0
75
0
Waktu Ditanya Hobi Lo Pas Wawancara Kerja, Coba Jawab Pake Nomor 1!
1 month 'ago'

Waktu wawancara pekerjaan itu kadang bikin kita panik. Walau sudah banyak baca website kece yang isinya bocoran mengenai pertanyaan yang bakal ditanya, tetap aja kita suka blank saat dapat pertanyaannya. Sudah familiar dong dengan pertanyaan kayak:

  • Anak keberapa?
  • Kegiatan apa yang suka dilakukan waktu kuliah? Coba cerita kegiatan ekskulnya!
  • Kira-kira skills apa yang bisa kamu gunakan untuk pekerjaan ini?

Tapi menurut gue ada satu pertanyaan yang mau berapa kali pun dicoba atau dilatih hasilnya selalu berbeda. Pertanyaan ini ialah: apa hobi lo saat sambil mencari kerja?

Coba lo pakai jawaban-jawaban ini saat nanti ditanya.

Suka Baca

Ini menunjukkan kalau lo itu punya wawasan luas. Gue nggak bilang lo harus baca buku 1 novel dalam 1 minggu. Nggak gitu kok. Membaca bukan hobi semua orang. Kalau gue yang suka baca yaaa emang udah hobi ya. Tapi kalau lo nggak suka baca, bisa lho bilang kalau tiap hari baca koran atau situs berita yang ada nyambungnya dengan pekerjaan yang dilamar.

Misalnya, mau jadi PR di agency yang kliennya banyak mengurus di bidang lifestyle. Jadi bacaan lo nggak akan jauh-jauh dari Buzzfeed.com, VICE.com, atau Majalah Femina misalnya. Membiasakan diri untuk selalu update dengan berita terkini dengan membaca membuat sebuah impresi kalau lo itu mau terus update dengan berita terkini. Artinya lo bisa selalu punya bank of ideas yang selalu bisa disalurkan saat tim nanya pendapat lo di pekerjaan.

Olahraga ringan

Again, olahraga ringan itu tipenya banyak banget. Kalau gue memilih yoga waktu ditanya. Kalau lo? Bisa banyak banget! Mulai dari berenang, jogging di komplek rumah, atau zumba. Please jangan bohong juga kalau olahraganya cuma 1 bulan sekali yaa. Coba cari satu olahraga rutin yang suka dilakukan jadi waktu lo cerita nggak berbohong. Kan nggak lucu kalau lo ditanya terus olahraga yang lo bilang itu juga disukai sama yang nanya kan nggak gagap jawabannya karena pernyataan lo itu genuine.

Gue Suka Banget di Rumah

Kalau lo kayak gue yang suka banget di rumah pas lagi masa cari kerja atau liburan, jangan pakai jawaban ini. Gue ulangi lagi, jangan pakai jawaban ini. Ini kesannya lo itu malas dan senang memendam diri di rumah. Coba, di rumah itu kerjaan kita nggak jauh-jauh dari browsing di laptop atau tidur. Gue tahu semua orang nggak kayak gitu di rumah, bisa saja kegiatannya diisi dengan bantuiin orang tua dengan usaha masing-masing atau punya usaha sendiri.

Tapi, saat orang dengar itu kayak memperlihatkan kalau itu orangnya mageran. Gue bisa saja salah. Tapi, sebisa mungkin tunjukkin kalau diri kita itu punya semangat. Semangatnya apa? Semangat punya kegiatan di luar rumah yang menunjukkan kalau kita ini adalah individu yang aktif tentunya.

Semoga dengan kisi-kisi ini perjalanan mencari kerja lo akan semakin dilancarkan ya, guys!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow