Sebutkan Ciri-ciri Lagu Daerah!

Oleh : UAO - 11 May 2022 08:00 WIB

Lagu daerah di Indonesia mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Kedaerahan

Lirik syair lagu daerah setempat sesuai dengan daerah atau dialek setempat yang bersifat lokal karena lagu daerah tumbuh dari budaya daerah setempat. Lagu daerah setempat bersifat kedaerahan, artinya hanya dimengerti oleh masyarakat darah tersebut.

2. Sederhana

Lagu daerah setempat biasanya bersifat sederhana baik melodi maupun syairnya. Tangga nada yang digunakan kebanyakan tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang terdiri atas lima nada berjenjang yang sebenarnya tidak dapat dituliskan dalam notasi umum. Namun, notasi pentatonis dapat diterapkan mendekati jajaran nada yang digunakan nada do-re-mi-so-la.

3. Turun Temurun

Lagu daerah setempat pengajarannya bersifat turun temurun dari orang tua kepada anaknya atau dari nenek kepada cucunya. Lagu daerah setempat tersebut biasanya diciptakan dalam kondisi alam di daerah setempat. Lagu daerah setempat dinyanyikan pada saat anak-anak bermain atau dolanan.

4. Jarang Diketahui Penciptanya

Lagu daerah setempat mempunyai karakter turun-temurun karena penciptanya jarang diketahui. Lagu daerah setempat tidak diketahui penciptanya, tidak tertulis, dan sifatnya bukan semata-mata untuk tujuan komersil. Lagu daerah setempat kebanyakan dinyanyikan hanya pada saat bermain, musim panen, waktu senggang, atau meninabobokan anak.

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :