Mendengarkan Lagu Melow Saat Sedih, Tepat atau Tidak?

Oleh : Bintang Maulidya - 08 December 2017 17:30 WIB

Saat sedang galau atau putus cinta biasanya lagu-lagu berirama melow menjadi favorit karena dirasa cocok dengan suasana hati kita.

Memilih mendengarkan lagu sendu saat sedang sedih adalah hal yang wajar. Cara itu juga bukan berarti mendramatisir suasana dan membuat kita jadi lebih bersedih. Seringkali, kita malah akan merasakan efek sebaliknya.

Berikut adalah alasan mengapa mendengarkan musik melow saat sedang bersedih adalah tindakan yang tepat.

Mendorong Ekspresi Emosional
Ahli musikologi, Kay Norton, dalam penelitiannya pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa lirik pada lagu-lagu galau mampu merepresentasikan perasaan sedih, sehingga mendorong orang yang sedang berduka untuk menangis atau mengekspresikan emosi negatif dengan cara yang tepat sehingga suasana hati jadi lebih baik. Mengeluarkan emosi negatif saat bersedih merupakan tahap penting saat seseorang sedang tertekan atau mengalami masalah. Hal ini akan membuat kesedihan kita tidak akan berlarut-larut dan perasaan kehilangan tidak semakin besar.

Menciptakan Sweet Anticipation
Meski kita larut dalam kesedihan saat mendengarkan musik sedih, tapi sebenarnya dibalik kesedihan itu mampu membuat kita merasakan emosi lebih positif. Para peneliti asal Jepang yang melakukan kajian menganai hal ini menyebutnya fenomena sweet anticipation. Secara psikologis kita akan merasa tenang karena ternyata bukan kita sendiri yang mengalami kesedihan. Oleh karena itu, mendengarkan lagu sedih saat galau adalah saat yang tepat untuk meditasi, refleksi diri, juga proses menghilangkan beban dari dalam diri.

Penelitian dari Freie Universitat Berlin, Jerman juga sepakat dengan dampak psikologi tersebut. Berdasarkan survei terhadap 770 orang dan dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, mereka menyebutkan bahwa mendengarkan lagu galau bisa membangkitkan emosi positif, seperti kedamaian dan kelembutan.

Menghilangkan Rasa Sepi
Tidak semua orang suka menceritakan kesedihannya pada orang lain. Terkadang kita butuh waktu sendiri untuk mengatasi kesedihan dan mengontrol emosi diri. Pada fase-fase ini, lagu galau akan membatu kita menghilangkan rasa sepi karena ada lirik yang pas untuk menemani sekaligus menyemangati kita

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :