Home » Kongkow » Fisika » Prinsip Kerja Periskop Sebagai Alat Optik

Prinsip Kerja Periskop Sebagai Alat Optik

Prinsip Kerja Periskop Sebagai Alat Optik

Periskop merupakan alat optik untuk mengamati suatu objek dari posisi tersembunyi. Manfaat periskop adalah dapat membantu melihat posisi yang sulit dijangkau, misalnya untuk melihat permukaan laut dari dalam kapal selam, atau melihat bagian dalam organ tubuh.

Prinsip Kerja Alat Optik Periskop

Sebuah periskop bekerja berdasarkan prinsip rekleksi cahaya, dengan menggunakan dua cermin datar untuk memantulkan cahaya dari satu tempat ke tempat lain. Periskop menggunakan 2 cermin datar pada sudut 45 derajat untuk mengarahkan cahaya ke arah yang diinginkan pengamat. Cahaya diterima cermin pertama, kemudian memantul dari cermin pertama ke cermin kedua. Dengan menggunakan dua cermin tersebut akan menghasilkan bayangan yang bersifat maya, sama besar dan tegak lurus.

Baca juga: Cara Kerja Proyektor Sebagai Alat Optik

Selain cermin datar, Periskop juga menggunakan lensa (lensa objektif dan lensa okuler).

Lensa objektif: Lensa objektif terletak di bagian atas periskop. Lensa objektif adalah lensa yang letaknya paling dekat dengan benda yang diamati.

Lensa okuler: Sementara itu, lensa okuler adalah lensa yang letaknya paling dekat dengan mata pengamat dan digunakan untuk mengintip.

Periskop sederhana hanya menggunakan cermin sebagai pemantul cahaya, sementara periskop yang lebih rumit menggunakan prisma sebagai pemantul dan bukan cermin. 

Contoh Pemanfaatan Periskop

1. Periskop pada kapal selam

Penggunaan periskop biasanya terdapat pada kapal selam. Periskop mampu mengamati objek yang letaknya tidak segaris dengan arah pandangan pengamat. Pada penggunaan kapal selam, periskop berfungsi untuk mengintai kapal-kapal musuh atau melihat benda-benda di permukaan laut ketika kapal sedang menyelam. Dengan demikian awak kapal di dalam kapal selam bisa melihat dan memantau kondisi permukaan laut. Periskop yang digunakan di kapal selam sangat kompleks dan menggunakan tabung sepanjang 10 meter untuk bida memiliki cakupan kedalaman dan sudut pandang yang lebih luas.

Baca juga: Kamera Sebagai Alat Optik Beserta Bagian-bagiannya

2. Periskop Bidik

Selain teropong kapal selam, penggunaan prinsip alat optik periskop dapat diterapkan dalam alat pembidik atau senapan. Periskop bidik merupakan alat bantu pembidik untuk mempermudah menemukan titik yang menjadi sasaran. Biasanya, pemiliki hobi senapan menggunakan alat bantu berupa periskop untuk membidik sasarannya. Selain memiliki fungsi sebagai aksesoris senapan, periskop dapat membantu pandangan mata untuk membidik sasaran. Sebab dengan adanya periskop, target yang tampak kecil dan jauh dari jarak pandang akan terlihat besar serta lebih dekat.

3. Alat Kedokteran

Kegunaan lain yang banyak digunakan untuk periskop adalah dalam bidang kedokteran. Periskop digunakan oleh dokter untuk melihat ke dalam tubuh pasien untuk mendeteksi penyakit atau luka, sebagai alternatif operasi.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya