Home » Kongkow » Matematika » Yuk Pelajari Cara Menghitung Triple Phytagoras Berikut Ini

Yuk Pelajari Cara Menghitung Triple Phytagoras Berikut Ini

- Sabtu, 04 Juni 2022 | 11:35 WIB
Yuk Pelajari Cara Menghitung Triple Phytagoras Berikut Ini

Salah satu ciri-ciri segitiga siku-siku adalah terdapatnya triple Pythagoras. Hal ini akan dapat menentukan apakah sebuah segitiga merupakan segitiga siku-siku atau bukan dengan melihat panjang sisi-sisinya. Triple Pythagoras adalah tiga bilangan asli yang akan memenuhi rumus teorema Pythagoras dan sangat tepat untuk menyatakan panjang sisi-sisi suatu segitiga siku-siku. Kali ini kita akan belajar untuk menghitung triple Phytagoras. Pastikan kamu membaca hingga akhir ya.

Mengenal Triple Phytagoras

Teori atau teorema Phytagoras adalah salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal. Pada teori ini dia menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Untuk bisa menyelesaikan teorema Phytagoras maka akan dibutuhkan triple Pythagoras. 

Selain menjadi ciri khas segitiga siku-siku, triple Pythagoras juga menjadi alat bantu untuk mempermudah dalam penyelesaian teorema Pythagoras. Normalnya, jika dua panjang sisi segitiga siku-siku diketahui, maka sisi lainnya dapat dihitung menggunakan rumus teorema Pythagoras.

Ketiga bilangan dalam triple Pythagoras akan menyatakan sisi miring, sisi depan, dan sisi apit pada segitiga siku-siku. Misal a > b > c dengan a, b, dan c adalah bilangan asli dan berlaku persamaan a² + b² = c², maka a, b, dan b merupakan triple Pythagoras dan membentuk sebuah segitiga siku-siku.

Cara Menghitung atau Menentukan Triple Pythagoras

Untuk menentukan triple Pythagoras, ada pola khusus yang dapat digunakan. Jika p, q, dan r adalah triple Pythagoras, a = n, dan b = n – 1, maka:

  • p = a² – b²
  • q = 2ab
  • r = p² + q²

Mungkin kamu bisa memperhatikan tabel dibawah ini:

Contoh Soal

Sebuah segitiga yang belum diketahui jenisnya memiliki panjang sisi berupa:

a = 6, b = 8, c = 20

Tentukan apakah segitiga berikut ini adalah segitiga siku-siku atau bukan?

Solusi:

c = 20²

c = 400

Lalu,

a + b = 6²  + 8²

a + b = 36 + 64

a + b = 100.

Melalui persamaan Phytagoras diatas, jika a² + b² = c² adalah ciri-ciri dari suatu segitiga siku-siku, maka hasil di atas:

6²+8²≠20²

Tidak dapat memenuhi persamaan Phytagoras. Sehingga segitga di atas bukanlah segitiga siku-siku.

Cari Artikel Lainnya