999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Rizki Anugrah Ramadhan
7 hours 'ago'

Sering mengabaikan tidur siang? Mulai sekarang jangan lagi ya

Nurul Marta
9 hours 'ago'

 

Menanam tanaman bisa anda lakukan dengan beragam teknik, salah satunya ialah hidroponik hidrogel. Teknik yang satu ini memiliki keunggulan tersendiri sehingga membuatnya begitu diminati. Hidrogel itu sendiri adalah kristal polimer yang berfungsi untuk menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel ini berfungsi sebagai pengganti tanah pada tanaman. Cara menanam hidroponik dengan hidrogel ini telah banyak dilakukan oleh para petani inspiratif.

Cara menanam hidroponik dengan hidrogel yang terbilang mudah menjadi inspirasi petani untuk ikut mencobanya. Hidrogel bisa terurai melalui pembusukan yang dilakukan oleh mikroba sehingga produk ini terbukti aman digunakan. Hidrogel ini tidak larut dalam air, namun hanya menyerap dan melepaskan air serta nutrisi secara proporsional ketika dibutuhkan oleh tanaman. Dengan begitu, tanaman akan selalu memiliki persediaan air dan nutrisi setiap saat. Tak hanya itu saja, adanya hidrogel juga akan membuat tampilan tanaman anda tampak indah.

Cara Menanam Hidroponik Dengan Hidrogel

Berikut ini adalah cara menanam hidroponik dengan hidrogel selengkapnya untuk anda.

Menyiapkan Tanaman Hidrogel

Tak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik menggunakan hidrogel. Adapun ciri-ciri tanaman yang bisa tumbuh dengan hidrogel ialah tanaman yang bersifat tahan kadar air berlebih, tahan kelembaban yang tinggi, tidak berkayu, tanaman indoor, dan tanaman yang umumnya tidak berbunga. Cabut tanaman yang akan anda tanam dari potnya terlebih dahulu. Perhatikan bahwa bagian akar-akarnya tidak terputus. Selanjutnya, hilangkan tanah dari akar. Untuk lebih mudahnya, anda bisa lakukan dengan cara merendam tanaman dalam air selama 1 jam terlebih dahulu.

Tanaman yang nantinya akan menggunakan hidrogel harus benar-benar bersih dari tanah. Hal ini dikarenakan tanah tersisa bisa membuat hidrogel rusak. Tak hanya itu saja, hidrogel juga akan lebih mudah untuk ditumbuhi lumut. Langkah selanjutnya, cuci semua bagian tanaman yang akan anda tanam hingga bersih. Tak terkecuali bagian daun, batang, sampai ke akar-akarnya. Buang saja akar yang sudah tampak rusak, patah, maupun membusuk. Buang akar tanaman dengan cara memotongnya, apabila dirasa terlalu panjang.

Menanam Tanaman Hidrogel

Simpan tanaman ke wadah yang berisi air semalaman sebagai langkah untuk melatih serta membiasakan tanaman hidup pada tingkat air tinggi. Ambil serta tuangkan air sebanyak 1 liter ke penampungan hydrogel. Gunakan air matang supaya hydrogel tetap dalam keadaan steril. Siapkan wadah yang sudah berisi air tadi. Lalu masukkan hidrogel kering ke wadah tersebut. Aduk-aduk selama 10 detik. Diamkan selama 4 jam, tunggu hidrogel mengembang dan tiriskan.

Bilas menggunakan air bersih 1 kali, kemudian diamkan lagi selama 30 menit. Selanjutnya, hydrogel bisa dipindahkan ke dalam vas ataupun pot baru untuk tanaman hias. Masukkan hidrogel ke dalam pot sebanyak 1/4 volume pot yang nantinya akan digunakan. Lalu masukkan tanaman yang nantinya akan ditanam ke dalam hidrogel secara perlahan serta hati-hati. Atur posisinya supaya tanaman bisa berdiri tegak. Sesudah cukup diatur, masukkan sisa hidrogel tersebut ke vas sampai semua akar tanaman tertutup.

Memelihara Tanaman Hidrogel

Siram tanaman dengan handsprayer pada bagian daunnya saja sesekali. Jika hidrogel terlihat menyusut (1-2 bulan), siram hidrogel dengan air secukupnya. Atau dengan keluarkan tanaman dan hidrogel dari vasnya, kemudian rendam hidrogel selama 30 menit supaya mengembang kembali. Setelah itu, tiriskan dan pindahkan ke vas lagi. Apabila warna hidrogel telah pudar, anda bisa tambahkan pewarna makanan pada air saat anda mencuci ataupun menyiram hidrogel.

Nurul Marta
9 hours 'ago'

Teknik penanaman hidroponik saat ini memang sedang banyak digemari. Pertama sistem ini penanamannya menggunakan media air, lebih hemat tempat dan bisa menghasilkan tanaman yang lebih melimpah. Dengan menggunakan teknik hidroponik tanaman bisa menyerap nutrisi lebih banyak, sehingga pertumbuhannya lebih maksimal. Ada banyak tanaman yang bisa di tanam dengan cara hidroponik. Salah satunya adalah tanaman strawberry. Strawberry merupakan buah yang mengandung vitamin c sangat tinggi. Biasanya banyak tumbuh di daerah dataran tinggi. Tahukah Anda bahwa penanaman strawberry dengan teknik  hidroponik dapat menghasilkan buah lebih banyak? Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips membudidayakan tanaman strawberry dengan teknik hidroponik.

Menanam strawberry secara hidroponik bisa menghasilkan buah yang lebih melimpah.

Menanam strawberry secara hidroponik bisa menghasilkan buah yang lebih melimpah.

Alat Dan Bahan

Untuk menanam buah strawberry dengan cara hidroponik, Anda harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat yang dibutuhkan antara lain jerigen, baki persemaian, hand sprayer, pot, tali kompos, pipa paralon, timbangan ohaus dan ember. Sedangkan bahannya tentunya Anda membutuhkan bibit buah strawberry, garam mineral atau pupuk yang sudah siap pakai dan porus. Itulah beberapa bahan yang harus Anda siapkan. Lanjut ke tahap penanaman dan persiapan lainnya.

Persiapan Bibit Buah Strawbery

Menyemai benih strawberry pada tray semai.

Menyemai benih strawberry pada tray semai.

Tahapan pertama adalah pembibitan buah strawberry terlebih dahulu. Penyemaian benih strawberry dilakukan dengan media pasir. Ambil pasir yang kering kemudian di ayak sampai halus. Jangan lupa untuk cuci dan direndam dengan menggunakan air selama 1 jam. Bersihkan baki persamaian dan masukan pasir yang sudah dibersihkan tadi sampai ketinggian 4 cm. Siram baki dengan menggunakan air sampai baki terlihat kelebihan air beberapa menit saja. Taburkan biji stawbery ke dalam baki. Taburan bibitnya tak perlu terlalu rapat-rapat. Pada saat proses penyemaian jangan sampai pasir menjadi kering. Jadi harus dilakukan penyemprotan setiap harinya. Jika sudah tumbuh 2 sampai 4 helai daun. Berarti bibit strawberry sudah siap untuk dipindah ke media taman. Untuk panduan khusus tentang cara menyemai biji strawberry bisa Anda baca di sini.

Tahap Penanaman

Siapkan wadah yang akan digunakan sebagai media tanam. Misalnya dengan menggunakan pralon. Belah pralon menjadi dua bagian. Jangan sampai ada lubang satu pun. Selain menggunakan pralon, Anda juga bisa menggunakan pot atau wadah lainnya. Pemberian lubang harus diatur, ini hanya berguna untuk penanaman tanamannya saja. Beri jarak 3 sampai 5 cm setiap lubangnya. Untuk medianya berupa kerikil, pasir dan lainnya. Cuci semua bahan tersebut sampai bersih dan rendam dengan menggunakan air mendidih selama 30 sampai 60 menit.

Penanaman strawberry pada paralon berukuran agak besar.

Penanaman strawberry pada paralon berukuran agak besar.

Masukan media yang sudah Anda buat ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Kurang lebih dengan ukuran 3 sampai 4 cm di atas lubang yang sudah Anda buat. Ambil tanaman yang sudah Anda semaikan, jangan sampai bagian akarnya terputus. Pindahkan ke media yang sudah Anda buat. Jangan lupa untuk diberikan nutrisi. Nutrisinya menggunakan pupuk organic yang cair. Bisa juga dengan menggunakan pupuk lainnya, asalkan berbentuk cair. Letakkan tanaman jauh dari daerah yang banyak serangga, tetapi tetap cukup sinar matahari dan tidak terlalu lembab. Jika tanaman sudah berumur 2 atau 3 minggu berikan pupuk cair lagi.

Selain menggunakan wadah paralon, Anda juga bisa menggunakan wadah pot untuk menanam strawberry secara hidroponik.

Selain menggunakan wadah paralon, Anda juga bisa menggunakan wadah pot untuk menanam strawberry secara hidroponik.

Tahap Perawatan

Pada teknik hidroponik, perawatannya memang harus lebih intens dibandingkan dengan teknik yang lainnya. Anda harus memperhatikan pH media tanam juga. PH yang baik sekitar 6,3. Jika terlalu tinggi Anda harus menurunkannya dan jika terlalu rendah harus menaikannya. Selain itu juga harus tetap dilakukan pemberian pupuk cair secara rutin. Anda bisa menggunakan pupuk kcl, pupuk tsp, pupuk urea dan lain sebagainya asalkan dalam bentuk cair. Selain itu Anda harus membasmi hama penyakit yang menyerang. Bisa dengan menyemprotkan fungsisida, herbissida dan lain sebagainya. Penyemprotan hama dilakukan jika terdapat hama penyakit saja. jika tidak ada tak perlu dilakukan penyemprotan.

Tahap Pemanenan

Pemanenan tanaman strawberry biasanya dapat dilakukan setelah berumur 4 sampai 6 bulan. ini juga tergantung dengan pertumbuhan dari tanaman tersebut. Untuk cara memanennya sangat mudah. Anda tinggal memotong buah strawberry yang sudah merah. Bisa dengan menggunakan gunting atau pisau. Tetapi harus hati-hati jangan sampai merusak bagian tanaman yang belum tumbuh. Biasanya buah strawberry tidak berbuah secara bersamaan. Pemanenan dilakukan pada pagi atau siang hari dan dilakukan dua minggu sekali.

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara menanam strawberry dengan teknik hidroponik. Bagi Anda yang tinggal di daratan rendah, Anda tetap bisa menanam tanaman ini lho. 

Nurul Marta
9 hours 'ago'

Untuk anda yang ingin memulai usaha di pedesaan, ada baiknya anda memilih usaha di bidang pertanian dan peternakan. Pertanian dan peternakan ini merupakan dua bidang bisa yang paling menjanjikan. Bahkan usaha pertanian dan peternakan sudah ada jauh di awal peradaban manusia. Hasil utama dari pertanian maupun peternakan mengarah pada pangan yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Maka dari itu, pertanian dan peternakan sudah pasti akan terus dibutuhkan sehingga membuat usaha ini tidak pernah mati.

Peluang usaha pertanian dan peternakan yang menjanjikan memiliki cakupan cukup luas. Banyak pula petani inspiratif yang memotivasi para petani pemula dalam menjalankan usaha pertanian maupun peternakan. Hal yang perlu anda ketahui ketika memulai sebuah bisnis tidak ada yang dapat secara instan menghasilkan uang. Semuanya pasti membutuhkan usaha, kiat, inovasi, dan juga strategi yang baik. Alangkah baiknya anda sesuaikan dengan kebutuhan lingkungan memasarkan produk anda tersebut.

Usaha Pertanian dan Peternakan

Ada berbagai peluang usaha di bidang pertanian dan peternakan yang bisa anda coba. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja berbagai peluang usaha pertanian dan peternakan yang bisa menjadi inspirasi petani berikut ini.

1. Buah Organik

Buah organik menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Pasalnya, sekarang ini masih banyak masyarakat yang membutuhkan buah organik yang bebas dari bahan kimia dan tentu saja sangat menyehatkan bagi tubuh. Buah organik banyak diminati masyarakat karena dianggap lebih menyegarkan. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk melakukan budidaya buah organik.

2. Sayuran Organik

Sayuran organik bebas dari bahan kimia sehingga menyehatkan apabila dikonsumsi. Permintaan masyarakat terhadap sayuran organik ini masih sangat tinggi. Maka dari itu, membuka bisnis sayuran organik dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Adapun jenis sayuran yang dapat anda tanam secara organik seperti halnya sawi, seledri, wortel, tomat, mentimun, terong, jagung manis, dan masih banyak lagi.

3. Jamur Tiram

Melakukan budidaya jamur tiram dapat dikatakan tidak terlalu susah. Dengan begitu, bagi anda yang ingin memiliki usaha sendiri di rumah, usaha budidaya jamur tiram ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk anda. Selain mudah dibudidayakan, peminat masakan jamur tiram ini semakin tinggi. Maka dari itu, prospek untuk usaha jamur tiram ini semakin menjanjikan. Jamur tiram memang banyak digunakan dalam dunia kuliner.

4. Sapi Perah

Beralih ke bidang peternakan, anda bisa memulai usaha ternak sapi perah. Usaha yang satu ini memiliki prospek perkembangan dan kemajuan untuk anda kedepannya. Seperti yang kita ketahui, segala bahan makanan dan minuman yang berbahan dasar dari susu hampir semuanya didapatkan dari susu sapi perah. Tak hanya itu saja, kesadaran masyarakat akan pentingnya susu guna pertumbuhan dan kecerdasan otak anak semakin meningkat. Hal ini berarti kebutuhan akan susu sapi perah sekarang ini juga semakin meningkat.

5. Lele

Selain ternak sapi perah, anda juga bisa mencoba budidaya ikan lele. Sajian kuliner yang menggunakan ikan lele sebagai bahan baku utamanya memang semakin meningkat seiring dengan majunya dunia kuliner di Indonesia. Maka dari itu, anda bisa menjalankan bisnis ternak ikan lele yang memang menjanjikan untuk anda jalani. Terlebih lagi, untuk anda yang memiliki lahan kosong di bagian belakang atau samping rumah anda. Anda bisa manfaatkan lahan kosong tersebut sebagai tempat untuk ternak ikan lele.

Nurul Marta
9 hours 'ago'

 

hias kamar kamu dengan tanaman ini

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar tentang “produk pertanian”? Kebun yang luas? Sawah? Makanan?


Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada produk pertanian unik yang bisa kamu manfaatkan sebagai dekorasi di rumah atau hiasan untuk mempercantik kamar kamu.

Mau tahu? Simak sampai habis ya.


1. Terarium


Terarium atau taman mini dalam kaca ini sangat cocok buat kamu yang suka keindahan natural tapi tidak punya cukup waktu untuk merawat taman.

Selain itu, karena disimpan di dalam wadah kaca, kamu bisa menjadikan terarium sebagai dekorasi rumah di sebelah manapun yang kamu inginkan. 

Ada berbagai macam tipe terarium yang bisa kamu pilih. Mulai dari tanaman paku, lumut, sukulen, kaktus, atau tanaman apapun yang kamu sukai.

Tapi pastikan tanaman yang kamu pilih adalah tanaman yang ukurannya kecil, suka tempat teduh, toleran terhadap kelembaban tinggi, dan mudah dirawat ya. Selain bisa dibuat sendiri, kamu juga bisa membeli terarium yang sudah jadi.

2. Tanaman dalam botol

produk pertanian

Source: fatinia.com

Tanaman dalam botol ini sebenarnya merupakan salah satu tahapan dalam proses kultur jaringan. Satu bagian tanaman seperti sel atau jaringan tanaman ditumbuhkan dalam kondisi steril dan di dalam botol kaca agar bisa tumbuh kembali menjadi satu tanaman lengkap kembali.

 Cara ini biasanya digunakan untuk membudidayakan tanaman atau mempercepat perbanyakan dari suatu jenis tanaman.

Misalnya seperti pisang, anggrek, ataupun tanaman lainnya. Akan tetapi, dengan sedikit kreasi, tanaman dalam botol ini bisa menjadi hiasan yang cukup cantik juga.

Apalagi jika tanaman yang dikultur adalah jenis bunga. Selain cantik dipandang, tanaman hias yang dikultur juga tidak memerlukan perawatan karena seluruh kebutuhan tanaman tersebut sudah ada di dalam botol kaca.


3. Hidroponik

tanaman hidroponik

Source: www.bebeja.com

Hidroponik adalah cara menanam tanaman yang unik dan sangat cocok untuk mereka yang tinggal di kota. Karena untuk melakukan cara ini, kamu tidak perlu memiliki lahan yang luas.

Kamu bisa mengubah halaman belakang atau halaman depan rumah kamu jadi taman kecil dengan beragam jenis tanaman dengan memanfaatkan cara hidroponik ini. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat taman hidroponik. Misalnya dengan menggunakan cara Nutrient Film Technique atau WICK yang lebih mudah dan murah.

Pastikan juga tanaman kamu mendapat nutrisi, intensitas cahaya, dan suhu yang sesuai untuk kehidupannya ya.

Jadi, mana yang akan kamu pilih untuk hiasan rumahmu?

Rizki Anugrah Ramadhan
16 hours 'ago'

Setelah menempuh jenjang pendidikan hingga ke bangku kuliah, siapa sih yang tidak ingin cepat kerja? Hidup mandiri dan menghasilkan uang dengan usaha sendiri tentu menyenangkan. Kamu bahkan bisa mencari kerja sebelum lulus kuliah, misalnya di semester akhir. 

Tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri bukan? Sebab, di kala teman-temanmu belum mendapatkan kerja kamu sudah selangkah lebih maju dalam mengembangkan karier. Nah, apa saja sih tips dapat pekerjaan sebelum lulus kuliah? 

Aktif di media sosial untuk pekerjaan profesional

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mencari kerja sebelum lulus kuliahadalah dengan aktif di media sosial profesional. Salah satu platform yang paling populer saat ini adalah LinkedIn. Kamu bisa membuat akun di media sosial tersebut, menulis profil dan mendokumentasikan prestasi dan pengalaman akademik, misalnya.

Cantumkan semua kegiatan yang pernah kamu ikuti. Mulai dari acara ekstrakurilkuler hingga praktik kerja lapang pada liburan akhir semester. Tim rekrutmen bisa menemukan kamu di media sosial ini. Mereka juga akan melihat potensimu sebagai kandidat.

Perbanyak pengalaman magang

Pengalaman magang bagi fresh graduate akan menjadi nilai tambah tersendiri. Pasalnya, dengan pengalaman magang, kamu bisa memperlihatkan komitmen dan cara kerjamu. Kamu tidak akan merasa rugi karena berkesempatan untuk menunjukkan diri sekaligus mendapat uang saku. Bisa jadi, tawaran pekerjaan tetap akan datang setelah kamu lulus kuliah nanti. Kamu pun berpotensi menjadi pilihan utama saat melamar di perusahaan itu kelak.

Membangun jaringan

Selain aktif di media sosial serta memperbanyak pengalaman magang, kamu juga harus melakukan networking atau membangun jaringan. Cobalah mengawalinya dengan mencari akun orang-orang yang sukses dalam pekerjaan impianmu di Facebook, Twitter dan LinkedIn. Dengan demikian, kamu sudah terhubung dengan orang-orang yang bisa melihat talentamu di berbagai media sosial.

Kamu juga bisa membangun jaringan dengan para alumni dari kampus. Biasanya, divisi administrasi universitas menyimpan data mereka. Cobalah untuk bertanya, mencari dan berhubungan dengan para alumni tersebut. Selain itu, biasanya alumni juga mengadakan pertemuan tahunan pada acara himpunan alumni atau ulang tahun universitas. Kamu bisa datang ke acara tersebut, jika dibuka untuk peserta non-alumni.

Konsultasi dengan mentor maupun dosen 

Jika kamu belum mendapat pekerjaan, maka teruslah belajar untuk bisa lebih baik. Kamu bisa menimba ilmu dari orang-orang sukses dan berpengalaman di bidang yang kamu inginkan. Sebisa mungkin, pilihlah mentor yang mudah dihubungi. Misalnya, profesor dan dosen di kampus atau pegawai senior di tempat magang.

Mulai datangi job fair

Tak perlu menunggu lulus untuk menjadi pengunjung job fair. Dari sini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan tim rekrutmen perusahaan. Kamu bahkan dapat menggali lebih dalam mengenai kriteria-kriteria posisi tertentu. Dari sini kamu juga lebih luas mengenal spektrum posisi-posisi dalam pekerjaan. Kamu boleh kok mulai menyebar lamaran. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menguji kemampuanmu menyusun dalam menyusun resume, lho.

Dengan cara tersebut, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah dengan mudah. Rajinlah mencari mencari peluang kerja. 

Cinta Silvia
17 hours 'ago'

Apakah kamu termasuk orang yang sesitif? Orang berkarakter sensitif memang biasanya menjadi yang pertama yang bertepuk tangan kala gembira, meneteskan air mata kala momen duka, serta pertama marah kala ada hal yang salah. Dalam budaya masa kini, ekspresi emosional dianggap sebagai sesuatu yang ‘lemah’ karena mengumbar perasaan. 

Lalu, pekerjaan seperti apa yang cocok untuk orang-orang sensitif?  Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang cocok bagi kamu yang memiliki sifat sensitif.  Mungkin saja dengan menggeluti bidang pekerjaan ini, perasaan dan pikiranmu bisa berjalan dengan seimbang. 

Pekerjaan di bidang pendidikan

Punya hobi mengajar? Dunia pendidikan ini bisa menjadi wadah tepat bagi orang-orang yang sensitif. Di sini, kamu bisa menghabiskan waktumu untuk menambah wawasan. Keselarasan antara perasaan dan aplikasi ilmu tentu akan terlihat di sini.

Profesi di bidang kreatif

Banyak anggapan, orang-orang sensitif memiliki kreativitas lebih tinggi. Benarkah demikian? Cobalah untuk mengembangkan kreativitasmu. Ada baiknya jika pekerjaan yang diambil memanfaatkan sisi kreativitasmu. Seperti menulis atau menjadi desainer grafis. Puaskan dirimu dengan pekerjaan yang menuntut kreativitas.

Profesi di bidang kesehatan

Dunia medis dan bidang kesehatan menuntut orang-orang yang tidak hanya cerdas di bidang tersebut, tetapi juga memiliki intuisi dan empati tinggi. Mereka begitu hebat dalam mengurus pasien satu per satu. TKamu bisa mengambil pekerjaan seperti konsultan kesehatan, pekerja rumah sakit, atau ahli terapi fisik.

Pekerja lepas

Orang sensitif biasanya tidak menyukai untuk bekerja tetap di sebuah perusahaan. Kebanyakan dari mereka merasa tidak bisa berkembang karena memiliki rekan kerja yang lamban. Daripada menimbulkan gesekan, mereka memilih menjadi pekerja lepas. Apakah kamu juga tertarik? Kamu akan bekerja lebih independen dan memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal sendiri. Selain itu, karena bekerja dengan berorientasi pada hal detail, kamu akan terus memotivasi diri sendiri untuk berkembang.

Pekerjaan di bidang IT

Coding membutuhkan proses kreatif dan paling baik dilakukan oleh orang yang memiliki intuisi kuat. Banyak pekerjaan di bidang teknologi yang membutuhkan suasana kerja yang fleksibel. Selain itu, profesi semacam ini menawarkan peluang bekerja dari rumah. 

Bisnis

Kesalahpahaman yang umum dihadapi oleh orang-orang sensitif adalah mereka tidak bisa menjadi pemimpin. Siapa bilang? Orang sensitif justru berorientasi pada perkembangan. Misalnya dalam bisnis berskala kecil. Mereka mungkin akan menciptakan suasana pekerjaan yang ramah dan memikat bagi karyawan.

Dari keenam bidang pekerjaan yang cocok ditekuni oleh orang sensitif tersebut, mana yang paling menarik buatmu? Yuk, pilih sesuai kepribadian dan bakat yang kamu miliki.

Rizki Anugrah Ramadhan
17 hours 'ago'

Sebagai generasi milenial, pastinya kamu menginginkan pekerjaan yang lebih modern atau berbasis teknologi. Bukankah begitu? Seperti yang kita tahu, karakteristik generasi milenial yang tidak mau terikat dengan suatu pekerjaan dalam jangka waktu panjang menjadikannya generasi yang paling sulit menemukan kepuasan batin saat mencari pekerjaan. 

Selain itu, milenial menginginkan work-life balance, pekerjaan yang tidak melulu di kantor, dan eksplorasi ide yang lebih banyak serta dunia yang lebih kreatif dan dinamis. Tenang, ada beberapa pekerjaan online buat milenial. Yuk lihat daftarnya, apakah salah satunya menarik buatmu?

Online freelance writer

Punya hobi menulis dan memliki banyak ide kreatif? Pekerjaan milenial satu ini cocok buatmu yang pastinya bukan hanya mengembangkan bakat, tetapi juga menghasilkan pundi-pundi rupiah maupun dolar. Dengan terus berkembangnya situs web saat ini, kebutuhan akan freelance writer atau penulis lepas pun akan semakin meningkat. Kamu bisa memanfaatkan momen ini juga menjadi seorang penulis lepas dan mendapatkan gaji yang menjanjikan dari profesi ini. 

Blogger, YouTuber atau Selebgram

Kamu punya hobi traveling, makan, atau koleksi make-up? Menjadi blogger, YouTuber, atau selebgram bisa jadi pekerjaan yang cocok untuk kamu coba. Kamu bisa membagikan cerita perjalanan dan ulasan makanan atau alat make up di platform yang kamu gunakan. Semakin banyak orang yang menyukai kontenmu, semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan permintaan untuk mengulas produk perusahaan tertentu. Seru kan? (Baca juga: Traveloka dan Tiket.com dominasi agen travel online)

Social media strategist

Perkembangan dunia digital membuat lapangan pekerjaan semakin terbuka, bahkan media sosial bisa memberikan profesi buat millenial yaitu sebagai social media strategist. Kamu bisa manfaatkan kegiatan bersosialisasi di media sosial ini sebagai sumber penghasilan. Seorang social media strategist sudah banyak dicari oleh perusahaan untuk memantau tren di media sosial dan menemukan cara paling efektif untuk mengoptimisasinya agar perusahaan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Online seller

Kini, siapa saja bisa dengan mudah berjualan di media online. Jika kamu teliti dan sabar serta memberikan pelayanan yang selalu maksimal, kamu bisa menjadi produsen dengan banyak penghasilan dengan berjualan secara online. Akses telekomunikasi dan informasi yang semakin canggih saat ini, setidaknya akan banyak membantu kamu dalam berjualan online. 

Crafter

Pernah dengar profesi yang satu ini? Jika ingin menjadi crafter, kamu dituntut memiliki ide kreatif dalam dunia desain. Ada banyak bisnis yang mulai memperhatikan setiap detail dari desain bisnis mereka. Mulai dari logo, seminar kit, sampai dengan desain kemasan produk untuk UKM yang ingin go online. Kamu bisa memanfaatkan keahlianmu dalam mendesain untuk menciptakan logo, kemasan dan kebutuhan bisnis lainnya. 

Bekerja sebagai seorang freelance, atau bekerja untuk perusahaan besar pun bisa kamu lakukan. Tidak ada batasan untuk kamu yang menyukai dunia seni. Bahkan banyak sekali media yang bisa kamu jadikan untuk menyalurkan hobimu ini. Pekerjaan menjadi seorang desainer atau ilustrator pun mulai menjadi primadona.

Jadi, manakah pekerjaan yang menarik buatmu? Semuanya membutuhkan kreativitas, inovasi dan tentunya kegigihan dalam menekuninya agar bisa sukses.

Rizki Anugrah Ramadhan
17 hours 'ago'

Dunia pekerjaan terus mengalami perkembangan. Di masa mendatang diperkirakan teknologi akan semakin maju, dan terciptanya sistem dan mesin untuk menggantikan pekerjaan yang bersifat repetitif. Komputasional pun semakin canggih, media komunikasi yang semakin berkembang, organisasi yang semakin besar dan semakin terhubungnya setiap manusia secara global. Oleh karena itu, kita perlu untuk mengembangkan skill atau keterampilan agar dapat tetap bertahan pada masa yang akan datang. Apa saja sih super skill yang dicari dari seorang karyawan untuk masuk di perusahaan impian?

Sense making

Kemampuan sense making dibutuhkan untuk memahami makna yang lebih dalam atas berbagai ekspresi. Kemampuan ini termasuk soft skill yang perlu diasah, terutama bagi para pencari kerja. Dengan kemampuan sense makin, Anda akan lebih mudah dalam bersosialisasi dengan rekan kerja dan membangun networking.

Social intelligence

Kemampuan social intelligence, dibutuhkan untuk mampu terhubung dengan orang lain secara mendalam dan langsung. Selain itu, keterampilan ini juga penting untuk menstimulasi reaksi dan interaksi yang diharapkan. Untuk memiliki skill ini, Anda harus membangun relasi dan networking.

Virtual collaboration

Kemampuan virtual collaboration, dibutuhkan untuk mampu untuk bekerja secara efektif, sekaligus memiliki keterikatan dan benar-benar hadir sebagai anggota tim dalam bentuk virtual. Hal ini merupakan sebagian kecil skill yang dibutuhkan untuk menghadapi masa yang akan datang.

Digital fluency

Transformasi digital berdampak pada setiap industri dan hampir di semua sektor. Oleh karena itu, keterampilan digital sangat dibutuhkan di masa mendatang. Ini semua tentang kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan, mengetahui toolsdigital dan cara menggunakannya, serta mengetahui tools yang digunakan dalam situasi tertentu.

Personal branding

Untuk meraih kesuksesan dan mendapatkan pekerjaan impian di masa mendatang, Anda perlu mengatur diri dan tentunya membutuhkan personal branding. Ini akan menunjukkan jati diri Anda. Ini termasuk dalam membangun reputasi dan kepercayaan. Anda bisa memulainya melalui media sosial dan email. Dengan skill membangun personal branding, Anda bisa membuat perusahaan yakin akan kemampuan diri Anda yang lain. Di sini, tentunya kepercayaan diri dan konsistensi dibutuhkan.

Setelah mengetahui deretan super skill yang dicari perusahaan masa mendatang, apakah Anda tergerak untuk mulai mempersiapkan dan mengasahnya? Anda juga bisa memulai mengasah soft skill Anda dengan berkonsultasi pada mentor, konsultan atau bahkan tenaga pengajar semasa Anda menempuh pendidikan.

Putri Mahmudah
17 hours 'ago'

Memiliki cita-cita tinggi dalam berkarier tanpa adanya tindakan nyata, sama halnya dengan bermimpi di siang bolong. Kehidupanmu tidak akan berubah tanpa adanya usaha. Masalahnya, masih banyak orang yang takut mengambil langkah, karena tidak ingin membuat kesalahan. Padahal, tidak semua kesalahan itu merugikanmu dalam jangka panjang, lho! Beberapa kesalahan yang kamu lakukan malah bisa membuatmu sukses. Apa saja kesalahan tersebut?

Meniti karier di perusahaan dengan reputasi buruk

Kamu tentu tahu bahwa mendapatkan pekerjaan bukanlah perkara mudah bagi sebagian besar orang. Tak jarang, karena sulitnya mendapatkan pekerjaan, banyak orang bekerja di perusahaan yang reputasinya buruk. Padahal, seharusnya kita benar-benar menyeleksi perusahaan tempat tujuan karier dengan melihat profil perusahaan, lingkungan, jenjang karier, hingga kesehatan keuangannya. 

Namun tak jarang, mereka yang bekerja di perusahaan dengan reputasi kurang baik, malahan berhasil meraih kesuksesan di sana. Bahkan setelah pindah ke perusahaan lain, keterampilan mereka pun semakin terasah. Jadi, kesalahan semacam ini ternyata bisa membawa kita menjadi sukses.

Mengejar jenjang karier yang salah

Ada banyak orang yang memiliki banyak impian tetapi tidak mengerti cara menyusun langkah untuk menggapainya. Hal ini membuat mereka banyak kehilangan arah atau bahkan mengejar jenjang karier yang salah, yang sebelumnya bukanlah tujuan mereka. Namun ternyata hal ini tak selamanya menjadi kesalahan yang membuat kegagalan.

Sebagian orang justru mendapatkan jalannya setelah mengetahui kesalahannya, kemudian mencapai kesuksesannya. Kesalahan ini memang bisa membuatmu sukses. Namun bagi kamu yang ingin berkomitmen mencapai kesuksesan, ada baiknya pintar untuk menyeleksi, mengatur rencana dan menikmati setiap proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Dipecat

Tak ada yang ingin mengalami pengalaman buruk semacam dipecat dari perusahaan. Namun ternyata, segelintir orang merasakannya meskipun mereka memiliki kinerja yang baik.  Dipecat memang menjadi pengalaman buruk, tapi kamu harus tetap berpikiran positif. Setelah dipecat, bukan berarti kariermu harus berhenti begitu saja. Kamu bisa benar-benar mengintrospeksi diri dan menjadi lebih baik. 

Lihat saja kiprah Walt Disney, Oprah Winfrey, dan Steve Jobs. Mereka harus mengalami pahitnya dipecat. Berpikir positif bisa membuat rasa sakit itu menjadi sebuah pengalaman belajar yang hebat. Kamu bakal tersadar bahwa masih banyak hal yang harus dipelajari dan dialami. Dari sanalah kamu bisa menjadi sukses. 

Menerima penawaran pekerjaan pertama

Banyak orang yang terjebak pada pilihan pekerjaan yang bukan karier yang diinginkannya. Hal ini bisa dimaklumi, karena susahnya mencari pekerjaan. Kamu tak perlu sedih, karena dari sinilah kesuksesanmu dimulai. Kamu akan belajar menghargai sebuah kesempatan bekerja dan mendapatkan penghasilan. Kalau kamu ingin menjadikannya sebagai pengalaman kerja sementara, tentu saja pilihan ini tidak ada salahnya. Ke depannya, kamu akan memiliki stabilitas keuangan untuk mendukung proses kariermu.

Bekerja lembur

Ingin menunjukkan komitmen dan kerja keras? Bahkan bekerja over time untuk membuktikannya? Melampiaskan segala usahamu selama sekian pekan, bahkan berbulan-bulan dengan kerja keras seperti ini boleh saja. Hal ini bisa membantumu fokus dan sebagai pembiasaan baru. Kamu bisa dengan cepat melewati masa transisi sebagai pengalaman kerja pertama. Hingga pada akhirnya, kamu bisa tahu kapan waktu terbaik untuk meluangkan waktu dan memprioritaskan suatu hal. 

Nah, kesalahan dalam karier tersebut memang tidak selalu berujung pada masalah panjang kan? Jadi, tak perlu ragu untuk bertindak dalam hal karier. Tak selamanya kesalahan berdampak pada kegagalan. Ada juga yang justru membuatmu sukses. Tetap berpikiran positif, komitmen untuk kerja keras dan terus mengembangkan diri merupakan kunci bagimu agar sukses menggapai karier impian.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow