Home » Kongkow » Materi » Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap Keterangan Gambar HD

Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap Keterangan Gambar HD

- Kamis, 14 Maret 2019 | 11:00 WIB
Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap Keterangan Gambar HD

 Kali ini akan membahas tentang tabel periodik unsur kimia lengkap dengan keterangannya + Gambar tabel periodik hd (high quality). Diartikel ini juga akan dijelaskan secara tersusun mulai dari pengertian, contoh tabel periodik secara umum, dan juga metode pengelompokan tabel periodik.

Pengertian Tabel Periodik

Tabel periodik ialah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom atau jumlah proton dalam inti atom, konfigurasi elektron, dan keberulangan sifat kimia.

Tabel terbagi menjadi empat blok :

  1. Blok -s
  2. Blok -p
  3. Blok -d
  4. Blok -f

Keterangan :

  • Secara umum, pada satu periode (baris), di sebelah kiri bersifat logam, dan di sebelah kanan bersifat non-logam.
  • Baris pada tabel tersebut disebut periode, sedangkan kolom disebut golongan.

Tabel Periodik Modern :

tabel periodik modern

tabel periodik modern

Contoh : Unsur golongan 17 yaitu halogen dan golongan 18 ialah gas mulia. Tabel periodik bisa dipakai untuk menurunkan hubungan antara sifat-sifat unsur, dan memperkirakan sifat unsur baru yang belum ditemukan. Tabel periodik memberikan kerangka kerja untuk melakukan analisis pada perilaku kimia, dan banyak dipakai pada bidang kimia dan ilmu lainnya.

Metode Pengelompokan

Pada metode pengelompokan terbagi menjadi empat kelompok, yaitu

  1. Golongan
  2. Periode
  3. Blok
  4. Logam, Metaloid dan Nonlogam

1. Golongan

Golongan atau famili ialah kolom vertikal pada tabel periodik. Golongan biasanya memiliki tren periodik yang lebih bermakna daripada golongan periode dan blok, yang akan dijelaskan kemudian. Teori mekanika kuantum modern dari struktur atom menjelaskan tentang unsur-unsur yang berada pada golongan yang sama mempunyai konfigurasi elektron yang sama pada kulit valensinya.

Akibatnya, unsur-unsur pada golongan yang sama cenderung mempunyai sifat serta tren yang jelas sejalan dengan kenaikan nomor atom. Akan tetapi, dalam beberapa bagian tabel periodik, seperti blok-d dan blok-f, kesamaan horisontal itu lebih penting, ataupun lebih jelas daripada kesamaan vertikalnya

Contoh golongan tabel periodik

golongan tabel periodik

golongan tabel periodik

2. Periode

Periode ialah baris horizontal pada tabel periodik. Walaupun golongan lebih pada menggambarkan tren periodik, Akan tetapi ada beberapa bagian di mana tren horizontal lebih signifikan daripada tren vertikal. Misalnya pada blok-f, di mana lantanida dan aktinida membentuk dua seri unsur horizontal yang substansial

Contoh periode tabel periodik

periode tabel periodik

periode tabel periodik

Unsur-unsur pada periode yang sama menunjukkan tren energi ionisasijari-jari atom, afinitas elektron, dan elektronegativitas. Dari kiri ke kanan pada periode yang sama, jari-jari atom biasanya menyusut.

Hal ini terjadi dikarenakan masing-masing unsur yang berurutan menambah proton maupun elektron, yang menyebabkan elektron tertarik lebih dekat pada inti atom. Penurunan jari-jari atom ini yang menyebabkan energi ionisasi meningkat dari kiri ke kanan pada satu periode.

Semakin kuat ikatan suatu unsur, maka semakin banyak energi yang di butuhkan untuk melepas elektron. Elektronegativitas meningkat sesuai dengan kenaikan energi ionisasi dikarenakan elektron tertarik ke inti atom.

Afinitas elektron juga menunjukkan bahwa kecenderungan serupa pada periode yang sama. Logam (periode sebelah kiri) umumnya memiliki afinitas elektron yang lebih rendah daripada non logam (periode sebelah kanan), dengan pengecualian pada gas mulia

3. Blok

Bagian tertentu pada tabel periodik bisa dirujuk sebagai blok sesuai dengan urutan pengisian kulit elektron unsur-unsurnya. Masing-masing blok diberi nama yang sesuai dengan sub kulit tempat elektron terakhir berada

Contoh blok tabel periodik

blok tabel periodik

blok tabel periodik

  • Blok-s terdiri dari dua golongan pertama yaitu logam alkali dan alkalil tanah ditambah hidrogen dan helium.
  • Blok-p terdiri atas enam golongan terakhir, yaitu golongan 13 hingga 18 sesuai dengan IUPAC (3A hingga 8A sesuai penamaan Amerika), dan mengandung, sebagian besar metaloid. Blok-d terdiri atas golongan 3 hingga 12 (atau golongan 3B sampai 2B dalam penggolongan sistem Amerika) dan seluruhnya yaitu berupa logam transisi.
  • Blok-f, seringnya diletakkan di bawah tabel utama, tidak mempunyai nomor golongan dan terdiri atas lantanida dan aktinida.

4. Logam, Metaloid, dan Nonlogam

Sesuai dengan sifat fisika dan kimianya, unsur bisa diklasifikasikan ke dalam tiga kategori besar yaitu logam, metaloid dan nonlogam

tabel periodik logam

tabel periodik logam, metaloid dan nonlogam

Logam umumnya berkilau, padatan konduktivitas tinggi, bisa membentuk aloy dengan logam lainnya dan membentuk senyawa ion serupa garam dengan nonlogam atau selaingas mulia. Sebagian besar nonlogam yaitu berupa gas berwarna ataupun tak berwarna.

Nonlogam yang membentuk senyawa dengan nonlogam yang lainnya berikatan secara kovalen. Di antara logam dan nonlogam ada metaloid, yang memiliki sifat di antara logam dan nonlogam ataupun campuran keduanya

Logam dan nonlogam bisa diklasifikasikan lebih lanjut dalam subkategori yang menunjukkan gradasi sifat dari logam ke nonlogam, untuk unsur-unsur pada periode yang sama. Logam terbagi ke dalam logam alkali yang reaktif, lantanida dan aktinida, logam alkali tanah yang kurang reaktif, logam transisi, dan terakhir logam pasca-transisidengan sifat fisika dan kimia paling lemah.

Nonlogam dibagi menjadi nonlogam poliatomik, yang lebih mirip dengan metaloid; nonlogam diatomik, yang merupakan nonlogam esensial dan gas mulia monoatomik, yang merupakan nonlogam dan hampir inert sempurna. Penggolongan terspesialisasi logam refraktori dan logam mulia, yang merupakan logam transisi, juga diketahui dan terkadang dicantumkan.

Tabel Periodik Unsur Kimia

Di bawah ini akan di tampilkan gambar tabel periodik unsur kimia lengkap yang meliputi nama-nama unsur, simbol beserta keterangannya

tabel periodik unsur kimia

tabel periodik unsur kimia

Keterangan:

No atom Unsur Kimia Simbol
1 hidrogen H
2 helium He
3 lithium Li
4 beryllium Be
5 boron B
6 carbon C
7 nitrogen N
8 oxygen O
9 fluorine F
10 neon Ne
11 sodium Na
12 magnesium Mg
13 aluminum Al
14 silicon Si
15 phosphorus P
16 sulfur S
17 chlorine Cl
18 argon Ar
19 potassium K
20 calcium Ca
21 scandium Sc
22 titanium Ti
23 vanadium V
24 chromium Cr
25 manganese Mn
26 iron Fe
27 cobalt Co
28 nickel Ni
29 copper Cu
30 zinc Zn
31 gallium Ga
32 germanium Ge
33 arsenic As
34 selenium Se
35 bromine Br
36 krypton Kr
37 rubidium Rb
38 strontium Sr
39 yttrium Y
40 zirconium Zr
41 niobium Nb
42 molybdenum Mo
43 technetium Tc
44 ruthenium Ru
45 rhodium Rh
46 palladium Pd
47 silver Ag
48 cadmium Cd
49 indium In
50 tin Sn
51 antimony Sb
52 tellurium Te
53 iodine I
54 xenon Xe
55 cesium Cs
56 barium Ba
57 lanthanum La
58 cerium Ce
59 praseodymium Pr
60 neodymium Nd
61 promethium Pm
62 samarium Sm
63 europium Eu
64 gadolinium Gd
65 terbium Tb
66 dysprosium Dy
67 holmium Ho
68 erbium Er
69 thulium Tm
70 ytterbium Yb
71 lutetium Lu
72 hafnium Hf
73 tantalum Ta
74 tungsten W
75 rhenium Re
76 osmium Os
77 iridium Ir
78 platinum Pt
79 gold Au
80 mercury Hg
81 thallium Tl
82 lead Pb
83 bismuth Bi
84 polonium Po
85 astatine At
86 radon Rn
87 francium Fr
88 radium Ra
89 actinium Ac
90 thorium Th
91 protactinium Pa
92 uranium U
93 neptunium Np
94 plutonium Pu
95 americium Am
96 curium Cm
97 berkelium Bk
98 californium Cf
99 einsteinium Es
100 fermium Fm
101 mendelevium Md
102 nobelium No
103 lawrencium Lr
104 rutherfordium Rf
105 dubnium Db
106 seaborgium Sg
107 Bohrium Bh
108 Hassium Hs
109 meitnerium Mt
110 Darmstadtium Ds
111 Roentgenium Rg
112 Copernicium Cn
113 Ununtrium Uut
114 Ununquadium Uuq
115 Ununpentium Uup
116 Ununhexium Uuh
117 Ununseptium Uus
118 Ununoctium Uuo
Cari Artikel Lainnya