Home » Kongkow » Tips & Trik » Tips Kurus yang Efektif Turunkan Berat Badan

Tips Kurus yang Efektif Turunkan Berat Badan

- Selasa, 17 November 2020 | 13:00 WIB
Tips Kurus yang Efektif Turunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, darah tinggi, dan sebagainya. Oleh karena itu, menjaga berat badan supaya tetap ideal merupakan hal yang perlu Anda lakukan. Apabila Anda punya berat badan berlebih dan ingin menurunkan berat badan, berikut adalah sejumlah tips kurus yang sehat dan efektif.

Tips kurus secara aman dan sehat

Berikut ini adalah 13 tips kurus yang efektif, sehat, dan aman. Tips kurus ini bisa diterapkan dalam keseharian Anda sehingga gaya hidup menjadi lebih sehat.

1. Batasi asupan karbohidrat

Untuk dapat menurunkan berat badan, tips kurus pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menjalani diet rendah karbohidrat. Anda dapat mengganti karbohidrat dengan serealia utuh (whole grain).Diet rendah karbohidrat dapat menekan nafsu makan. Selain itu, proses metabolisme juga akan lebih fokus membakar lemak untuk energi dibandingkan mengolah karbohidrat.

2. Sarapan secara rutin

Sarapan akan memberikan asupan nutrisi penting bagi tubuh. Melewatkan sarapan akan menyebabkan lapar seharian yang justru membuat Anda terus-menerus ngemil atau makan siang dalam porsi berlebihan.Konsumsi telur atau sumber proten tinggi lainnya merupakan makanan yang disarankan untuk sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan telur (tanpa karbohidrat) dapat membantu menurunkan kalori dan lemak tubuh.

3. Makan tepat waktu

Makan tepat waktu setiap harinya membantu membakar kalori dengan efektif. Kebiasaan ini juga dapat mencegah Anda dari konsumsi camilan yang tinggi lemak dan gula.

4. Konsumsi buah dan sayuran

Sayur-mayur dan buah-buahan tidak hanya rendah lemak dan kalori, tapi juga tinggi akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Menambah porsi buah dan sayuran dalam menu makanan Anda merupakan tips kurus yang sangat direkomendasikan.

5. Konsumsi makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi dapat membuat kenyang lebih cepat sehingga membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Selain itu, serat juga bermanfaat memperlancar dan menjaga kesehatan pencernaan.

6. Minum banyak air putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal penting yang perlu Anda lakukan setiap harinya. Minum air putih bisa menjadi pilihan terbaik sebagai tips kurus karena air tidak mengandung gula atau kalori yang berisiko meningkatkan berat badan.Minum air putih setengah jam sebelum makan dipercaya dapat membantu membakar kalori lebih banyak.

7. Gunakan tempat makan lebih kecil

Menggunakan wadah atau tempat makan yang lebih kecil akan mempermudah Anda dalam mengatur porsi makanan. Anda akan lebih terbiasa mengambil porsi makanan lebih kecil dan secara bertahap menyesuaikan diri dengan porsi tersebut.

8. Makan perlahan

Tips kurus lain yang bisa Anda lakukan adalah makan secara perlahan dan berhenti makan sebelum merasa kenyang.Diperlukan waktu 20 menit bagi perut untuk mengirim sinyal kenyang pada otak. Dengan makan perlahan, Anda bisa tetap kenyang walaupun porsi makanan yang dikonsumsi lebih sedikit dari biasanya.

9. Jangan membuat pantangan

Membuat pantangan makanan tertentu malah dapat menyebabkan Anda semakin menginginkannya. Namun, Anda juga perlu mengatur porsi setiap makanan yang dikonsumsi supaya tidak melebihi jumlah kalori harian yang diperbolehkan.

10. Pilih jenis camilan sehat

Menyediakan camilan sah-sah saja, tapi perhatikan jenis camilan yang disediakan. Jangan menyimpan stok camilan junk food, makanan olahan, atau minuman tinggi gula dan kalori agar Anda dapat terhindar dari godaannya.

11. Hindari minuman alkohol

Minuman beralkohol memiliki jumlah kalori yang tinggi. Seiring waktu, konsumsi minuman beralkohol secara rutin dapat menyebabkan pertambahan berat badan yang signifikan. Oleh karena itu, salah satu tips kurus yang efektif adalah menghindari minuman beralkohol sepenuhnya.

12. Rencanakan jadwal makan

Buatlah jadwal makan yang baik, mulai dari sarapan, makan malam, serta camilan di antara jam makan beserta porsinya. Jangan lupa menghitung jumlah kalori harian agar tidak melebihi yang diperbolehkan.

13. Berolahraga

Berolahraga adalah tips kurus yang tidak boleh dilewatkan. Olahraga dapat membakar kelebihan kalori dan menjaga tubuh tetap sehat.Jenis olahraga yang disarankan adalah jalan kaki, joging, lari, bersepeda, dan berenang. Sebaiknya Anda dianjurkan berolahraga 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Cari Artikel Lainnya