Home » Kongkow » Akuntansi » Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual

Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual

Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual

Metode Dasar Tunai (Kas)

Dengan metode dasar tunai, pendapatan untuk bisnis dicatat ketika pembayaran tiba dan pengeluaran bisnis dicatat saat mereka dibayar. Uang tunai mengabaikan piutang atau utang apapun yaitu tagihan atau pembayaran yang belum dilunasi. Metode ini intuitif dan mudah diterapkan.

Metode Akrual

Akuntansi metode akrual (accrual) adalah pencatatan uang ketika ditagih dan diperoleh, terlepas dari kapan uang benar-benar masuk ke akun.

Kamu mungkin harus mencatat pendapatan sebelum Kamu benar-benar menerima uang secara fisik. Metode ini sedikit lebih bernuansa tetapi sangat bagus untuk memberikan pandangan holistik keuangan perusahaan Kamu.

Baca Juga: Pengertian Metode Akuntansi Berbasi Kas dan Akrual Beserta Contoh

Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual

Metode berbasis kas adalah pilihan populer untuk bisnis kecil, terutama karena mudah digunakan dan mudah dikelola. Ini intuitif karena ini adalah rekaman waktu nyata ketika uang masuk dan keluar dari rekening bank.

Salah satu kerugian menggunakan metode berbasis kas akuntansi adalah bahwa hal itu dapat menghasilkan gambaran yang tidak akurat tentang arus kas jangka panjang perusahaan. Karena banyak klien dan perusahaan yang membutuhkan waktu satu bulan atau lebih untuk pembayaran sepenuhnya piutang sepenuhnya.

Dengan menggunakan metode akuntansi berbasis kas, Kamu mungkin salah mengartikan dengan berpikir bahwa Kamu memiliki volume besar pendapatan untuk bulan ini ketika sebenarnya arus kas adalah perolehan hasil dari pekerjaan bulan lalu.

Pilihan lainnya yaitu metode akrual. Metode Akrual adalah pilihan populer untuk banyak perusahaan menengah hingga besar yang menjelaskan mengapa sering disebut sebagai metode akuntansi tradisional.

Akuntansi metode akrual (accrual) bagus karena menyediakan gambaran menyeluruh tentang bagaimana adalah bisnis bekerja pada suatu titik waktu tertentu, dan kemana akan menuju di masa depan.

Kekurangan metode akrual (accrual) adalah tidak memperhitungkan dana akun yang sebenarnya tersedia di akun Kamu. Ini mencatat semua utang dan piutang, namun terkadang tidak menunjukkan saldo bank yang Kamu miliki pada saat itu.

Meskipun laporan laba rugi Kamu mungkin menunjukkan sejumlah besar pendapatan, saldo rekening bank Kamu mungkin benar-benar kosong pada saat itu.

Umumnya sebuah bisnis memulai dengan metode akuntansi berbasis kas karena kesederhanaannya, dan kemudian beralih ke metode akrual (accrual) ketika mereka tumbuh, karena memungkinkan analisis lebih mendalam terhadap keuangan bisnis.

Di bawah ini adalah daftar perbedaan antara metode akuntansi kas dan akrual

  • Metode akrual mengakui pendapatan dan beban seluruhnya selama satu periode yaitu ketika diperoleh / terjadi.

  • Metode kas, di sisi lain, dapat mengakibatkan transaksi yang berkaitan dengan satu penjualan / pengeluaran tersebar di beberapa periode, berdasarkan pada waktu pembayaran. Ini mengarah ke akun yang tidak secara akurat mencerminkan kinerja keuangan pada periode tertentu.
    Misalnya, periode yang menunjukkan pendapatan yang lebih tinggi tidak selalu berarti peningkatan kinerja penjualan. Ini bisa berarti bahwa lebih banyak kas dikumpulkan dari pelanggan terhadap penjualan yang dilakukan dalam periode apa pun.

Cari Artikel Lainnya