Apa Perbedaan Antara Perubahan Fisika dengan Perubahan Kimia?

Oleh : Rizki Mumpuni - 15 September 2020 16:30 WIB

Salah satu perbedaan utama antara perubahan kimia dan fisik terlihat dari segi penampilan. Dalam perubahan fisik selalu ada perubahan dalam penampilan materi yang dapat dirasakan oleh salah satu dari panca indera kita. Sementara dalam suatu perubahan kimia, penampilan fisik mungkin berubah atau tidak.

Perubahan fisika dapat dilihat sebagai perubahan warna, bentuk perubahan materi yaitu berupa cair atau gas, padat atau dalam hal suhu atau perubahan bentuk.

alt="Apa Perbedaan Antara Perubahan Fisika dengan Perubahan Kimia" src="https://i2.wp.com/profesorku.com/wp-content/uploads/2020/06/es-meleleh.jpg?w=1140&ssl=1" style="height:266px; width:400px" />

Es perlahan berubah menjadi air mengubah bentuk fisiknya

Contoh untuk perubahan fisika adalah perubahan es menjadi air. Di sini kita dapat melihat perubahan fisik terjadi dalam hal perubahan warna putih menjadi tidak berwarna, serta perubahan keadaan materi yaitu padat menjadi cair.

Sedangkan sebagai perubahan kimia adalah salah satu di mana tidak ada perubahan dalam penampilan fisik dalam banyak kasus. Namun mereka dapat menyebabkan perubahan penampilan fisik juga dalam beberapa kasus.

Perubahan kimia sebagian besar melibatkan perubahan dalam sifat kimiawi dari molekul atau atom dalam materi. Perubahan kimia molekul Dapat mengubah tampilan dalam hal perubahan warna atau perubahan tekstur dan kadang-kadang bahkan berubah dalam keadaan materi.

alt="" src="https://i1.wp.com/profesorku.com/wp-content/uploads/2020/06/tablet-vitamin-C-di-Air.jpg?w=1140&ssl=1" style="height:447px; width:400px" />

Tablet yang mengandung natrium bio-karbonat dan asam sitrat dalam bentuk terkompresi bereaksi ketika terkena air melepaskan CO2.

Contoh perubahan kimia adalah pembentukan busa atau efervesensi ketika jus lemon dicampur dengan natrium bikarbonat. Di sini yang sebenarnya terjadi adalah ketika kita menambahkan jus lemon ke dalam bubuk natrium bikarbonat, segera ada perubahan kimia yang mengarah pada pembentukan karbon dioksida dan garam natrium sitrat. Perubahan terjadi baik secara fisik maupun kimia.

Baca Juga : 

PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Perbedaan Antara Perubahan Kimia Dan Fisika

Contoh lain untuk perubahan kimia antara lain
Perubahan warna kalium permanganat ketika direaksikan dengan asam oksalat.
Endapan pembentukan Perak klorida ketika perak nitrat bereaksi dengan ion Klorida dalam air.

Contoh lain dari perubahan fisika termasuk

Bentuk padat mentega saat dipanaskan meleleh menjadi bentuk cair dan ketika didinginkan kembali berubah menjadi padat.
Logam seperti besi ketika dipanaskan mengembang dengan warna merah karena suhu berlebih. Tapi, memadat saat pendinginan.

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :