Home » Kongkow » Materi » Persamaan dan Perbedaan Biosfer dengan Litosfer

Persamaan dan Perbedaan Biosfer dengan Litosfer

- Kamis, 19 Mei 2022 | 09:00 WIB
Persamaan dan Perbedaan Biosfer dengan Litosfer

Perbedaan utama antara biosfer dan litosfer adalah bahwa biosfer adalah bagian dari kerak dan atmosfer yang mendukung materi hidup sedangkan litosfer adalah kulit padat Bumi yang mencakup kerak dan bagian dari mantel paling atas.

Ada empat bidang utama di Planet Bumi seperti hidrosfer, biosfer, litosfer, dan atmosfer. Bola-bola ini merupakan segalanya; air, tanah, udara, dan benda hidup milik Bumi. Dengan demikian, keempat bola ini saling berhubungan satu sama lain.

Organisme hidup membutuhkan oksigen untuk bernafas, berteduh untuk hidup dan makanan untuk dimakan / bertahan hidup. Di sisi lain, tanaman membutuhkan sinar matahari dan karbon dioksida untuk menghasilkan makanan, nutrisi dan air di tanah untuk bertahan hidup dan tumbuh di darat, dll.

Baca juga: Efek Rumah Kaca Dan Proses Terjadinya Pemanasan Global

Oleh karena itu, semua organisme hidup ini berinteraksi dengan setiap lingkungan untuk kelangsungan hidup mereka. Di antara empat bidang, biosfer dan litosfer adalah dua bagian penting.

Litosfer adalah lapisan luar Bumi yang kaku, kuat secara mekanis, sedangkan biosfer adalah bagian dari Bumi dan atmosfernya yang mendukung organisme hidup.

Pengertian Biosfer

Biosfer adalah salah satu dari empat bidang Bumi yang mencakup materi hidup; bakteri, hewan, tumbuhan, jamur, dll. Ini adalah bagian dari Bumi tempat kehidupan ada. Biosfer berinteraksi dengan tiga bidang utama lainnya; hidrosfer, atmosfer, dan litosfer.

Demikian juga, tiga bidang lain mendukung komponen biosfer untuk kelangsungan hidup mereka. Organisme hidup hidup di litosfer dan memperoleh nutrisi. Mereka selanjutnya mendapatkan air dari hidrosfer. Apalagi hewan-hewan menghirup udara di atmosfer. Karenanya tanpa semua bidang ini, kehidupan tidak akan ada di Bumi.

Pengertian Litosfer

Litosfer adalah lapisan luar bumi yang keras dan kokoh yang mencakup semua jenis tanah. Oleh karena itu, ia membentuk batuan, tanah, dan mineral. Ini adalah lingkungan tempat hewan hidup, dan tanaman tumbuh.

Dengan kata sederhana, komponen-komponen biosfer bergantung dan hidup pada litosfer. Mereka melakukan semua aktivitas mereka di litosfer. Namun, begitu hewan dan tumbuhan mati, dekomposisi mereka terjadi pada litosfer dan materi yang membusuk (mineral dan nutrisi) berkontribusi pada pembaruan litosfer.

Selain itu, ada dua jenis utama litosfer; yaitu, litosfer samudera dan litosfer benua. Litosfer samudera merupakan kerak samudera sedangkan litosfer benua merupakan kerak benua. Selanjutnya, ada 15 lempeng tektonik di litosfer.

Apa Persamaan Antara Biosfer dan Litosfer?

  1. Biosfer dan Litosfer adalah dua dari empat bidang Bumi.
  2. Keduanya saling berhubungan satu sama lain.
  3. Komponen biosfer hidup di litosfer dan menyerap nutrisi dan air darinya. Selanjutnya, mereka melakukan semua aktivitas mereka di litosfer.
  4. Singkatnya, biosfer bergantung pada litosfer untuk bertahan hidup sementara litosfer bergantung pada biosfer untuk pembaruannya.

Apa Perbedaan Antara Biosfer dan Litosfer?

Biosfer termasuk bagian dari bumi yang mendukung kehidupan. Di sisi lain, litosfer adalah lapisan luar bumi yang solid yang mencakup bagian paling atas mantel dan kerak bumi. Karena itu, inilah perbedaan utama antara biosfer dan litosfer. Selain itu, perbedaan lain antara biosfer dan litosfer adalah biosfer mencakup komponen hidup sedangkan litosfer mencakup benda mati.

Selanjutnya, biosfer dan litosfer berinteraksi satu sama lain. Komponen biosfer hidup dan memperoleh nutrisi dari litosfer sedangkan materi biosfer yang terurai berkontribusi pada pembaruan litosfer.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya