Home » Kongkow » Tematik » Sahabat Pelangi: Karung Terdampar, Materi Belajar dari Rumah untuk SD Kelas 1 - 3

Sahabat Pelangi: Karung Terdampar, Materi Belajar dari Rumah untuk SD Kelas 1 - 3

- Rabu, 04 November 2020 | 08:00 WIB
Sahabat Pelangi: Karung Terdampar, Materi Belajar dari Rumah untuk SD Kelas 1 - 3

Materi Belajar dari Rumah melalui TVRI untuk teman-teman SD kelas 1 - 3 hari ini adalah tayangan Sahabat Pelangi, yang berjudul Karung Terdampar.

Ada cerita apa lagi yang akan dialami oleh para Sahabat Pelangi, Wayan, Chandra, Martha, dan Nisa, ya?

Hari ini Wayan, Chandra, Nisa dan Martha mengajarkan kita untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang diperbuat.

Belajar dari kisah Wayan dan Chandra yang sedang bermain bola namun bola yang ditendang Wayan menyangkut ke semak-semak. Sayangnya, Wayan dan Chandra saling menyalahkan satu sama lain mengenai bola yang tertendang sampai ke semak-semak dan tidak mau mengambilnya.

Keduanya pun tidak mau mengalah untuk mengambil bola yang tersangkut di semak-semak, sampai akhirnya Martha dan Nisa melihat wayan dan Chandra seperti sedang bertengkar mengenai siapa yang akan mengambil bola.

Nisa dan Martha yang menghampiri Wayan dan Chandra di lapangan pun melihat keduanya sedang bertengkar. Lalu Nisa pun melerai perdebatan keduanya dan meminta Wayan yang mengambil bolanya.

Namun siapa sangka Wayan justru merasa kedua teman perempuannya itu membela Chandra. Akan tetapi Martha pun meluruskan maksudnya hanya agar bolanya kembali. Nisa dan Martha menasihati Wayan untuk mengambil bola di semak-semak agar mereka bisa kembali bermain.

Akhirnya Wayan pun mengalah dan mau mengambil bola yang menyangkut disemak-semak itu. Akan tetapi ia kembali berpikir bagaimana caranya mengambil bola di tengah semak berduri itu.

Akhirnya, mereka sepakat bahwa yang mengambil bola adalah Wayan, namun teman-teman yang lain harus membantu, yaitu dengan mencari galah untuk mengambil bola. Ketika sedang mengambil bola ke tengah semak-semak, Wayan menemukan sebuah karung.

Bukannya mengambil bola, Wayan justru mengambil karung yang ada di tengah semak-semak. Ia merasa itu adalah harta karun tapi ternyata ketika dibuka hanyalah karung berisi sampah. 

Saat Sahabat Pelangi sedang bermain bola di taman, ternyata ada Babe yang sedang mencari karung di sekitar semak-semak. Babe yang melihat Wayan, Chandra, Nisa, dan Martha kemudian meminta bantuan untuk membantunya mencarikan dompet miliknya. 

Beruntung Babeh menceritakan kondisinya ke Wayan dan teman-temannya. Sehingga mereka langsung teringat karung yang dibuang oleh Wayan ke tempat sampah, dan mereka pun memberi tahu si Babeh.

Akhirnya mereka pun menuju tong sampah tempat karung sampah tadi dibuang, dan ternyata dompet Babe benar ada di dalam karung sampah itu. Sebagai bentuk terima kasih karena sudah menemukan dompet Babe, maka Babe pun memberikan hadiah untuk Wayan, Chandra, Nisa, dan Martha.

Jadi nilai moral dari materi Sahabat Pelangi hari ini adalah kita harus belajar bertanggung jawab atas apa yang sudah kita perbuat.

Soal dan Pembahasan

1. Mengapa kita harus mengalah untuk kebaikan?

Karena dengan begitu tidak akan ada perdebatan antar sahabat seperti yang ditunjukkan dalam tayangan tersebut.

2. Apa manfaat belajar bertanggung jawab? 

Manfaat dari belajar tanggung jawab adalah

- Dihormati dan disegani orang

- Tanggung jawab merupakan jalan menuju kesuksesan

- Dapat dipercaya banyak orang

- Menumbuhkan rasa disiplin tinggi

- Dapat menghargai waktu

 

3. Apa akibat jika Wayan dan teman-temannya tidak mau bekerja sama?

Maka bola yang ingin mereka ambil tidak akan berhasil didapatkan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya