Home » Kongkow » WOW » Percobaan Sains Sederhana Embun Buatan dari Es Serut

Percobaan Sains Sederhana Embun Buatan dari Es Serut

- Selasa, 03 September 2019 | 11:39 WIB
Percobaan Sains Sederhana Embun Buatan dari Es Serut

Embun adalah titik-titik air yang jatuh dari udara di malam hari. Embun merupakan uap air yang mengalami proses perubahan gas menjadi cair. Biasanya embun akan terlihat di pagi hari, di balik daun, sebelum panas matahari mengenai daun tersebut.

Percobaan Sains Sederhana Embun Buatan dari Es Serut

A.  Alat dan Bahan

  • Dua buah kaleng tanpa tutup
  • Es serut
  • Garam

B.  Cara Kerja

  • Masukkan es serut ke dalam kaleng pertama hingga hampir penuh. Tambahkan empat sendok garam.

  • Aduk rata selama kurang lebih 30 menit dan diamkan.

  • Masukkan es serut ke dalam kaleng kedua hingga hampir penuh. Tambahkan air sehingga es terendam.

C.  Hasil Percobaan

Pada kaleng pertama akan terbentuk embun beku di bagian luar kaleng, sedangkan pada kaleng kedua akan terbentuk embun di luar kaleng.

D.  Penjelasan Sains

Pada kaleng yang pertama, garam akan menyerap air dan membentuk larutan garam sehingga garam harus terlebih dahulu mencairkan es. Es akan mencair karena panas yang timbul akibat reaksi antara garam dengan es.

Pencairan es akan membuat campuran menjadi lebih dingin. Campuran air garam di dalam kaleng membuat bagian bawah kaleng membeku, sehingga embun air yang terkumpul di luar kaleng akan membeku dan terbentuk dan terbentuklah embun beku.

Pada kaleng kedua, embun terbentuk karena brcampurnya es yang mencair dengan air ketika membeku dan suhu di luar kaleng menjadi lebih hangat.

Embun akan dijumpai ketika kelembaban tinggi, di malam hari hari yang cerah dan terang. Embun terbentuk pada saat udara yang berada di dekat permukaan tanah menjadi dingin, sampai udara tidak dapat lagi menahan semua uap air. Kelebihan uap air ini akan berubah menjadi embun.

Embun beku merupakan sebuah pola dari kristal es yang terbentuk dari uap air di atas rumput, daun, atau benda-benda lain yang berada di dekat tanah.

Embun beku terbentuk terutama pada malam yang dingin dan tidak berawan, ketika suhu udara turun di bawah nol derajat celcius. yaitu suhu titik bekua air.

Cari Artikel Lainnya