Home » Kongkow » Travel » Taman Nasional Baluran, Destinasi yang Populer di Jawa Timur

Taman Nasional Baluran, Destinasi yang Populer di Jawa Timur

- Senin, 12 September 2022 | 16:00 WIB
Taman Nasional Baluran, Destinasi yang Populer di Jawa Timur

Pemandangan ala savana Afrika yang ternyata ada di Jawa Timur ini menjadi daya tarik utama Taman Nasional Baluran. Baluran terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau liburan ke Banyuwangi. Wisata baluran adalah hamparan padang rumput yang amat luas. Luas savana baluran ini mencapai sepertiga dari luas keseluruhn taman nasional, yaitu 10.000 hektar. Savana baluran ini adalah savana terluas yang dimiliki Pulau Jawa.

Kalian bisa menikmati savana ala Afrika di Baluran, juga bisa bertemu dengan satwa liar termasuk rusa-rusa yang lucu, dan berfoto dengan lanskap yang magis di di Savana Bekol, hingga mampir ke Pantai Bama yang tak jauh dari sana.

Terletak di Gerbang Masuk Taman Nasional Baluran, Randu Agung, Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374. 

Rincian biaya masuk yang dipungut di Taman Nasional Baluran Jawa Timur :

  • Harga tiket masuk pada hari biasa (hari biasa terhitung mulai hari senin hingga hari jum’at)

Pengunjung domestik / wisatawan lokal : Rp.15.000 sedangkan Wisatawan manca negara : 10 kali lipat, yakni Rp. 150.000

Tarif parkir untuk hari tersebut :

Pengendara roda 2 : Rp. 5.000, Pengendara roda 4 : Rp. 10.000.00, dan Pengendara roda 6 (bus) : Rp. 50.000

  • Harga tiket masuk weekend atau hari libur (tanggal merah)

Wisatawan lokal : Rp. 17.500 sedangkan Wisatawan manca negara : Rp. 225.000

Tarif parkir untuk hari-hari tersebut, naik menjadi :

Pengendara roda 2 : Rp. 7.500, Pengendara roda 4 : Rp. 15.000, dan Pengendara roda 6 : Rp. 75.000

Untuk mencapai ke Taman Nasional Baluran, Anda bisa naik beragam moda transportasi. Pertama, yang pasti Anda harus berada di kawasan Kabupaten Banyuwangi atau Kabupaten Situbondo terlebih dahulu.

Bila melewati Banyuwangi, Anda bisa turun di stasiun terakhir. Bisa juga turun dari Bandara Banyuwangi, serta Pelabuhan ASDP Ketapang bila naik kapal ferry.

Sementara jalur Situbondo bisa dilalui dengan jalur darat dari arah jalan raya Pantura.

Bila sudah sampai di Sutubondo atau Banyuwangi, khusus jalur darat menuju Taman Nasional Baluran, Anda harus menggunakan jalur transportasi darat menggunakan jasa transportasi travel mobil, bus, atau motor.

Beberapa pembagian wilayah tempat wisata Taman Nasional Baluran seperti berikut :

  • Hutan Musim

Wilayah ini dinamakan hutan musim karena tempat ini berubah sesuai musim yang ada. Pada musim penghujan, hutan ini akan terlihat rimbun dan menghijau, namun pada musim kemarau, hijaunya dedaunan tidak akan tampak, dan berubah warna menjadi kuning bahkan rontok.

  • Hutan Evergreen

Hutan ini akan selalu terlihat hijau di sepanjang tahun dan sepanjang musim. Hutan evergreen terletak di atas tanah yang subur karena lapisan tanahnya yang selalu dibasahi air. Di tempat ini, terdapat aliran air atau sungai yang terus mengalir sehingga membuat kawasan evergreen ini terus tumbuh subur.

  • Padang Rumput ( Savana Bekol )

Hewan-hewan yang berkeliaran kesana kemari menjadi pemandangan indah tersendiri bagi pengunjung. Anda bisa menyaksikan padang rumput lebih jauh lagi melalui menara pandang. Menara setinggi 30 meter ini membantu Anda untuk melihat-lihat view dengan jarak yang lebih jauh.

  • Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Pantai Bama ini berada sejauh 3 kilometer dari lokasi padang savana bekol. Anda dapat meneruskan perjalanan dari padang rumput, mengikuti arah jalan yang ada. Pantai Bama memiliki pemandangan yang tak kalah seru dibanding pantai lain di Jawa Timur. Pantai ini sudah menyediakan fasilitas lengkap termasuk penginapan. 

Nah itulah pernjelasan lengkap tentang Taman Nasional Baluran, semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya