Home » Kongkow » Olahraga » Tulang Kering Rawan Cedera, Main Bola Jangan Lupa Pakai Shin Guard

Tulang Kering Rawan Cedera, Main Bola Jangan Lupa Pakai Shin Guard

- Kamis, 08 Oktober 2020 | 18:21 WIB
Tulang Kering Rawan Cedera, Main Bola Jangan Lupa Pakai Shin Guard

KAKI merupakan bagian tubuh utama dalam permainan sepak bola. Karena dalam game 11 vs 11 ini bola paling dominan dimainkan memakai kaki.

Maka itu kaki menjadi modal penting buat pemain sepak bola. Tidak jarang pemain profesional khusus mengasuransikan kedua kakinya. Karena kaki adalah aset utama dalam pekerjaan mereka.

Dari bagian kaki itu kita tahu perlengkapan yang wajib dipakai pemain sepak bola adalah sepatu, kaus kaki, dan shin guard atau pelindung tulang kering.

Di Indonesia istilah shinbone guard lebih umum disebut "deker". Perlengkapan ini terbilang vital karena tulang kering rawan kena tebas lawan.

Bicara shinbone guard ini adalah sejarahnya sendiri. Deker mengadopsi peralatan militer yang dalam Bahasa Prancis disebut greave, artinya tulang kering.

Seiring berjalannya waktu, pada 1800-an teknologi olahraga juga memakai greave untuk pelindung fisik. Cricket merupakan olahraga pertama yang menggunakan greave sebagai pelindung kaki, khususnya tulang kering.

Terinspirasi dari greave, Sam Weller Widdowson kemudian membuat deker atau shinbone guard, untuk dipakai bermain sepak bola. Momen itu terjadi pada 1874.

Pada saat itu penemunya hanya jadi bahan tertawaan sebagian konco-konconya. Meski akhirnya deker menjadi salah satu perlengkapan wajib dalam sepak bola.

Jadi, jangan lupa selalu memakai shinbone guard atau deker ya waktu main bola. Biar aman!*

Sumber : .
Cari Artikel Lainnya