengan berkembangnya dan semakin banyak kegiatan perindustrian yang mucul maka tentunya perlu dilakukan usaha - usaha untuk semakin membuat meningkat kegiatan perindustrian tersebut. Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk semakin meningkatkan kegiatan perindustrian diantaranya: Memberikan kesempatan kepada pemilik modal, baik nasional maupun asing, untuk membuka perusahaan; Untuk semakin menambah keterampilan, para karyawan perusahaan diberi latihan pekerjaan; Untuk membantu pemasaran, pemerintah berusaha melindungi industri dalam negeri.

Sekian sampai di sini catatan sederhana mengenai hal - hal yang berkaitan dengan industri atau perindustrian dan berbagai usaha untuk melakukan peningkatan kegiatan perindustrian. Semoga isi dari catatan kali ini bisa mudah dipahami dan dapat memberikan manfaat. Terimakasih kepada pembaca semua yang telah melonggarkan waktunya untuk menyimak catatan pada blog yang sederhana. Semoga catatan - catatan yang disajikan pada blog ini dapat semakin memberikan manfaat. "SEMANGAT" dan "TERUS BELAJAR".

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow