999 +
0
56
0
Memahami Pemanfaatan Dari Gerakan Air
1 month 'ago'

Air yang terdapat di alam ini tentunya berasal dari berbagai tempat yang berbeda - beda. Dari berbagai sumber air tersebut tentunya air memiliki gerakan, yang mana gerakan yang dimiliki oleh air ini dapat diambil manfaatnya guna memenuhi kebutuhan kehidupan sehari - hari. Seperti halnya pada catatan kali ini akan mengajak kita semua untuk memahami mengenai manfaat - manfaat dari gerakan yang dimiliki oleh air. Untuk mengetahui berbagai manfaat dari gerakan yang dimiliki oleh air maka langsung saja silahkan menyimak isi catatan kali ini denga seksama.

Memanfaatkan gerakan yang dimiliki oleh air

Air yang tersedia di alam ini memiliki gerakan atau bisa digerakan, yang mana dari gerakan yang dimiliki oleh air ini tentunya bisa diambil manfaatnya atau dimanfaatkan. Pemanfaatan dari gerakan yang dimiliki atau dihasilkan oleh air ini dapat dilakukan pada berbagai bidang dalam kehidupan keseharian. Air ini dapat kehidupan makhluk hidup dapat memberikan manfaat yang penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Pemanfaatan dari gerakan air tentunya bisa diuraikan secara sederhana seperti halnya pada penjelasan berikut ini. Beberapa penjelasan berikut ini merupan penjelasan dari berbagai pemanfaatan gerakan air dalam berbagai bidang pada kehidupan sehari - hari.

Pemanfaatan gerakan air sebagai sarana untuk olahraga, dalam hal olahraga gerakan air dimanfaatkan antara lain sebagai berikut ini. [1] Digunakan dalam olahraga selancar air, gerakan air pada olahraga selancar air untuk membuat para peselancar bisa berselancar di atas air dengan menjaga keseimbangan tubuh yang dimiliki ketika berada di atas papan selancar dengan keadaan air bergerak. Para peselancar air selain menjaga keseimbangan tubuhnya tetapi juga harus berusaha menyesuaikan diri dengan kecepatan yang dimiliki oleh gerakan air tersebut. [2]Digunakan dalam olahraga arung jeram, gerakan yang dimiliki oleh air bisa dimanfaatkan dalam olahraga arung jeram. Pada olahraga arung jeram ini para pemainnya harus bisa mengendalikan perahu karet yang ditumpanginya agar mengikuti arah gerakan air yang sesuai dengan tujuan atau tempat finish. Olahraga ini tentunya menuntuk kekompakan semua anggota tim atau grup dalam mengarahkan perahu yang ditumpanginya agar terhanyut oleh gerakan air pada arah yang benar dan sampai pada tempat finish. Itulah tadi beberapa contoh pemanfaatan gerakan air untuk keperluan olahraga, tentunya masih banyak lagi jenis - jenis olahraga yang mengambil manfaat dari gerakan air tersebut.

Gerakan air dapat dimanfaatkan dalam keperluan kehidupan rumah tangga, dalam kehidupan rumah tangga pemanfaatan air dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan diantaranya seperti yang dipaparkan berikut ini. 

[1] Gerakan yang dihasilkan oleh air dapat dipergunakan untuk mencuci perkakas atau perabot rumah tangga. Air yang bergerak ini tentunya bisa mengangkut kotoran pada perabot rumah tangga sehinga menjadi bersih dan kotoran pada perabot rumah tangga tersebut hilang. 

[2] Di dalam keperluan rumah tangga air atau gerakan air dapat digunakan untuk mencuci kendaraan yang terdapat di rumah seperti contohnya sepeda motor, mobil dan lain - lainnya. Mencuci kendaraan ini memanfaatkan gerakan air agar kotoran yang melekat pada kendaraan dapat hanyut sehingga kendaraan menjadi bersih kembali. 

[3]Gerakan air dimanfaatkan untuk mengepel lantai, ketika air ini digerakan di atas lantai untuk mengepel maka kotoran yang terdapat di atas lantai lama kelamaan bisa terhanyut oleh gerakan air tersebut. Dengan terhanyutnya gerakan air ini maka lantai akan menjadi bersih dan kotoran tidak terlihat di atas lantai. Demikianlah beberapa pemanfaata gerakan yang dimiliki oleh air yang dapat diterapkan dalam kehidupan rumah tangga, tentunya masih banyak lagi contoh pemanfaatan gerakan air selain beberapa contoh pemanfaatan gerakan air dalam rumah tangga yang telah disebutkan.

Pemanfaatan dari gerakan air untuk hal keindahan atau rekreasi, untuk hal keindahan tentunya gerakan yang ditimbulkan oleh air ini juga bisa dimanfaatkan diantaranya seperti uraian berikut ini. 

[1] Gerakan air ini dapat digunakan untuk hiasan semisalnya saja air mancur dapat digunakan untuk semakin menambah indah pemandangan. Dengan keadaan pemandangan yang indah maka akan semakin membuat suasana menjadi semakin nyaman. 

[2]Untuk keperluan rekresasi sebagai contohnya air yang bergerak terjun dari atas ke bawah yakni tempat wisata atau rekreasi air terjun. Dengan dimanfaatkan sebagai tempat wisata atau rekreasi maka akan bisa membuat orang - orang datang untuk melihat gerakan air tersebut. Selain itu dengan adanya objek wisata tersebut secara tidak langsung akan bisa membantuk perekonomian penduduk disekitar tempat wisata tersebut. Itulah pemanfaatan gerakan air yang bisa dipergunakan untuk wahana wisata atau rekresai dan sebagai hiasan pemandangan atau keindahan, tentunya masih banyak pemanfaatan dari gerakan air ini yang dapat digunakan untuk rekreasi dan keindahan.

Dalam bidang energi juga dapat memanfaatkan gerakan yang dimiliki oleh air, contoh dalam pemanfaatan gerapkan dair dalam bidang energi seperti yang dipaparkan atau diuraikan pada paragrap ini. Pemanfaatan gerakan air dalam bidang energi, sebagai contohnya gerakan air dipergunakan untuk dapat menghasilkan energi listrik. Penghasilan energi listrik ini dengan memanfaatkan air sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air. Denga adanya pembangkit listrik tenaga air ini tentunya akan semakin menambah pasokan energi listrik guna memenuhi kebutuha akan energi listrik. Pembangkit listrik tenaga air ini menggunakan suatu alat yang dinamakan dengan generator.

Generator merupakan suatu alat yang dapat mengubah suatu energi gerak menjadi energi listrik. Dalam pembangkit listrik tenaga air, menggunakan turbin yang mana penempatannya satu poros dengan alat generator tersebut. Turbin yang dipergunakan dalam pembangkit listrik tenaga air ini dapat bergerak dengan memanfaatkan aliran air yang berasal dari sungai, danau atau bendungan. Apabila turbin ini berputar maka gerator pun juga ikut berputar bersama dengan gerakan turbin sehigga energi gerak yang dihasilkan oleh turbin diubah menjadi energi listrik oleh generator tersebut. Pemanfaatan energi gerak yang dihasilkan oleh turbin akibat adanya aliran air baik dari bendungan atau sungai ini merupakan suatu bentuk pemanfaatan gerakan air dalam bidang energi.

Penggunaan gerakan air juga dapat diterapkan pada bidang transportasi. Gerakan air dimanfaatkan untuk bidang transportasi sebagai contohnya saja kapal layar memanfaatkan angin dan arah gerakan dari air. Selain kapal layar ada lagi perahu juga memanfaatkan gerakan dari air untuk membawa penumpangnya menyebrang. Gerakan air ini juga masih banyak lagi pemanfaatanya dalam tranportasi. Diluar bidang transprotasi aliran air juga dapat dipergunakan untuk menghanyutkan kayu - kayu besar untuk menyebrang ke tempat tujuan penyebrangan dinama kayu - kayu tersebut akan dapat dimanfaatkan.

Itulah tadi beberapa pemaparan dalam hal memanfaatkan gerakan yang dihasilkan oleh air. Pemanfaatan dari gerakan air yang diuraikan merupakan pemanfaatan gerakan air dalam berbagai bidang dalam kehidupan. Semoga catatan yang sederhana ini dapat diambil manfaatnya dan bisa memberikan manfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow