Home » Kongkow » kongkow » Tak lolos SBMPTN 2019? Ini Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Tak lolos SBMPTN 2019? Ini Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

- Sabtu, 20 Juli 2019 | 09:01 WIB
Tak lolos SBMPTN 2019? Ini Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Tak lolos SBMPTN 2019? Ini Daftar 10 <a href=Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti " id="article-img-header-29221" src="https://d3hctp6gkh4e3f.cloudfront.net/prod/7xjqxhpg0ou8add3luoe" style="height:267px; width:400px" />

Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah keluar, hanya 148.066 peserta saja yang dinyatakan lulus dari total 714.652 pendaftar SBMPTN. Bagi yang tidak lolos seleksi SBMPTN kali ini, tak perlu berkecil hati, karena selain kampus negeri terfavorit yang jadi incaran banyak calon mahasiswa, masih ada universitas swasta yang sama-sama telah menghasilkan banyak lulusan terbaik di bidangnya. 

Apa saja universitas swasta terbaik di Indonesia tersebut? Yuk, simak daftarnya versi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berikut ini!

1. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) tersebar di beberapa wilayah di Yogyakarta, dengan gedung utamanya yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 14,5. Jurusan favorit di UII antara lain komunikasi dan studi Agama Islam.

2. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta
Kampus ini memiliki dua gedung perkuliahan yag berlokasi di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan dan Pluit, Jakarta Utara. Jurusan favorit di kampus ini antara lain ilmu hukum dan psikologi.

3. Universitas Telkom, Bandung
Kalau untuk kampus negeri di Bandung yang jadi favorit itu adalah ITB dan Universitas Padjajaran, maka Universitas Telkom yang berlokasi di Jalan Terusan Buahbatu, Bandung, ini menduduki peringkat kampus swasta terbaik ketiga di Indonesia lho. Tertarik mengambil studi teknologi komunikasi yang jadi favorit di sini?

4. Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta
Selain dua kampus di Jakarta, UNIKA Atma Jaya juga ada di Jogja. Namun kampus Yogyakarta ini sekarang telah memisahkan diri dari UNIKA Atma Jaya Jakarta dan berada di bawah Yayasan Slamet Rijadi sebagai lembaga pendidikan independen. Jurusan favorit di sini adalah Ilmu Komunikasi.
 
5. Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
Satu lagi kampus swasta terbaik di Indonesia yang berada di Kota Kembang. Bagi para calon mahasiswa program ekonomi dan bisnis, Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di Ciumbuleuit Bandung ini bisa menjadi alternatif yang layak banget dipertimbangkan.

6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Populer dengan sebutan Kampus Putih, Universitas Muhammadiyah Malang ini berada di posisi keenam universitas swasta terbaik versi kemenristekdikti. Saat ini jurusan kedokteran masih menjadi jurusan terfavorit di Universitas Muhammadiyah Malang ini.

7. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Sama seperti ‘saudaranya’ di Malang, di UMS prodi pendidikan dokter juga menjadi jurusan paling diminati. Menyusul setelahnya adalah prodi Farmasi, Ekonomi Manajemen, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

8. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang
Jurusan arsitektur paling banyak diminati calon mahasiswa baru di UNIKA Soegijapranata di Semarang ini. Selain itu ada juga prodi psikologi, teknologi pangan dan ekonomi yang gak kalah ramai peminat.

9. Universitas Bina Nusantara, Jakarta
Nama besar kampus Universitas Bina Nusantara yang juga dikenal dengan sebutan Binus ini sudah tidak diragukan lagi. Memiliki lima gedung yang tersebar di wilayah berbeda, keunggulan Universitas Binus adalah ketersediaan program kuliah satu gelar dan gelar ganda (double degree) di setiap jenjangnya.

10. Universitas Kristen Petra, Surabaya
Universitas Kristen Petra (UKP) merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Surabaya yang membuka program studi Sastra Tionghoa dan sudah mendapatkan akreditasi A. Selain itu jurusan manajemen bisnis dan Desain Komunikasi Visual (DKV) juga banyak diminati calon mahasiswa baru yang mendaftar.

Bagaimana, Anda menemukan jurusan incaran di kampus-kampus swasta terbaik se-Indonesia versi Kemenristekdikti ini? Yuk, siap-siap mendaftar dan kunjungi website masing-masing universitas untuk info lebih lanjut!

Cari Artikel Lainnya