Home » Kongkow » Matematika » Rumus-rumus Bilangan Berpangkat

Rumus-rumus Bilangan Berpangkat

- Sabtu, 07 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Rumus-rumus Bilangan Berpangkat

Hai Otakers,, matematika adalah salah satu ilmu yang diam-diam memiliki manfaat atau kegunaan yang sangat penting terutama bagi para ilmuan-ilmuan. Mungkin diantara kalian sudah pernah belajar mengenai bilangan berpangkat atau mungkin juga ada yang belum pernah sama sekali.

Tetapi jika kalian minimal sekarang sudah duduk di bangku SMP pasti sudah pernah mempelajari materi bilangan berpangkat.Tetapi jika kalian minimal sekarang sudah duduk di bangku SMP pasti sudah pernah mempelajari materi bilangan berpangkat.

Pengertian Bilangan Berpangkat

Bilangan berpangkat adalah bilangan yang berfungsi untuk menyederhanakan  penulisan dan penyebutan suatu bilangan yang memiliki faktor-faktor perkalian yang sama. 

Contoh: 3x3x3x3x3=… atau 7x7x7x7x=…

Perkalian bilangan-bilangan dengan faktor-faktor yang sama seperti ini biasa disebut sebagai perkalian berulang. Bayangkan jika yang dikalikan angkanya sangat banyak, maka kita pun juga akan sangat ribet dalam menulisnya karena sangking banyaknya untuk satu kali bilangan perkalian tersebut. Setiap perkalian berulang dapat dituliskan secara ringkas dengan menggunakan notasi angka bilangan berpangkat.  Contoh:

3x3x3x3x3 ini dapat kita ringkas menggunakan bilangan berpangkat menjadi 35

8x8x8x8x8x8x8x8x8x8 dapat diringkas dengan bilangan berpangkat menjadi 810

Pangkat diatas berfungsi untuk menentukan jumlah faktor yang di ulang.

Rumus bilangan berpangkat adalah  “an=a×a×a×a…sebanyak n kali“.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya