Home » Kongkow » Tips & Trik » Tips Merawat Kabel Charger HP

Tips Merawat Kabel Charger HP

- Kamis, 12 November 2020 | 19:00 WIB
Tips Merawat Kabel Charger HP

 Sudah berapa kali kamu membeli kabel charger HP atau iPhone yang baru? Adakah yang sudah lebih dari 3 kali? Atau lebih dari itu? Nah, pastinya sempat terbesit dipikiranmu bukan, kenapa charger handphone kamu jarang awet, dalam artian tidak berumur panjang.

Sebetulnya, ada banyak faktor loh yang dapat menyebabkan charger handphone kamu cepat rusak. Secara tidak kamu sadari, sering sekali kamu melakukan hal yang sebenarnya ‘tidak baik’ untuk kesehatan kabel charger HP-mu.

Berikut ini, kami akan membagikan hal – hal yang dapat membahayakan kabel charger HP, sekaligus tips merawatnya agar kabel charger menjadi lebih awet.

1. Jangan Menekuk Kabel Charger HP Terlalu Ekstrim

Tips Merawat Kabel Charger HP, Supaya Berumur Panjang (Awet)

Membengkokan kabel secara ekstrim dapat merusak bagian dalam dari kabel. Kabel bagian dalam yang paling rentan dan lemah terletak di dekat sambungan USB port. Apabila kabel dibengkokan dengan parah, maka hal ini juga dapat mengelupas lapisan luar. Sehingga, bagian dalam menjadi terekspos.

2. Memasang Pelindung Tambahan

Tips Merawat Kabel Charger HP, Supaya Berumur Panjang (Awet)

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bagian terlemah dari kabel terletak di dekat sambungan USB port dan tidak jarang juga bagian tersebut tertekuk dengan tajam, sehingga kulit lapisan luarnya terkelupas. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menambah pelindung kabel.

Saat ini sudah banyak pelindung kabel yang bisa kamu temui di pasaran. Dengan melekatkannya ke persendian, maka bagian tersebut akan menjadi lebih aman dan meminimalisir risiko tertekuk.

3. Memakaikan Cable Clip (Klip Kabel)

Tips Merawat Kabel Charger HP, Supaya Berumur Panjang (Awet)

Tidak hanya pelindung saja, tetapi kamu juga harus memiliki kabel klip atau pengikat kabel. Aksesoris ini sangat membantu untuk mengikat kabelmu dengan rapi dan tidak akan membentuk sudut-sudut yang lancip.

4. Jangan Dimasukkan ke Dalam Tas yang Penuh Dengan Barang

Tips Merawat Kabel Charger HP, Supaya Berumur Panjang (Awet)

Jika kamu ingin traveling atau bepergian jauh, jangan pernah kamu letakan kabel charger ke tas yang penuh dengan banyak barang. Alasannya, bisa saja berbagai barang yang ada di dalamnya membuat kabel menjadi bengkok atau tertekuk karena tertindih. Usahakan untuk memisahkan kabel dengan barang-barang yang lainnya.

5. Letakkan di Tempat yang Aman

Tips Merawat Kabel Charger HP, Supaya Berumur Panjang (Awet)

Terakhir, agar kabel charger handphone kamu tetap kuat dan bertahan, jangan menyimpan kabelnya di tempat yang terlalu panas ataupun terlalu dingin, dalam artian di suhu ruangan yang tepat. Dikarenakan suhu ekstrim mampu melemahkan serat-serat yang menjadi pelapis kabel.

Demikianlah informasi seputar tips merawat kabel charger handphone. Sebagai pengguna gadget, kamu harus bisa merawatnya, jangan hanya sekedar menggunakannya saja. Supaya kamu juga tidak banyak mengeluarkan uang untuk membeli barang baru lantaran rusak.

Cari Artikel Lainnya