Home » Kongkow » Tips & Trik » Tetap Produktif Selama Puasa, Ini Kuncinya

Tetap Produktif Selama Puasa, Ini Kuncinya

- Selasa, 30 April 2019 | 11:00 WIB
Tetap Produktif Selama Puasa, Ini Kuncinya

Ramadan sebentar lagi tiba. Anda yang akan menjalankan puasa tapi tetap bekerja harus bersiap mengubah beberapa kebiasaan, termasuk pola makan. Anda tentu tidak bisa makan di jam-jam sibuk seperti biasanya. Hal ini nantinya bisa mempengaruhi produktivitas Anda dalam bekerja.

Nah, bagaimana caranya supaya Anda tetap dapat berpuasa dan bekerja, tapi tetap produktif seperti biasanya? Berikut ini lima tips berpuasa aman yang tak akan mengganggu tingkat produktivitas kerja Anda. Selamat mencoba!

Hindari tidur siang di kantor

Anda mungkin saja merasa kelelahan dan membutuhkan lebih banyak istirahat di masa puasa. Meski demikian, hindari tidur siang di kantor. Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga kecil, mencuci muka di wastafel, maupun menyemprotkan parfum kesukaan Anda agar tetap segar dan bersemangat dalam menjalani hari.

Buat prioritas

Ketika menjalankan puasa, tubuh Anda akan mengalami sedikit perubahan dan menjadi kurang bertenaga. Oleh karenanya, susunlah daftar hal-hal yang harus Anda selesaikan tiap harinya. Sebab, bisa jadi produktivitas Anda terganggu.Dengan membuat daftar prioritas semacam ini, Anda bisa tetap produktif seperti sedia kala, sebelum berpuasa.

Pilih tempat yang tenang

Berpuasa membuat asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tertunda. Akibatnya, konsentrasi Anda pun bisa terganggu. Agar tetap produktif, pilihkah tempat bekerja yang tenang, agar Anda bisa meningkatkan konsentrasidan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Pastikan Anda dapat menemukan tempat yang kondusif untuk bekerja selama bulan puasa nanti ya.

Dengarkan musik yang upbeat

Musik memang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita semua dan didengarkan di hampir segala suasana, termasuk ketika bekerja. Dengarkanlah musik bertempo cepat atau upbeat. Anda akan menjadi lebih produktif dan bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan dan tidak stres menjalani puasa. Pastikan pula perangkat audio yang Anda pakai adalah perangkat yang berkualitas baik, supaya musik yang didengarkan pun jadi lebih enak di telinga.

Konsumsilah banyak air putih selama Anda tidak berpuasa

Minumlah banyak air putih ketika Anda berbuka puasa dan selama jam-jam tersebut. Minum banyak air putih dipercaya dapat membuat wajah selalu tampak segar dan menjaga tubuh Anda terhidrasi sehingga terhindarkan dari rasa lemas yang berlebihan ketika berpuasa. Hindari kopi. Minuman ini kopi dapat membuat Anda dehidrasi dan merasa cepat haus.

Cari Artikel Lainnya