999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Lies Halizah
7 hours 'ago'

Susunlah kalimat-kalimat berikut menjadi sebuah dialog yang benar!

A : Do you want more sugar in your orange juice?
A : Would you like me to help you, Sir?
A : Okay. Meatball, a plate of rice and sandwich. Anything else?
A : Wait a minute, please. And what would you like to eat?
B : Yes, thank you. I would like a glass of orange juice.
B : No, thank you.
B : Yes, of course. I like sweet orange juice.
B : I’d like, meatball, a plate of rice and sandwich.

Marissa Putri
12 hours 'ago'

Waktu kecil dulu, pernah tidak makan mie instan mentah langsung dari bungkusnya? Jika pernah, berarti masa kecil kalian bahagia. Walau terdengar menjijikan, tapi ngemil mie mentah memang nikmat lho. Mungkin saja kebiasaan ini masih sering kalian lakukan hingga dewasa ini.

Tapi walaupun begitu nikmat dan berkesan, makan mie instan mentah jauh lebih berbahaya ketimbang makan mis instan yang direbus. Pasalnya mie instan itu mengandung bahwan pengawet dan zat berbahaya lainnya yang tidak baik untuk kesehatan. Jika keseringan mengkonsumsinya, kamu bisa terkena kanker dan tekanan darah tinggi lho.

Berikut ada lima bahaya yang mengancam kesehatan jika kamu sering makan mie instan mentah.

1. Menaikan tekanan darah

Kandungan garam dalam mie instan sangat tinggi, terutama pada bagian bumbunya. Karena kandungan garamnya sangat tinggi, mie instan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal itu disebabkan oleh kandungan garam, lemak dan minyak yang bersatu membentuk gumpalan yang pada akhirnya menghalangi peredaran darah. Ini berlaku bagi mie instan yang direbus, apalagi jika tidak direbus terlebih dahulu.

2. Menyebabkan luka pada usus

Tekstur mie lumayan keras bila tidak direbus dulu. Jika kamu suka menyantapnya mentah-mentah, mie tersebut dapat melukai dinding usus kamu. Selain itu, kandungan garam dan zat pengawet dalam mie juga dapat merusak usus jika dilakukan dalam jangka panjang.

3. Menyebabkan sakit tenggorokan

Makan mie instan mentah dapat menyebabkan tenggorokan kamu jadi sakit. Kandungan zat MSG dan bahan pengawet dalam mie instan nantinya akan melekat pada dinding saluran kerongkongan. Akibatnya tenggorokan jadi gatal, serak dan bahkan nyeri. Jika kebiasaan ini terus dilanjutkan, kamu bisa terkena infeksi saluran tenggorokan.

4. Menyebabkan kanker

Bumbu yang terdapat pada mie instan mengandung zat yang berisiko menyebabkan kanker. Selain bumbunya, mie nya juga mengandung zat pengawet yang sudah terbukti dapat menyebabkan kanker. Jika dikonsumsi tanpa melalui proses perebusan, maka zat-zat berbahaya itu tidak akan terkikis, sehingga risiko terkena kanker jadi jauh lebih besar.

5. Menaikan kolesterol

Baik makan mie instan yang direbus atau mentah, keduanya sama-sama bisa menaikan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Terlalu tinggi kolesterol dapat menyebabkan stroke dan gagal jantung. Oleh karena itu, jangan terlalu sering makan mie instan.

Rizki Anugrah Ramadhan
12 hours 'ago'

Ketika kamu memasak makanan, kadang kala kamu tidak langsung menyantapnya. Kamu simpan dulu makanan tersebut di meja makan untuk disantap nanti. Alhasil makanan yang tadinya panas berubah jadi dingin.

Tapi tahu tidak ada beberapa makanan yang seharusnya langsung kamu makan saja setelah dimasak. Jangan sampai ditunda dulu, karena kalau sudah dingin, makanan tersebut malah bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut ini lima makanan yang sebaiknya harus langsung dimakan setelah dimasak karena cukup berbahaya jika dibiarkan terlebih dahulu.

1. Roti Bakar

Siapa di sini yang suka makan roti bakar? Jika kamu membeli atau membuat roti bakar, sebaiknya langsung dimakan yah, jangan sampai dibiarkan dulu.

Saat dibakar, roti akan melepaskan zat akrilamida. Nah jika roti bakar dibiarkan terlalu lama, maka zat tersebut akan berubah jadi senyawa yang bisa menyebabkan kanker.

Oleh karena itu roti agak kurang enak kalau dimakan pas udah dingin.

2. Nasi

Saat kamu mengambil nasi dari rice cooker, jangan sampai kamu menyimpan nasi itu sampai dingin. Sebab menyimpan nasi dalam suhu ruangan yang tidak panas dapat memicu tumbuhnya bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan.

Simpanlah nasi dalam pemanas jika tidak berniat langsung menyantapnya.

3. Telur rebus

Telur yang dimasak dengan cara direbus juga sebaiknya langsung dimakan. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, takutnya telur itu akan dihinggapi bakteri yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

4. Kentang

Kentang yang sudah dimasak jangan sampai dibiarkan sampai dingin. Kentang yang dingin sangat rentan ditumbuhi bakteri berbahaya. Namun di sisi lain, kamu jangan memasak kembali kentang karena berbahaya bagi tubuh.

5. Ayam

Tahu tidak kalau ayam yang sudah digoreng atau dimasak sebenarnya kurang sehat jika dimakan setelah dingin. Hal itu dikarenakan kandungan protein di dalamnya mulai berkurang dan bahkan bisa berubah jadi zat racun..

Kamu jangan pula memasak kembali ayam untuk kedua kalinya karena bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Bintang Maulidya
12 hours 'ago'

Mendengkur merupakan salah satu gangguan tidur yang sering dialami banyak orang. Biasanya mendengkur terjadi ketika seseorang tidur terlalu nyenyak.

Ketika tidur kita menarik dan menghembuskan nafas, otot dalam saluran udara akan menyempit, lidah akan bergerak ke belakang mulut menuju saluran aliran udara dan bergetar berlawanan langit-langit mulut yang lunak dan anak lidah.

Semakin nyenyak kita tidur, maka otot-otot akan semakin rileks dan pada kondisi ini tubuh akan berusaha lebih keras menghirup udara. Mendengkur tidak dialami oleh semua orang, hal ini terjadi hanya pada penderita gangguan saluran udara yang melewati hidung dan mulut bagian belakang.

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang mendengkur saat tidur, misalnya tidur terlentang, gangguan pada hidung dan tenggorokan, berat badan berlebih, faktor usia, penggunaan obat penenang, perokok atau kelelahan.

Banyak orang mengatakan bahwa mendengkur menandakan bahwa orang itu tidur nyenyak. Padahal sebenarnya mendengkur adalah suatu gangguan tidur yang dapat memicu penyakit-penyakit lain sampai kematian.

Berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan akibat dari mendengkur untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Diabetes

Proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu ketika mendengkur. Metabolisme yang terganggu mengakibatkan tubuh tidak dapat mentoleransi glukosa dan juga resisten terhadap insulin. Hal ini menyebabkan tubuh tak dapat memanfaatkan insulin dengan efektif dan memicu penyakit diabetes tipe 2 yang berujung kematian.

2. Hypertensi

Hypertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang timbul akibat mendengkur. Penelitian mengatakan bahwa semakin sering dan semakin besar gangguan tidur seperti mendengkur maka semakin berat pula tekanan darahnya.

3. Depresi

Seseorang yang mendengkur saat tidur cenderung cepat lelah padahal ia memiliki waktu tidur cukup. Ketika tidur ia harus terbangun beberapa kali karena merasa tak enak pada tenggorokan. Karena kelelahan inilah yang dapat memicu depresi.

4. Stroke

Mendengkur menyebabkan darah menjadi lebih kental yang meningkatka risiko terkena stroke. Semakin sering mendengkur, semakin tinggi risiko terkena stroke.

5. Kerusakan pada otak

Mendengkur dapat merusak bagian otak untuk mengontrol ingatan, tekanan darah dan emosi. Kerusakan ini dapat menjadi kerusakan yang permanen pada otak.

6. Penyakit Jantung

Ketika mendengkur, denyut jantung menjadi tidak beraturan. Hal ini dapat memicu penyakit jantung koroner dan penyakit jantung kongestif.

Putri Mahmudah
13 hours 'ago'

Air kelapa, adalah salah satu minuman yang sangat gampang di jumpai di Indonesia. Ke daerah manapun di Indonesia, pasti kamu bisa menjumpai minuman yang satu ini. Bisa dikonsumsi dengan dicampur dengan minuman lain, atau diminum secara langsung, waaahh.. siapapun pasti suka, dan harganya juga murah.

Tapi siapa sangka, dibalik rasanya yang segar dan harganya yang murah, ternyata air kelapa mempunyai manfaat yang nggak main-main dan luar biasa untuk tubuh kalau dikonsumsi secara rutin selama seminggu, mau tahu ? yuk kita bahas satu per satu !  

1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Menkonsumsi air kelapa setiap hari akan membuat system imun dalam tubuh menjadi kuat. Air kelapa juga mempunyai kemampuan menghilangkan bakteri penyebab penyakit gusi dan infeksi saluran kencing. Air kelapa juga menyerang virus penyebab demam, penyakit tipus dan penyakit infeksi lainnya. Selama musim demam, dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk mengkonsumsi air kelapa secara teratur.

2. Akan Terasa Semangat Setiap Harinya

Air kelapa meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang berfungsi memberikan energi kepada tubuh secara berlebih. Setelah seminggu mengkonsumsi air kelapa secara teratur, tubuh akan terasa ringan dan semangat dalam melakukan aktifitas apapun.

3. Organ Dalam Tubuh Akan Lebih Sehat

Air kelapa berfungsi sebagai diuretik alami yang sangat bermanfaat untuk tubuh, karena air kelapa akan membersihkan racun yang ada di dalam tubuh terutama saluran kemih, juga bisa menghancurkan batu ginjal buat para penderita penyakit batu ginjal.

4. Tanpa Disadari, Sistem Pencernaanmu Akan Lancar

Untuk memperlancar sistem pencernaan, yang dibutuhkan adalah serat setiap harinya. Dan untuk memenuhi kebutuhan serat tersebut, kita harus mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat tinggi. Tapi siapa sangka, hanya dengan mengkonsumsi air kelapa selama seminggu saja, pencernaan akan menjadi sangat sehat dan lancar.

4. Bisa Menurunkan Berat Badan

Berat badan semakin lama akan semakin berkurang kalau rutin mengkonsumsi air kelapa selama seminggu. Kenapa, karena air kelapa mempunyai jumlah kalori dan lemak yang rendah, bisa diminum sebanyak apapun, dan air kelapa juga bersifat mengenyangkan. Jadi kalau kamu sudah minum air kelapa, tubuh akan terasa kenyang dan keinginan makan juga akan dibatasi. Tapi jangan lupa disertai juga dengan olahraga.

6. Meringankan Berbagai Jenis Sakit Kepala

Jika kamu sering mengalami sakit kepala seperti migrain atau sakit kepala lainnya, air kelapa bisa digunakan sebagai terapi cairan yang nantinya meringankan sakit kepala, karena salah satu penyebab utama dari sakit kepala adalah karena cairan tubuh yang kurang atau dehidrasi. Dan yang luar biasanya, air kelapa juga bisa meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7. Kulit Akan Lebih Bercahaya

Kulit adalah salah satu bagian tubuh terbesar yang harus terpenuhi cairannya, kalau tidak, kulit akan kering dan sangat gampang untuk terserang penyakit. Dengan mengkonsumsi air kelapa secara teratur, kebutuhan cairan tubuh akan sangat terpenuhi. Perlu di ingat, kalau kandungan air kelapa sangat berbeda dengan air mineral, karena bisa memenuhi kebutuhan cairan untuk kulit secata maksimal dan membuat kulitmu semakin bercahaya

8. Memperlambat Proses Penuaan

Jika kamu bosan mengkonsumsi wortel untuk memperbaiki penglihatan, air kelapa bisa menjadi penggantinya. Air kelapa mempunyai kemampuan memperbaiki masalah kesehatan pada penglihatan, seperti katarak dan glaucoma. Dengan minum air kelapa, juga akan mengurangi penyakit stroke dan jantung, serta bisa memperlambat proses penuaan dalam sel tubuh, jadi kamu akan terlihat lebih muda.

Rizki Anugrah Ramadhan
13 hours 'ago'

Kini banyak varian dari coklat bahkan banyak juga berbagai olahan makanan berbahan dasar coklat. Coklat sendiri sangat digemari karena rasanya yang manis mampu membuat ketagihan. Bukan hanya itu, coklat juga dipercaya dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik.

Coklat memang terkenal lezat, tapi ternyata ada cara lain untuk menikmati coklat yang membuatnya menjadi lebih nikmat ketika mulai dilelehkan dalam mulut.

Menurut Jeremy Guioth, Business Development Management Singapore-Indonesia Chocolaterie Valrhona, cara agar coklat terasa lebih nikmat adalah dengan menikmatinya dalam kondisi atau ruangan gelap, sendirian dan tanpa suara. Hal ini akan membuat kita lebih fokus pada coklat.

Jeremy juga menjelaskan bahwa ritual memakan coklat ini benar-benar mengarahkan pada panca indra.

Pertama pandangi coklatnya, lihat warnanya dan bayangkan bagaimana rasanya saat masuk ke dalam mulut.

Kemudian gigit coklat hingga bagian-bagian kecil agar aromanya menyeruak. Mengkonsumsi coklat janganlah dikunyah, melainkan biarkan coklat-coklat itu meleleh dalam mulut.

Terakhir, rasakan tekstur dan perubahan aroma yang terjadi saat panas dari mulut membuat coklat meleleh. Kemudian tarik nafas dalam untuk merasakan aroma dari coklat yang dimakan.

Begitulah sob cara memakan coklat agar terasa lebih nikmat!

Cinta Silvia
13 hours 'ago'

Saat usia muda banyak dari kita yang terlalu menganggap remeh mengenai kesehatan dan menganggap bahwa penyakit mematikan hanya menyerang seseorang yang dikategorikan berumur tua. Tapi ternyata banyak di sekitar kita pun seseorang yang berusia muda sudah terjangkit penyakit berbahaya, bahkan dikarenakan penanganan yang terlambat sehingga tidak sedikit juga kasus yang harus berujung kematian.

Nah, sebelum itu terjadi sama kamu, kamu mesti tahu penyakit-penyakit apa saja yang bisa menjangkit seseorang di usia muda, penyebabnya, dan pencegahannya.

1. Penyakit Jantung

Mungkin kamu masih berfikir kalau penyakit jantung atau jantung koroner hanya menyerang orang yang sudah berusia 60 tahun lebih, ternyata penyakit ini cukup banyak menyerang seseorang di bawah usia 40 tahun lho.

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit tidak menular yang terjadi akibat pola hidup dan lingkungan yang tidak sehat. Misalnya kebiasaan makan makanan tinggi lemak jenuh, makanan cepat saji, minum alkohol, merokok, obesitas, dan jarang berolahraga.

2. Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau yang biasa disebut gula darah ternyata masuk dalam tiga besar penyakit paling mematikan di Indonesia. Tidak hanya orang dewasa, remaja hingga anak- anak pun bisa terkena diabates.

kita dapat mencegah diabetes sejak dini dengan membatasi asupan gula, konsumsi makanan cepat saji dan rutin olahraga. Hal ini karena makanan cepat saji umumnya memiliki kandungan kalori dan gula yang banyak

sebagai bentuk monitoringnya pun kita dapat melakukan pengecekan rutin gula darah kita ke puskesmas atau klinik terdekat.

3. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah di atas batas normal.

Masih banyak yang menyepelekan penyakit hipertensi ini. gejala awal bisa ditandai dengan sakit kepala. Biasanya penderita enggan memeriksakan keadaannya dan hanya sekedar konsumsi obat bebas.

Padahal jika dibiarkan terus menerus, penyakit hipertensi ini dapat mengganggu fungsi organ lain seperti jantung dan ginjal, yang kemudian memicu komplikasi.

Kasus hipertensi banyak disebabkan karena kebiasaan makan makanan tinggi lemak jenuh dan garam. dengan membatasi jenis makanan tersebut dan periksa tekanan darah anda secara rutin, anda dapat mencegah kemungkinan hipertensi sedini mungkin.

4. Kanker

Kebiasaan jarang makan sayur dan buah serta dipadukan dengan jarang berloahraga membuat banyak dari kita terutama wanita muda yang masuk usia 30 tahun yang mulai terserang penyakit berbahaya seperti kanker payudara.

Selain kanker payudara, angka penderita kanker lain seperti kanker darah, kanker kelenjar getah bening, hingga kanker rahim pun semakin banyak. Penyebabnya beragam mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga kurangnya olahraga dapat memperparah kesehatan orang tersebut.

5. Stroke

Jika mendengar kata Stroke, sebagian besar dari kita berfikir bahwa itu adalah penyakit orang usia lanjut. Karena memang stroke umumnya menyerang orang yang sudah lanjut usia diatas 50 tahun.

Tapi belakangan ini sudah banyak orang dengan usia 30 tahunan juga mulai banyak terserang penyakit ini. Stroke sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat karena terhentinya aliran darah keotak akibat adanya sumbatan, atau karena terjadi pecahnya pembuluh darah di otak.

Untuk penyebab stroke pun beragam mulai merokok, jarang berolahraga, makanan tinggi lemak, garam, dan kolesterol.

Bintang Maulidya
14 hours 'ago'

Di era saat ini, kolaborasi dan kerjasama merupakan hal yang sangat penting. Banyak kita jumpai berbagai tim kerja, seperti di lingkungan keluarga, di mana ada ayah, ibu, dan anak-anaknya mengambil peran masing-masing untuk mencapai tujuan bersama. Begitupun juga sekolah. Dari sudut pandang pengawas, sekolah merupakan sebuah tim kerja.

Sekolah sebagai sebuah organisasi perlu terus - menerus berupaya membangun semangat kerjasama seluruh anggotanya, baik dalam lingkungan internal maupun eksternal. Terkait itu, Michael Maginn mengemukakan beberapa cara, yaitu:

1. Tentukan tujuan bersama dengan jelas

Tujuan memerupakan pernyataan apa yang harus diraih oleh tim, dan memberikan daya memotivasi setiap anggota untuk bekerja. Contohnya, sekolah yang telah merumuskan visi dan misi sekolah hendaknya menjadi tujuan bersama.

2. Sediakan waktu untuk menentukan cara bekerjasama

Meskipun setiap orang telah menyadari bahwa tujuan hanya bisa dicapai melalui kerja sama, namun bagaimana kerja sama itu harus dilakukan perlu adanya pedoman. Pedoman tersebut sebaiknya merupakan kesepakatan semua pihak yang terlibat.

3. Gunakan konstitusi atau aturan tim yang telah disepakati bersama

Peraturan tim akan banyak membantu mengendalikan tim dalam menyelesaikan pekerjaannya dan menyediakan petunjuk ketika ada hal yang salah.

4. Saling percaya

Jika kepercayaan antaranggota hilang, sulit bagi tim untuk bekerja bersama. Sumber saling ketidakpercayaan di sekolah biasanya berawal dari kebijakan yang tidak transparan atau konsensus yang dilanggar oleh pihak-pihak tertentu dan kepala sekolah tidak bertindak apapun.

5. Saling memberi penghargaan

Hal terbaik yang dapat memotivasi karyawan adalah perasaan bahwa mereka telah berkontribusi terhadap pekerjaan danm prestasi organisasi. Di sekolah dapat dilakukan sesering mungkin setiap akhir kegiatan besar seperti akhir semester, akhir ujian nasional, dan lain-lain.

Marissa Putri
1 day 'ago'

Mineral berikut yang merupakan mangan adalah …

A. Pirit

B. Pirolusit

C. Malachite

D. Ilmenit

E. Rutile

Lintang Prisilia
1 day 'ago'

Sakit jiwa adalah gangguan mental yang berdampak kepada mood, pola pikir, hingga tingkah laku secara umum. Seseorang disebut mengalami sakit jiwa jika gejala yang dialaminya menyebabkan sering cemas dan menjadikannya tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara normal. Tiada hari tanpa masalah itu sudah pasti dan kadang membuat kita cemas. Masalahnya, jika rasa cemas sampai berlarut-larut, tubuh akan sakit dan tidak nyaman. Seolah ada beban berat yang membuat Anda enggan untuk beraktivitas. Jika dibiarkan terus menerus, ini bisa mengganggu kejiwaan! Coba kita kenali apa sebenarnya gangguan kecemasan dan bagaimana sebaiknya Anda menyikapinya.

Waktu tidur terganggu

Cemas berlebihan membuat mata sulit dipejamkan, karena pikiran terus melayang-layang. Untuk itu, Anda sebaiknya mengisi waktu dengan berbagai kesibukan. Usahakan setiap hari berolah raga ringan dan santai agar otot dan syaraf tidak tegang. Apabila Anda mempunyai masalah, janganlah dipendam sendiri, dan bila beranjak tidur, letakkan semua permasalahan. Dengan demikian Anda akan terlelap dalam sekejap dan esok pagi tubuh akan terasa segar kembali untuk menghadapi rutinitas pekerjaan.

Tubuh menjadi sakit

Rasa cemas tentu bisa mengakibatkan sakit pada tubuh, namun juga tergantung dari masing-masing individu. Orang yang cemas berlebihan akan mengalami gejala somatic yaitu gejala yang sebenarnya tidak ada. Gejala tersebut bisa berupa sakit kepala dan otot, detak jantung lebih cepat, sakit perut, asam lambung naik, serta keringat berlebih. Saat Anda tegang, sistem syaraf dalam tubuh langsung merespon dengan detak jantung yang meningkat atau berdebar-debar, otot kaku, serta tekanan darah naik. Untuk jangka waktu pendek memang tidak ada masalah, namun jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Sulit mengendalikan diri

Ketika gangguan kecemasan tersebut muncul, Anda mungkin berusaha tenang dan rileks. Namun hasilnya justru sia-sia belaka. Rasa cemas adalah sinyal dari otak bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Sinyal tersebut mengatakan pada tubuh untuk lebih awas dan hati-hati dalam melindungi diri sendiri. Itulah fungsi emosional otak yang bekerja secara otomatis, sampai-sampai Anda sendiri tidak dapat mengendalikannya. Sebaliknya, usaha untuk menenangkan diri justru dapat memicu kondisi Anda semakin panik, serta kondisi lebih buruk. Maka jika saat cemas datang, kenali dan terima parasaan tersebut apa adanya agar Anda bisa mengatasinya.

Berubah menjadi pendiam

Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan biasanya akan menjadi lebih pendiam. Bagaimana tidak, jika terus-menerus merasa cemas membuat hati tidak nyaman, bukan? Memang tidak ada obat untuk menyebuhkan gangguan kecemasan ini. Namun, perawatan psikologi secara khusus bisa diterapkan, antara lain psikoterapi, terapi perilaku, dan obat yang dianjurkan dokter dan cukup mencari pertolongan saja agar terhindar dari penyakit yang lebih parah.

Tidak tahu penyebabnya

Banyak yang tidak tahu apa yang dicemaskan. Dari sinilah otak selalu memproses berbagai informasi tentang lingkungan sekitar dan menyiapkan tubuh bereaksi terhadap berbagai stimuli. Contoh, jika seseorang trauma dengan kecelakaan, maka dia akan takut naik kendaraan. Atau jika seseorang tersebut takut dengan ular, otaknya akan bereaksi menjadi gelisah manakala melihat rumput. Kenapa? Karena takut akan terjadi musibah saat berkendara atu dan kemungkinan di semak-semak rerumputan ada ular yang bersembunyi.

Semoga bermanfaat bagai Anda.

Follow Us On :
Ranking
1
Leen
20
2
Ummi
-5
3
4
Lencana
Kongkow