Home » Kongkow » Film » Sinopsis Kung Fu Hustle, Film Keluarga yang Hampir Mengisi Liburanmu

Sinopsis Kung Fu Hustle, Film Keluarga yang Hampir Mengisi Liburanmu

- Senin, 26 Oktober 2020 | 11:13 WIB
Sinopsis Kung Fu Hustle, Film Keluarga yang Hampir Mengisi Liburanmu

Kung Fu Hustle merupakan film laga komedi dengan latar China tahun 1940-an yang mengisahkan perubahan sikap Sing (Stephen Chow) yang amat baik ketika kecil dan menjadi jahat bahkan kriminal ketika dewasa.

Kondisi membuat Sing ingin menjadi anggota geng kapak merah yang dikuasai Sum (Danny Chan). Geng tersebut ingin mencoba menguasai kota dan menghabisi semua orang yang hendak menghalangi rencana mereka.

Demi menjadi anggota, beberapa tantangan harus dilalui. Tantangan pertama adalah mencuri. Sing bersama sahabatnya, Bone, berhasil melewati tantangan itu.

Tantangan meningkat. Kali ini, mereka harus bisa membebaskan pendekar mematikan, The Beast (Bruce Leung Siu Lung), yang berada di rumah sakit jiwa. Proses tak semulus tantangan pertama. Saat hendak melepaskan sang pendekar, Sing malah jadi babak belur.

Hidupnya berhasil diselamatkan berkat pasangan suami istri yang ahli kungfu. Mereka kemudian merawat Sing. Belum lagi sempat fokus pada rencana awal, Sing kini dihadapkan dengan lawan yang lebih bengis.

Kung Fu Hustle pertama kali tayang di Hong Kong pada 23 Desember 2004. Beberapa aktor ternama lainnya turut membintangi film ini seperti Xiaogang Feng, Wah Yuen, Zhihua Dong, dan Danny Kwok-Kwan Chan.

Film yang dibuat dengan budget US$20 juta itu meraup untung hingga US$102,8 juta dari box office dunia.

Kung Fu Hustle menuai sejumlah penghargaan di ajang penghargaan Hong Kong Film Awards di tahun 2005. Film ini berhasil membawa pulang penghargaan dari nominasi aktor pendukung, sinematografi, editing, desain suara dan spesial efek terbaik.

Berikut ini nama-nama pemain utama film Kungfu Hustle

  • Stephen Chow sebagai Sing, seorang pecundang yang berminat menjadi anggota geng kapak. Ia berbuat jahat untuk mempertegas citra "orang jahat" tetapi perbuatannya gagal semua.

  • Tin Kai-man sebagai penasihat Kakak Sum sekaligus bendahara geng kapak. Ia adalah orang yang pintar tetapi akalnya kurang sehat, terlihat saat ia menuangkan arak di rambut Kakak Sum yang terbakar.

  • Yuen Qiu sebagai Ibu Juragan. Seseorang yang egois dan sok berkuasa (padahal sebenarnya berkepribadian lembut dan baik hati), ia adalah seorang perokok berat bersuara nyaring sebagai efek samping dari jurus Auman Singa yang mampu memecahkan kaca, merobek acian tembok, dan membuat orang terbang seperti boneka. Dalam suatu adegan dimana ia kejar-kejaran dengan Sing, kecepatan larinya luar biasa cepat.

  • Yuen Wah sebagai Bapak Juragan, yang bejat dan tukang cari masalah. Di sisi lain, ia akrab sekali dengan penghuni rumah susun, kadang kala mendapat berbagai hadiah dari penghuninya seperti bubur dan kue gratis dari Donat, meskipun ini adalah percobaannya untuk menurunkan sewa.

  • Danny Chan sebagai Kakak Sum, ketua geng kapak. Sum adalah orang yang paling kejam di antara anggota geng kapak, tetapi di sisi lain, ia adalah orang yang pemalas. Usut punya usut, Sum ternyata adalah orang yang cukup lemah setelah kepalanya ditabok Sing, menyebabkan kepalanya berdarah dan ia sendiri menangis. Sum dibunuh oleh Beast setelah wajahnya ditabok begitu keras sehingga kepala Sum bisa berputar (minimal) 520 derajat.

  • Bruce Leung sebagai Beast, seorang jagoan kung fu, kabarnya adalah orang paling berbahaya yang pernah ada, tetapi keahliannya disamarkan dengan penampilannya yang sembarangan. Karena telah membunuh banyak orang, ia dimasukkan ke rumah sakit jiwa, sampai Sing membebaskannya. Di akhir film, ia menggunakan jurus katak.

  • Xing Yu sebagai Kuli, seorang kuli panggul yang ahli jurus Tendangan 12 Penjuru. Ia tidak pakai senjata dalam bertarung dan adalah lawan kata dari si tukang jahit, memiliki kekuatan badan bagian bawah yang luar biasa.

  • Chiu Chi-ling sebagai Peri, tukang jahit banci yang ahli jurus Tinju Besi, bertarung dengan cincin besi di lengannya.

  • Dong Zhihua sebagai Donat, seorang tukang roti di Rusun Kandang Babi yang merupakan ahli kung fu yang telah pensiun. Jurus andalannya adalah jurus Tongkat Delapan Penjuru. Ia memiliki kelincahan yang luar biasa, bisa menangkis tendangan dari si kuli yang bisa membuat sendi bergeser.

  • Lam Chi-chung sebagai Bone, kawan setia Sing yang gendut, pemalas dan bodoh.

  • Eva Huang sebagai Fong, perempuan kesukaan Sing yang bisu. Di masa kecilnya, ia pernah diselamatkan oleh Sing dari segerombol berandalan yang memukuli dan mengencinginya. Sejak itu, ia memandang Sing sebagai seorang pahlawan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya