999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Lintang Prisilia
1 day 'ago'

Istilah kampus  yang digunakan untuk lapisan ke-2, identik dengan istilah Perguruan Tinggi yang disebut dalam Peraturan Pemerintah No.30 th 1990, yaitu organisasi satuan pendidikan, yang menyelenggarakan pendidikan di jenjang pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sedangkan mahasiswa adalah seseorang yang sedang dalam proses menimba ilmu ataupun belajar dan terdaftar sedang menjalani pendidikan pada salah satu bentuk perguruan tinggi yang terdiri dari akademik, politeknik,sekolah tinggi, institut dan universitas  (Hartaji, 2012).

Kampus merupakan lingkungan yang tepat bagi para mahasiswa menjadi jati diri. Mereka akan belajar banyak hal untuk lebih mengetahui bagaimana seluk beluk dari tempat mereka berkembang. Beberapa mahasiswa mungkin mempunyai cara-cara unik untuk menemukan siapa jati diri mereka, dimulai dari mengikuti teman yang memiliki visi yang sama sampai mengikuti kebiasaan para senior yang melegenda di kampus.

Setiap mahasiswa juga berhak memilih antara menjadi mahasiswa yang aktif dengan kegiatan kampus atau hanya berkutat dengan tugas perkuliahan saja.

Mahasiswa yang memlih dengan hanya berkutat dengan mata kuliah di kampus atau sering disebut dengan kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan jati dirinya dan juga terkenal dengan pergaulan yang itu-itu saja.

Seorang aktifis (red: yang aktif disegala kegiatan di kampus) memiliki banyak hal-hal positif yang bisa ia dapatkan untuk meng-upgrade dirinya untuk dapat mengatasi permasalahan yang dihadapinya sehari –hari. Berikut bagian plus  menjadi mahasiswa yang aktif  di kampus

1. Relasi yang luas di lingkungan kampus

Relasi yang luas merupakan keuntungan yang utama ketika kita memilih menjadi mahasiswa aktif di lingkungan kampus. Relasi yang luas bukan hanya mencakup teman-teman satu angkatan melainkan juga senior  dan para dosen yang sering berinteraksi dengan kita.

Ketika kita menjumpai kesulitan pada sesuatu hal, para senior kita merupakan orang yang lebih berpengalaman daripada kita tentunya, sehingga mereka bisa menjadi tempat bertanya solusi atas  kesulitan kita tadi. Tidak sampai disitu bahkan segala informasi yang sangat dibutuhkan semua mahasiswa, beasiswa, akan lebih mudah  atau lebih dahulu mendapat informasi tentang beasiswa tersebut.

Ketika kita memiliki relasi dengan orang-orang yang berasal dari kampus lain, kita akan sangat mudah bertukar pikiran dan merasakan hal baru yang kita dapat dari mereka untuk meng-upgrade  diri kita.

2. Mengasah soft skill dan hard skill

manfaat aktif di kampus

Seberapa penting hard skill  ? sangat penting ! ya, karena setiap disiplin ilmu yang kita tekuni memerlukan kemampuan ini dengan yang sebenar­­-benarnya.

Contohnya saya adalah seorang mahasiswa ilmu komputer, tentunya saya harus mahir dalam menggunakan komputer karena jelas itu merupakan disiplin ilmu yang kita tekuni. Titik beratnya adalah kita mampu mengasah hard skill kita karena pengalaman pembelajaran yang lebih banyak dari banyak orang.

Sedangkan soft skill ini yang mulai dilupakan dan dianggap sebelah mata oleh orang lain, dimana soft skill ini sendiri berhubungan dengan kemampuan kita yang tidak terlihat seperti manajemen waktu dan manajemen diri sendiri.

Soft skill kita mulai terlatih ketika kita berada di bawah tekanan contohnya disatu sisi saya merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran yang menuntut saya agar rajin membaca dan senantiasa mengetahui update  dari disiplin ilmu saya dan disisi lain saya juga merupakan ketua sebuah organisasi ekstra kampus, nah disinilah kemampuan saya terlatih ketika saya harus membagi waktu antara sebagai mahasiswa kedokteran dan pemimpin dari suatu organisasi.

3. Menambah nilai diri pada curiculum vitae

tips menjadi aktif di kampus

Selepas masa kuliah tujuan utama para mahasiswa adalah bekerja. Tempat kerja yang sesuai passion dan gaji yang tinggi merupakan impian setiap orang yang hendak melamar kerja.

Seperti yang kita ketahui bahwa persaingan sangatlah, dilihat dari banyaknya jumlah lulusan dari suatu kampus, maka dari itu seseorang itu harus menjadi yang “beda” diantara yang lain dan salah satu yang dilihat oleh perusahaan itu adalah pengalaman pada saat kuliah seorang pelamar kerja.

Curiculum vitae merupakan daftar riwayat pribadi dari seseorang yang mencakup setiap hal yang telah dilaluinya.  Ketika kita menjadi orang yang aktif di kampus, maka itu akan menjadi tinta emas didalam cv kita dimana perusahaan akan mengetahui bahwa diri kita merupakan orang yang memiliki kelebihan dari orang lain dari berbagai sudut pandang.

Itulah beberapa manfaat jika kita memilih aktif di kampus, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah semangat teman – teman aktif di kampus.

Nurul Marta
1 day 'ago'

Dahulu memang dunia internet belum begitu booming seperti sekarang, bila dahulu belanja di dunia online masih menjadi momok yang terkesan mengerikan karena berbagai tindakan penipuan sering terjadi di dunia maya.

Dengan berbagai modus iming-iming yang wah para pembeli sering mengalami penipuna, namun berbeda dulu dengan sekarang dengan berkembangnya zaman hal tersebut mulai tidak di hiraukan walaupun masih ada tindakan penipuan namun tren akan pembelian melalui media online kian hari kian meningkat bahkan lebih populer di banding belanja di dunia offline.

Masyarakat lebih cerdas dalam memilih mana toko online yang jujur dan mana toko online yang mempunyai syarat mencurigakan. Dengan semakin bayaknya peminat konsumen baru yang lebih memilih belanja online sebagai tempat terbaik untuk menjajakan pembelian itu semua terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah :

1. Pemilihan jenis usaha

Penjualan produk onlien

Lebih mudah dalam memilih, pembeli tidak harus keluar rumah, bisa nawar sesuka hati dan bayak lagi yang tentunya lebih memudahkan dalam berbelanja online di banding dengan pembelian offline. Dengan bayaknya pembeli online yang terus bertambah setiap tahunnya ini merupakan bisnis yang menjanjikan yang harus segera dikerjakan sebelum keduluan oleh orang lain, para pembisnis besar mungkin sudah membaca ladang bisnis ini sebelum booming seperti sekarang sehingga mereka bisa lebih unggul dalam melakukan penjualan, namun untuk yang masih mau melakukan bisnis ini tidak salah kalo kita mencoba dari sekarang sebelum hal yang lain lebih dulu mendahuluinya.

Banyaknya bisnis yang tenar di dunia online kita harus pintar-pintar memilih bisnis apa saja yang pas dan cocok dengan kita dan tentunya rame juga di pasaran agar bisnis yang kita bangun dari awal bisa berjalan dengan lancar. Berikut adalah dunia bisnis di dunia online yang harus anda coba dari sekarang sebelum ketinggalan .

2. Pemilihan produk yang terbaik

Produk online shop produksi sendiri

Toko online atau online shop sendiri merupakan jenis bisnis yang paling umum dilakukan oleh seseorang banyak dari pembisnis ini yang sukses dengan menjajakan produknya dengan berbagai merk, namun tidak semua toko online ini bisa sukses ada kalanya penjual juga merasa rugi karena barang dagangannya tidak laku. Untuk membuat toko online yang selalu di banjiri pelanggan setiap hari sebaiknya penjual harus memiliki wawasan luas karena produk yang akan di pasarkan nanti, barang di jual belikan haruslah barang yang langka atau minimal barang tersebut buatan sendiri. Ada beberapa jenis toko online yang meski di coba agar barang kita bisa lakukan di pasaran dan tidak mudah tersaingi.

3. Produk buatan sendiri

Jenis produk buatan sendiri

Membuat produk sendiri merupakan pilihan yang pas menurut saya karena pembeli bisa memilih apa yang mereka suka dan kita bisa membuatkan langsung barang tersebut, dengan pembuatan produk sendiri kita juga bisa menentukan harga barang sesuka hati kita. Namun dalam hal ini harga sebaiknya bisa kita kontrol agar tidak terlalu mahal karena sifat orang sendiri sukanya yang murah-murah.

Contoh saja produk yang bisa dengan mudah di kerjakan sendiri dan mempunyai bahan yang lumayan murah tetapi bisa di jual dengan harga yang lumayan bagus adalah bros, bros sendiri gampang sekali di jual dan sudah tentu bayak di minati oleh kaum hawa itu mengapa produk bros sangat di anjurkan untuk di pilih dalam pembuatan toko online.

4. Menjadi reseller

Menjual Bibit tanaman

Bukan berarti dengan mengambil produk dari orang lain kita tidak bisa sukses pasalnya banyak pedagang online shop yang sukses dengan mengambil produk dari orang lain ini di karenakan mereka pintar memilih produk yang akan di jual. Sebaiknya dalam pemilihan produk ini carilah produk yang bayak di cari tapi susah untuk di dapatkan dan hanya bisa di dapat bila membelionline.

Contoh singkat saja penjualan bibit tanaman seperti buah-buahan yang tidak semua bisa mendapatkan di daerah tertentu meski pengirimannya tergolong berat tapi bayak sekali peminat dari tanaman buah dan mereka lebih menentukan kualitas dari pada harga. Itu mengapa produk di pilih untuk di jadikan online shop walaupun masih bayak produk lain yang perlu di coba.

5. Menjual jasa secara online

Memulia bisnis dengan menawarkan jasa

Tidak hanya toko online saja yang bisa di lakukan penjualan jasa juga patut di perhitungkan banyak sekali para pemain dunia online yang sudah sukses bergelut di bidang ini contoh simple saja jasa yang banyak di cari adalah dalam pembuatan logo produk. Logo produk meski terlihat simplenamun bayak pembuat toko online masih kebingungan dalam pembuatan logo ini pasalnya logo adalah hal utama yang harus di miliki oleh setiap pemilik online shop, logo sering di gunakan sebagai ciri khas atau bisa di bilang sebagai jati diri di dalam toko online tersebut.

Ada juga contoh lain yang perlu di coba seperti pembuatan web pembuatan web toko online dan lain sebagainya semua itu adalah fasilitas yang perlu di miliki seorang para pemain online shopyang harus di memilih dengan menjual jasa tersebut otomatis para pemain online shop akan sedikit lebih di ringankan dalam pembuatan tempat penjalan tersebut. Dan masih bayak hal lainnya yang bisa di kerjakan untuk menembus dunia online dengan menghasilkan pundi-pundi uang. Apakah kita hanya akan melihat atau sebagai orang yang terjun langsung ke dunia itu, itu semua pilihan anda semua.

Bintang Maulidya
2 days 'ago'

Tidak ada orang yang terlahir bodoh atau terlahir pintar. Yang ada, adalah orang yang mau berpikir dan malas berpikir. Kecerdasan tidak turun dari langit, tapi diperoleh dengan cara berlatih dan belajar.

Beberapa orang memang punya IQ di atas rata-rata, tapi itu tidak berarti bahwa kecerdasannya turun dari langit. IQ yang tinggi itu perlu dan harus diasah agar kecerdasan juga maksimal. Membaca buku memang perlu, tapi kenyataannya memang tidak semua orang tahan membaca buku tebal. Tapi tidak perlu khawatir kalau kamu kurang suka membaca buku, ada lifehack sehari-hari ini yang bisa kamu terapkan untuk menambah kecerdasan.

1. Jangan biarkan waktumu sia-sia saat terjebak kemacetan. Rajin-rajin baca surat kabar online bagian hot topics agar kamu tahu perkembangan dunia

Sambil nunggu kereta, baca koran online

Kalau dipikir-pikir, dalam 24 jam sehari, banyak waktu-waktu tidak produktif kita yang sia-siakan. Misalnya, saat kamu naik kendaraan umum ke kantor dan terjebak kemacetan. Atau mungkin kamu sedang antre panjang untuk naik lift plus waktu yang kamu gunakan untuk naik lift. Daripada kamu hanya bengong selama kena macet di jalan atau menunggu lift membawamu dari lantai 1 ke lantai 30, lebih baik manfaatkan waktumu untuk membaca surat kabar online. Pilih bagian hot topics agar kamu selalu update dengan perkembangan dunia. Toh kini dengan smartphone yang kamu punya, tinggal klik-klik saja kamu sudah bisa keliling dunia.

2. Scrolling media sosial jangan cuma buat ngepoin mantan. Follow juga akun-akun yang edukatif

Follow juga akun-akun edukatif

Jujur deh, selama ini akun media sosialmu fungsinya untuk apa? Apa hanya kamu pakai untuk curhat tentang kehidupan sehari-hari, dan menyimak curhatan sehari-hari orang lain juga? Apa cuma kamu pakai untuk stalking mantan dengan aman? Atau malah kamu pakai untuk modusin orang lain tanpa ketahuan pacar? Duh, please deh, sayang kalau cuma kamu pakai untuk itu. Coba mulai follow akun-akun yang edukatif dan informative. Jadi sambil menyimak aktivitas mantan, kamu bisa menyimak informasi-informasi ilmu pengetahuan juga. Hatimu butuh vitamin, otakmu juga sama. Seimbang.

3. Setiap kali kamu punya pendapat atau teori, coba kamu bantah sendiri teorimu. Dengan begitu kamu akan terlatih untuk berpikir kritis

Kritisi pikiranmu sendiri

Salah satu tanda kecerdasan yang tinggi adalah kemampuanmu untuk berpikir kritis. Baik dalam melihat suatu masalah, ataupun dalam menyelesaikan masalah. Keahlian ini tidak dadakan seperti tahu bulat lho. Semuanya perlu dilatih. Caranya, setiap kali kamu bertemu masalah, lalu kamu menarik sebuah kesimpulan dari masalah itu, jangan buru-buru diterima. Buatlah teori tandingannya dulu. Cobalah bantah habis-habisan teorimu sendiri, dan kritiklah isi pikiranmu sendiri.

4. Saat kamu punya masalah, jangan cuma mengkhawatirkan cara mengatasinya. Coba juga tanyakan mengapa dan mengapa

Cari akar masalahnya

Ketika masalah datang, kita seringnya panik, dan stress untuk mencari solusinya. Kamu terbiasa langsung mencari solusi, tapi lupa menanyakan mengapa permasalahan itu terjadi. Padahal, selain untuk mencegah masalah yang sama datang lagi, mencari akar pemasalahan juga akan membantumu menemukan solusi yang tepat lho.

Misal:

Hari ini kamu terjebak hujan di kantor sampai malam hari. Jangan hanya berpikir bagaimana caranya biar bisa segera pulang, tapi cari tahu kenapa kamu tidak bisa pulang. Oke, kamu tidak bawa payung. Kalau menerobos hujan pasti basah dan sakit. Kenapa kamu tidak bawa payung? Karena tasmu sudah terlalu penuh oleh barang lainnya. Payung adalah barang penting yang harus dibawa bila musim hujan tiba. Adakah barang-barang itu yang bisa ditinggalkan agar payungmu bisa masuk? Jadi intinya, kamu bisa pulang asalkan ada payung. Baik, kalau begitu, besok kamu akan membawa payung ke kantor. Nah, sekarang kamu akan mencari ojek payung atau order taksi supaya kamu bisa segera pulang.

5. Main game jangan yang gampang-gampang. Cari yang sifatnya problem solving, agar kecerdasanmu semakin terangsang

Game problem solving

Selain musik, game juga bisa memicu kecerdasan. Tapi jangan memilih game yang sederhana dan tidak ada tantangannya. Pilih game-game yang bisa melatih kemampuanmu untuk menyelesaikan masalah. Game problem solving sifatnya memintamu berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah. Mencari jalan keluar atau mencari jawaban dari teka-teki. Jadi selain untuk bersenang-senang, main-game-seharian mu bisa berguna juga untuk meningkatkan IQ.

Bintang Maulidya
2 days 'ago'

Laptop merupakan salah satu gadget yang sangat penting peranannya, apalagi saat ini kita terbiasa menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai pekerjaan. Dengan laptop kita bisa dengan mudah memproses dan menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan, karena itulah gadget yang satu ini sering digunakan. Biasanya laptop banyak digunakan kalangan siswa, mahasiswa sampai pekerja kantoran. Sifatnya yang portable bisa digunakan di mana saja dan memiliki kemampuan yang baik membuat laptop merupakan gadget yang pas untuk semua kalangan.

Biasanya setelah membeli sebuah laptop baru, kita bisa merasakan kencangnya pemrosesan dengan laptop baru kita, apalagi Anda membeli laptop dengan spesifikasi tinggi. Setahun dua tahun laptop digunakan, biasanya Anda mulai merasa adanya penurunan kinerja, yang tadinya kencang membuka dan memproses berbagai pekerjaan, kini mulai muncul loading. Meskipun tidak terlalu mengganggu, hal ini kadang cukup menyebalkan di kala kita sedang terburu-buru menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Menurunnya performa laptop ini di karenakan usianya yang semakin lama semakin tua. Selain itu bisa jadi karena terdapat virus yang mengganggu atau debu yang membuat hardware laptop menjadi cepat panas dan akhirnya menurunkan performa. Nah, berikut ini ada beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan performa laptop kamu.

1. Bersihkan bagian dalam laptop

Bersihkan fan dan bagian hardware laptop lain dari debu

Laptop memiliki kipas yang menyalurkan udara dingin ke bagian-bagian laptop lain seperti prosesor. Karena sifatnya yang menyedot udara kemudian membuangnya, tentu lama kelamaan akan menimbulkan tumpukan debu. Debu yang menumpuk pada saluran udara laptop ini akan membuatnya semakin mudah panas karena sirkulasi udara yang kurang lancar, hal ini juga bisa mempengaruhi kinerja laptop. Biasanya hal seperti ini juga ditandai dengan suara kipas laptop yang semakin bising. Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan bagian dalam laptop secara rutin beberapa bulan sekali. Jika kesulitan, Anda bisa membawanya ke jasa servis laptop terdekat, jangan lupa untuk meminta penggantian thermal paste prosesor.

2. Bersihkan sampah di laptop kamu

Hapus junk file

Laptop yang setiap harinya digunakan untuk berbagai hal tentu akan menimbulkan sampah. Sampah ini bisa jadi berasal dari file download yang tidak digunakan, folder atau dokumen yang tidak terpakai atau bahkan cache. Jika dibiarkan terus menerus hal-hal seperti ini akan membuat storage laptop menjadi sesak dan akhirnya juga mengganggu performa laptop. Apalagi jika penyimpanan laptop sudah berubah menjadi warna merah yang artinya sudah terlalu penuh. Jika sudah seperti ini segera sortir file atau dokumen yang tidak digunakan lalu hapus, kemudian rapikan file penting yang masih digunakan agar terorganisir.

Kamu juga bisa membersihkan cache yang terdapat dalam laptopmu menggunakan berbagai aplikasi pembersih cache gratis. Meski tidak mengganggu, terkadang cache bisa menumpuk hingga bergiga-giga yang tentu mengurangi storage laptop.

3. Defrag laptop secara berkala

Lakukan defrag secara berkala untuk efisiensi storage

Jika kamu sudah membersihkan laptopmu dari data yang tidak digunakan dan sampah lainnya, selanjutnya adalah merapikan hard drive. Caranya cukup mudah, cukup unduh software defrag gratis yang bisa kamu dapatkan di internet, lalu jalankan dan tinggalkan. Biasanya software ini akan berjalan sendiri merapikan isi hard drive kamu agar lebih efisien.

4. Gunakan antivirus terupdate, kalau bisa gunakan versi premium

Pasang antivirus untuk melindungi laptop dari virus dan malware

Faktor lainnya yang membuat laptopmu loyo adalah virus. Meski pun biasanya saat membeli laptop baru sudah mendapatkan antivirus, nyatanya banyak antivirus tersebut kurang efektif untuk memberantas virus atau pun malware. Lebih baik ganti dengan antivirus terbaik saat ini, jika bisa kamu jua bisa membeli lisensinya yang banyak dijual lebih murah di Indonesia. Biasanya antivirus dijual dengan lisensi selama setahun, keluar uang sedikit demi menjaga data dari serangan virus tidak terlalu memberatkan bukan?

5. Laptop masih lelet juga? Mungkin ada aplikasi yang berjalan otomatis di belakang layar

Tutup proses di belakang layar yang tidak penting

Beberapa jenis aplikasi yang kamu pasang di laptop biasanya bisa berjalan secara otomatis di belakang layar saat pertama kali dihidupkan. Hal ini juga yang membuat laptop yang sudah dipasangi banyak aplikasi menjadi lebih lambat saat pertama dinyalakan. Anda bisa mematikan fitur autorun, aplikasi ini menggunakan software pihak ketiga atau pun setting bawaan Windows. Hanya matikan aplikasi yang tidak benar-benar penting, karena sebagian aplikasi yang berjalan sendiri memang dibutuhkan laptop.

6. Upgrade RAM

Tingkatkan kapasitas RAM

Saat membeli laptop mungkin merupakan tahun di mana aplikasi yang kamu gunakan tidak membutuhkan RAM besar. Namun semakin lama, banyak aplikasi yang harus dijalankan dengan kapasitas RAM tertentu, dan apabila RAM laptop kamu tidak mencukupi tentunya mustahil untuk menjalankannya. Cara mengatasinya tentu saja menaikkan kapasitas RAM laptop sesuai kebutuhan, harga RAM saat ini dipengaruhi oleh kapasitas, tipe serta mereknya.

7. Gunakan SSD

Jika perlu gunakan SSD untuk meningkatkan performa

Laptop kamu masih kurang ngebut juga? Tenang, kamu masih punya opsi lain yakni menggunakan SSD. Mungkin sebagian laptop belum bisa menggunakan SSD, namun jika ternyata laptop kamu bisa langsung saja beli. Meski pun harga SSD lebih mahal di banding HDD, namun performanya dalam membuka aplikasi dan pemrosesan lain jauh lebih cepat. SSD sangat pas untuk kamu yang membutuhkan program berat untuk menunjang pekerjaan, seperti software editing dan sejenisnya.

Rizki Anugrah Ramadhan
2 days 'ago'

Sering merasa cemas, gelisah, dan serba khawatiran kayaknya sulit banget lepas dari dirimu. Sudah coba upgrade kebiasaan ke hal-hal positif, tetap saja masih kamu alami. Rasa cemas seperti itu kadang sulit diprediksi. Semisal ketika sedang jalan bareng teman-teman bisa muncul mendadak. Tapi, nggak jarang juga perasaan itu ada saat diri sedang galau merana.

Tanpa harus susah payah memikirkan, sebenarnya ada hal sepele yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Meski sederhana banget, hal-hal receh ini punya keistimewaan karena ampuh menolongmu melewati masa-masa kegelisahan. Yuk, ketahui 7 hal receh berikut ini supaya kamu nggak lagi cemas, apalagi khawatiran melulu.

1. Tata kamar tidur senyaman mungkin. Karena seburuk apapun hari yang dialami, kamu selalu punya tempat nyaman untuk pulang

Salah satu cara mudah untuk kurangi kecemasan yaitu dengan menata kamar tidur. Ruangan satu ini bisa dibilang sebagai tempat untuk istirahat dan memejamkan mata sejenak dari rutinitas seharian penuh. Kamu yang lagi cemas dan gelisah, ditambah lagi dengan kondisi tubuh lelah pasti ingin goler-goler sambil melepas penat. Nah, saat inilah kamar tidur hadir memanjakanmu. Dengan kamar tidur yang tertata sesuai keinginanmu, maka rasa nyaman akan segera menghampiri. Seburuk apapun hari yang telah dihadapi, kamu selalu punya tempat nyaman untuk pulang dan melepas penat.

2. Jauhkan ponsel dari jangkaun. Biasanya rasa cemas sering disebabkan dari notifikasi ponsel

Sadar atau nggak, ponsel yang sering kamu genggam ternyata menjadi penyebab rasa cemasmu muncul. Berbagai notifikasi yang berasal dari ponsel menjadi malapetaka buatmu. Notifikasi chat atau telepon dari orang yang kamu sebal atau pemberitahuan dari komentar pada foto yang kamu unggah di media sosial (medsos) adalah beberapa di antaranya. Maka dari itu, sudah selayaknya kamu jauhkan ponsel sebisa mungkin. Demi perasaan dalam diri terkontrol dengan baik.

3. Jangan ragu berbagi cerita ke orang lain tentang apa yang sedang kamu rasakan. Dengan bercerita, kamu akan lebih lega

Tak harus cerita semua peristiwa atau yang kamu rasa, cukup inti-intinya saja sudah mendingan. Dengan sedikit bercerita kepada orang yang tepat, kamu bakal merasa lebih lega. Hati dan pikiranmu jadi lebih enteng dan nggak terbeban. Bahkan, masalah rumit sekalipun bisa terselesaikan karena mendapat tanggapan dari lawan bicaramu. Kegelisahan yang sedang kamu rasakan pun lambat laun berkurang.

4. Belajar untuk bilang “tidak” lebih baik dibanding selalu mengatakan “mungkin”. Jujurlah pada diri sendiri kalau kamu memang nggak bersedia dalam suatu hal

Berkata “tidak” pada orang lain menjadi salah satu hal yang paling sulit kamu lakukan. Rasa nggak enak kalau menolak permintaan atau sebagai ungkapan ketidaksetujuanmu terhadap suatu hal menjadi beban berhari-hari. Kamu bakal kepikiran soal perasaan orang itu yang kamu tolak. Padahal, caramu yang sudah mengatakan “iya” atau “mungkin” berarti telah membohongi diri sendiri. Yang ada kamu menjadi sulit melakukannya dan merasa berat. Makanya, coba dari sekarang belajar berkata tidak jika memang kamu nggak suka atau nggak ingin melakukan.

5. Sepele memang, tapi memulai hari dengan melihat keindahan sinar mentari saat pagi bermanfaat sekali. Kamu melupakan sejenak berbagai hal yang bikin cemas

Mensyukuri karunia Tuhan seperti keindahan semesta dari cantiknya matahari bersinar saat pagi memang syahdu sekali. Ketika memandang dan menikmati hangatnya sinar mentari itu, kamu seakan-akan terhipnotis seketika. Seolah-olah saat itu yang ada di dunia hanya kamu dan sinar mentari saja. Ketika sedang mengalami hal itu, perasaan cemas, gelisah, dan khawatir berlebihan hilang seketika.

6. Jaga jarak dengan orang-orang yang membuat mood makin buruk. Jangan menambah kepusingan dengan habiskan waktu sama mereka

Nggak cuma ponsel yang kamu singkirkan, tapi orang-orang yang berpengaruh buruk terhadap mood perlu kamu berikan jarak. Karena jika kamu biarkan, yang ada perasaan cemas dan gelisah dalam diri makin lama hilangnya. Karena itu, jaga jarak dengan mereka dari sekarang dan habiskan waktu dengan orang-orang yang berpengaruh positif padamu.

7. Berpenampilanlah senyaman mungkin. Pakai make-up dan baju yang paling kamu suka supaya rasa gelisahnya hilang

Tanpa kamu sadari atau nggak, berpenampilan sesuai jati diri dan senyamanmu bakal menolong perasaan cemas itu. Kamu yang gugupan dan nggak pede-an bakal tertolong dengan penampilan. Kamu jadi lebih bersemangat menjalani hari dan membuat perasaan cemas, gelisah, dan khawatiran lama-lama menghilang.

Mau seperti apapun cemas atau gelisahnya kamu, nggak ada salahnya terapkan 7 cara tadi. Hal-hal sepele yang ternyata ampuh menolong kamu dari perasaan kayak gitu bisa mulai dicoba dari sekarang.

Amirah Adzkiyyah
2 days 'ago'

Selama ini kita selalu dijejali dengan kata anak pintar adalah anak yang ranking satu dengan nilai akademik di atas rata-rata. Tidak jarang pemaksaan anak harus belajar agar menjadi pintar dan mau jadi apa di masa depan, semua sudah diterapkan dan menjadi mimpi dari orang tua.

Di sistem pendidikan kita sekarang ini, kreativitas dikesampingkan dan nilailah yang jadi tolak ukur kepintaran seseorang. Maka dari itu, nggak jarang saya liat temen-temen yang fokusnya cuma ke nilai yang mereka dapet. Giliran dapet nilai jelek, gurunya yang disalah-salahin. Bahkan temen yang nggak ngasih contekan pun ikut disalahin. Sistem pendidikan sekarang jugalah yang mengajarkan kita kalo gagal itu memalukan. Daripada gagal di ujian, kita lebih memilih buat nyontek.

Saya berpikir kalo tujuan sekolah adalah bentuk tanggung jawab anak terhadap orang tua yang telah membiayai pendidikannya.

Belajar – dapet nilai bagus dan dapet ranking – orang tua seneng – kelar

Tapi begitu saya sering denger orang tua yang memamerkan ranking sama temen-temennya, saya kok malah jadi risih. Kenapa sih tiap anak di-judge berdasarkan ranking mereka? Kenapa sih semua orang berorientasi ke hasil akhirnya aja? Bukan proses?

Kalo kita lihat prosesnya, kita pasti bakal tau apa yang sebenernya salah. Mungkin selama ini kita belajar dengan metode yang kurang cocok, nggak semua orang jago matematika kan? Mulai sekarang, coba deh fokus ke proses belajarnya. Karena dengan begitu, nilai juga bakal berbanding lurus kok sama proses belajar kita.

Tapi saya sadar, ngapain kita capek-capek belajar cuma buat ngebuktiin ke orang lain kalo kita pinter? Cukuplah kita sendiri yang merasa kalo kita nggak bodoh. Kalian nggak perlu konfirmasi dari orang lain kok. Karena pada akhirnya, orang lain juga nggak peduli seberapa pinter kita kalo kita nggak bermanfaat buat mereka.

Seperti kata Nabi Muhammad:

Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain. Maka dari itu percuma aja nilai bagus, tapi kontribusinya nol.

Karena esensi pendidikan yang sebenarnya bukan sekadar buat nyari nilai atau pengakuan kalo kita pinter. Nilai pada akhirnya cuma buat bukti dan tolak ukur seberapa patuh kita ngikutin sistem pendidikan. Penerapan ilmu yang sesungguhnya justru dimulai ketika kita keluar sekolah dan berhadapan langsung dengan kehidupan nyata.

Marissa Putri
2 days 'ago'

Hai... Siapa yang mengaku anak matematika? Seru kan jadi anak matematika? Iya, memang seru karena selalu menghadapi tantangan yang sulit. Seru yang bikin kepala pusing dengan banyak teorema dan sebagainya. Nah, yang pengen masuk jurusan matematika perlu tau nih hal-hal berikut ini yang sering buat resah anak matematika supaya ketika  kaliah dapat mengantisipasinya terlebih dahulu.

1. Siapkan kalkulator dan Tabel Statistik sebelum ujian/kuliah mata kuliah statistik

Anak Matematika wajib punya kalkulator dan juga tabel statistik. Wait...tapi harus kalkulator saintifik, bukan kalkulator biasa karena ada sebagian dosen yang melarang menggunakan kalkulator di Hand PhoneJadi selalu sediakan kalkulator sebelum kamu resah sebelum ujian/kuliah statistik. Jika tidak ada kalkulator, silahkan saja hitung manual. Sanggup hitung manual??? Kemudian tabel statistik juga diperlukan dalam pengujian statistik. Sanggup hapalin angka yang begitu banyak? Kalau ada yang bisa membantu kenapa tidak digunakan.

2. Defenisi, Teorema, Lemma dan semua yang terkaitnya itu wajib diingat dan dipahami

Untuk mata kuliah seperti aljabar dan analisis lainnya defenisi, teorema dan lain-lainya itu wajib diingat dan dipahami. Kalau tidak mau isi apa di lembar ujian??? Resah pun melanda.

3. Buku catatan dan alat tulis pun jadi barang paling penting

Walaupun buku catatan anak matematika sering di bilang buku cakaran. Tapi itu sangat penting bagi seorang anak matematika. Mau rapih juga bagaimana? Cara belajarnya memang harus banyak latihan dengan mencakar soal-soal. Tidak bakal seru kalau matematika itu hanya dibaca nanti yang ada cuma mengantuk. Jadi maklum saja alat tulis juga sering hilang karena banyak yang cari.

4. Banyak bergaul

Bergaul bukan saja hanya kenal dengan teman seangkatan tapi juga bergaul dengan senior, junior dan juga dosen. Banyak hal yang kamu atau teman kamu tidak ketahui. Kamu bisa menanyakannya di senior, junior ataupun dosen. Jadi jangan membatasi pergaulan kamu. Bayangin saja kalau kamu ada tugas dan teman seangkatan kamu juga tidak tahu. Mau tanya siapa kalau kamu tidak bergaul dengan orang lain?? resah kan?

5. Banyak buku sumber

Buku sumber wajib kamu miliki untuk menambah pengetahuan kamu minimal 1 buku juga sudah cukup tapi disarankan untuk punya buku-buku yang berkualitas. Yang sering di pakai oleh dosen – dosen walapun kebanyakan dalam bahasa Inggris tapi bahasa tidak akan menghambat proses belajar kamu, pelajari saja. Tidak terlalu sulit juga matematika pakai bahasa Inggris. Jika pengetahuanmu sudah bertambah kamu tidak perlu resah lagi.

Rizki Anugrah Ramadhan
2 days 'ago'

Sejak masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK), kita pasti sudah akrab dengan pelajaran berhitung. Pelajaran yang berisi angka-angka itu mengasah kemampuan kita untuk berpikir logis, analitis, dan teliti sejak kecil. Kalau masih TK sih mungkin masih mudah ya, soalnya memang cuma disuruh menghitung buah apel atau benda lain yang ada di gambar. Tapi semakin tinggi level kelasnya, pelajaran yang kemudian dikenal dengan nama ‘matematika’ ini kok rasanya makin sulit buat dipecahkan??

Tidak bisa dimungkiri, pelajaran matematika memang jadi ‘momok’ bagi banyak pelajar. Saking banyak dibencinya, penelitian terbaru 2018, Research on Improvement of System Education (RISE)di Indonesia, menunjukkan bahwa kemampuan siswa lulusan SMA memecahkan soal matematika sederhana ternyata tidak jauh beda dengan yang baru masuk SD! Entah karena banyak dibenci atau memang kemampuan nalar kita rendah, intinya 12 tahun sekolah itu sebenarnya tidak membawa perbedaan yang cukup signifikan. Padahal matematika bisa sangat berguna buat kehidupan di masa depan, meski kita tidak berprofesi jadi guru atau ilmuwan. Kenapa? Simak yuk uraiannya!

1. Orang yang terbiasa belajar matematika akan terlatih kemampuan berpikirnya secara sistematis. Ingat ya, matematika bukan selalu soal angka~

Dalam pelajaran matematika, ada sederet angka runtut yang biasa jadi dasar berhitung. Lewat kebiasaan berhitung seperti saat belajar bab deret, otomatis otak kita akan dipaksa berpikir secara sistematis. Kalau dipelajari secara terus-menerus, otomatis kemampuan berpikir sistematis ini akan terasah. Kemampuan inilah yang akan berguna saat kita diharuskan mengorganisasi sesuatu, seperti membuat rencana-rencana atau menyusun file-file atau dokumen saat sudah bekerja. Buat yang berkeinginan jadi pemimpin, kemampuan ini penting banget lo!

2. Seluruh aspek dalam pelajaran matematika akan melatih kemampuan berpikir logis. Bagi orang dewasa tentu kemampuan ini penting buat membantu mengambil keputusan secara matang

Matematika adalah salah satu cabang ilmu pasti. Tidak ada asumsi, praduga, atau tebak-tebakan. Saat mempelajari matematika, kita akan dituntut berpikir logis. Logika ini akan membantu menajamkan pola pikir. Semakin dewasa orang, tentu ia akan semakin sering dihadapkan pada berbagai pilihan hidup. Nah, kemampuan berpikir logis ini bermanfaat saat kita harus mengambil keputusan secara matang. Tuh, ternyata sepenting itu ‘kan matematika bagi kehidupan sosial?

3. Sekalipun karir kita bergerak di bidang sosial, tapi kebiasaan bertemu angka saat belajar matematika ini akan membantu dalam banyak hal, sesederhana menghitung kembalian sampai laba rugi usaha

Memang sih, kita akan jarang atau bahkan tidak mungkin menerapkan ilmu aljabar dalam kehidupan sehari-hari. Tapi saat belajar matematika, dimana kita terbiasa bertemu angka, di situ kita akan terlatih menghitung atau mengukur hasil. Sayangnya, banyak orang tidak sadar kalau kebutuhan berhitung ini juga penting dipelajari karena banyak aspek kehidupan yang menuntut kita berhitung secara tepat dan cermat. Misalnya bagi pebisnis, mereka harus mampu menghitung laba rugi, dan lain-lain.

4. Ilmu matematika kerap menuntut kita untuk menarik kesimpulan secara deduktif. Jadinya kita juga bisa berlatih berpikir secara objektif

Matematika menuntut kita untuk menarik kesimpulan dari khusus ke umum atau menggunakan pola deduktif. Artinya, ilmu ini membantu kita menarik kesimpulan bersadarkan pola yang umum. Otak kita jadi terbiasa berpikir secara objektif. Saat memasuki dunia kerja, kemampuan ini tentu akan sangat berguna. Objektivitas dan rasionalitas bahkan bisa menempatkan kita pada jabatan-jabatan penting di perusahaan.

5. Matematika akan membantu kita berlatih jadi lebih cermat, teliti, dan sabar. Tiga karakter tersebut tentu saja akan berguna buat semua orang di segala bidang pekerjaan

Lebih luas lagi, matematika jelas dapat membantu kita berlatih menjadi lebih cermat, teliti, dan sabar. Apalagi kalau terbiasa mengerjakan soal yang rumit dan panjang, yang membutuhkan kesabaran dalam memperoleh hasilnya. Kalau satu langkah saja salah, akan memengaruhi langkah-langkah selanjutnya. Tidak heran kalau orang-orang yang terbiasa menyelesaikan soal-soal semacam itu akan tumbuh menjadi orang yang cermat, teliti, serta sabar. Eits, kemampuan ini berguna buat semua profesi lho, sekalipun ibu rumah tangga, kalau tidak punya 3 karakter di atas, entah bakal jadi apa kondisi rumahnya.

Dulu, mungkin sering kita dengar teman atau mungkin kalian sendiri bilang “Ah, ngapain belajar matematika? Nggak bakalan dipakai kok kalau udah lulus!”. Setelah tahu berbagai manfaat belajar matematika, rasanya pemikiran semacam itu langsung bisa dipatahkan. Matematika tidak hanya soal angka, tapi lebih luas lagi, matematika bisa melatih kemampuan berpikir seseorang yang nantinya akan berguna saat ia berlaku di lingkungan sosialnya.

Menyadari kemampuan matematika pelajar Indonesia masih rendah, Kemdikbud terus gencar memperluas dan mempercepat pelatihan guru matematika, IPA, dan bahasa untuk lebih mendalami pembelajaran bernalar tinggi (HOTS: High Order Thinking Skills). Semoga saja langkah ini segera membuahkan hasil. Soalnya sedih lo saat tahu ada penelitian kalau ternyata pertanyaan sederhana 1/3 dikurangi 1/6 saja banyak yang tidak bisa! So sad

Cinta Silvia
2 days 'ago'

Halo mahasiswa Indonesia, masih semangatkan untuk menggapai masa depan yang cerah? Sudah agak lama nih artikel saya tidak lewat di beranda sobat.

Kali ini, saya punya topik hangat untuk dibaca sobat sekalian. Saya mengangkat topik pembahasan tentang softskill yang dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja. Nah, sebelum kita membahas lebih dalam mengenai topik ini, sobat mahasiswa pastinya sudah tau kan apa itu softskillSoftskill merupakan kemampuan non-teknis yang dimiliki seseorang dalam berbagai hal.

Dalam dunia kerja sendiri, ada beberapa kemampuan yang harus kuasai dan tentunya sangat bermanfaat untuk menunjang kesuksesan karir sobat.

Terutama buat kamu yang fresh graduate penting sekali untuk mengetahui ini.

Kemampuan apa saja kah itu? Mari kita simak di bawah ini.

1. Berbicara / Public Speaking

Softskill Berbicara bagi Mahasiswa

Kemampuan berbicara merupakan salah satu hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Setiap kata yang kita ucapkan akan mempengaruhi pendapat dan pola pikir lawan bicara kita.

Dalam dunia kerja, kita dituntut untuk pandai berbicara. Dengan menguasai kemampuan berbicara ini, kita dapat menarik perhatian atau simpati dari teman kerja, pemimpin, ataupun investor. Hal ini sangatlah penting supaya tidak terjadi peribahasa yang sering kita dengar “Tong kosong nyaring bunyinya”.

Cobalah lebih rileks dalam berbicara. Tentukan pembahasan yang sesuai dengan suasana, dengan pilihan kata yang bijaksana dan bersahabat. Buang mental kaku dalam berbicara di depan publik. Setiap kata harus memiliki makna yang tepat sehingga membuat orang yang mendengar kagum dan tertarik pada topik yang dibicarakan.

2. Kepemimpinan

Disarankan kita memiliki sifat atau kepribadian yang memimpin. Segala tindakan yang kita lakukan haruslah bijaksana. Mulai dari cara berbicara, cara berpakaian, dan sikap yang tegas.

Tegas bukan berarti membuat teman kerja takut melainkan disegani. Disegani dalam hal berbicara, memberikan pendapat, dan hasil kerja yang baik.

Seseorang yang memiliki jiwa memimpin selalu memberikan motivasi kepada teman kerja, memberikan solusi yang baik, dan selalu bertanggung jawab.

Seseorang yang memiliki jiwa pemimpin biasanya juga humoris. Kehumorisan ini dapat membuat kita disukai dan orang lain akan merasa nyaman terhadap kita. Intinya, bukan hanya tegas saja tapi juga dapat mencairkan suasana dengan candaan yang menghasilkan tawa.

Hal penting lainnya dalam memimpin adalah berjiwa sosial yang tinggi dan jujur. Kejujuran yang kita miliki akan membawa kita pada kesuksesan.

3. Kerja sama

Softskill Kerja Sama dalam Tim

Kerja sama tim yang baik dapat memperoleh hasil yang baik pula. Kita harus mampu bekerja sama dengan rekan tim supaya proyek atau pekerjaan yang sedang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar. Tanpa adanya kerja sama tim, hasil yang diperoleh akan menjadi sia-sia.

4. Berdiskusi

Saat berdiskusi, kita disarankan untuk mampu mencairkan suasana agar tidak kaku. Bukan hanya sekilas memberikan pendapat, namun pendapat yang kita berikan juga harus dapat diterima. Mulai dari pendapat, ide, gagasan dan proyek yang kita usulkan harus memiliki manfaat untuk perusahaan maupun publik.

Kita juga harus menghargai pendapat orang lain dan memahami hasil dari pemikiran orang lain. Apakah hasil pemikiran itu memiliki tujuan yang baik, bermanfaat, dan dapat memperoleh keuntungan bagi perusahaan?

Selain itu, kita harus mampu menguasai setiap proposal yang diajukan agar memperoleh persetujuan dari teman kerja yang mendengarkan atau membaca.

5. Ketekunan

Seorang karyawan pasti jadi disukai atasan jika bekerja dengan tekun dan memiliki performance kerja yang baik. Ketika kita juga memberikan ide – ide dan inovasi untuk kemajuan perusahaan tempat kita bekerja. Artinya memiliki jiwa ketekunan dalam bekerja sangat dibutuhkan dalam setiap perusahaan.


Beberapa hal di atas merupakan softskill yang saya sarankan untuk dimiliki sobat yang akan bekerja nantinya. Mungkin masih banyak lagi softskill yang belum saya ketahui yang harus dikuasai. Semuanya tergantung pada diri kita sendiri.

Kita yang membuat pilihan, apakah ingin berhasil dalam dunia karir atau tidak. Dan saran saya, selalu bersemangat selagi kita masih mampu untuk berdiri.

Berikan yang terbaik untuk dirimu dan dunia. Tunjukkan kemampuanmu karena kita akan selalu bisa menggapai suatu hal yang telah menjadi tujuan hidup kita masing-masing. Selalu optimis dan percaya diri dalam bertindak.

Rizki Anugrah Ramadhan
2 days 'ago'

Ketika mulai memasuki dunia kerja, banyak mahasiswa yang bingung, apa yang bisa dilakukan? Meskipun IPK tinggi, tak ada jaminan mereka bisa diterima dengan baik di dunia kerja. Oleh sebab itu, kamu harus tahu kunci sukses masuk dunia kerja agar bisa diterima dengan baik di dunia baru ini. Ingin tahu apa saja kunci suksesnya? Mari simak di bawah ini.

Disiplin

Kunci sukses pertama agar kamu bisa diterima dengan baik di dunia kerja adalah memiliki kedisiplinan yang tinggi. Masih bangun telat setelah lulus dan dapat pekerjaan sehingga pergi ke kantor dalam keadaan mepet? Ini punya pengaruh buruk untuk pekerjaanmu.

Jangan harap perusahaan akan mempertahankanmu bila kamu tak bisa disiplin dan menghargai waktu.

Jangan menunda pekerjaan

Kebiasaan yang satu ini masih berhubungan dengan disiplin sebenarnya. Kamu tidak boleh melakukan hal ini jika tak ingin membuat beban kerjamu bertambah berat dan banyak. Oleh sebab itu, kebiasaan kerjain tugas mepet deadline saat kuliah harus dihentikan.

Usahakan untuk selesaikan pekerjaanmu secepatnya apalagi ketika kamu sudah bekerja di perusahaan bagus.

Inisiatif

Inisiatif dalam Bekerja

Perlu kamu tahu, seorang bos sangat menyukai karyawan yang memiliki inisiatif yang tinggi. Tak perlu disuruh, mereka sudah aktif bergerak. Kamu bisa mulai membiasakan hal ini sejak bangku kuliah, misalnya, sering bertanya di kelas, aktif belajar bersama teman, dan masih banyak lagi. Ini akan mengasah mentalmu agar bisa terus aktif dan lebih berkembang.

Jangan fokus pada teori, aplikasikan ke dunia nyata

Kunci sukses masuk dunia kerja lain yang bisa kamu terapkan adalah jangan pernah fokus pada teori saja. Memiliki kemampuan dalam hal teori memang bagus, tapi itu sama saja bohong bila kamu tidak menerapkannya ke dunia nyata. Ingat, teori tanpa praktik hasilnya adalah nol.

Boleh saja kamu memiliki nilai tinggi selama di bangku kuliah. Tapi, apakah nilai itu ada pengaruhnya dengan kemampuanmu dalam bekerja? Belum tentu juga, kan? Jadi, sebaiknya ubah fokus kamu sekarang. Tak hanya teori saja, tetapi juga mempraktikkan pengetahuan yang kamu miliki.

Lihai membangun relasi

Selain itu, sebaiknya kamu juga lihai dalam membangun relasi. Ini adalah salah satu kunci sukses masuk dunia kerja yang krusial. Fleksibel dan easy going bisa membuatmu lebih dikenal orang dan mampu membangun relasi dengan banyak orang. Dengan sikap ini, kamu bisa bertahan di tempat kerja dan mampu menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan kerja.

Pengalaman berorganisasi

Berorganisasi sebagai bekal masuk dunia kerjaBerorganisasi sebagai bekal masuk dunia kerja

Selain itu, kemampuanmu dalam berorganisasi juga memiliki pengaruh pada kinerjamu di dunia kerja, lho! Terbiasa berorganisasi berarti kamu terbiasa bekerja dalam kelompok. Pengalaman ini pastinya akan sangat berguna untuk kamu yang baru lulus kuliah dan harus bekerja sama dalam tim.

Pengalaman magang

Bila kamu memiliki pengalaman magang di bidang yang kamu tekuni, itu juga bisa jadi hal yang bagus.

Misalnya, kamu bermimpi menjadi seorang wartawan. Jika begini, ada baiknya kamu mulai bergabung dengan organisasi jurnalistik di kampusmu. Ikutilah berbagai kelas menulis dan maganglah di perusahaan media. Ini juga akan mempengaruhi karirmu nanti.


Nah, sudah tahu kan apa saja kunci sukses masuk dunia kerja yang harus kamu terapkan? Praktikkan dari sekarang untuk kamu yang belum lulus, ya! Dengan begitu, masa depanmu akan lebih cerah. Sudah siap terjun ke dunia kerja dengan segala hal yang kamu miliki sekarang? Coba saja!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow