Home » Kongkow » Materi » Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

- Rabu, 28 Juli 2021 | 09:00 WIB
Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

Perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna akan mengulas pengelompokkan bunga berdasarkan kelengkapan komponen penyusun bunga dan berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakan yang dimiliki bunga dalam satu pohon. Beberapa bunga dapat masuk ke dalam dua jenis kelompok bunga ini, yaitu bunga lengkap dan bunga sempurna. Namun ada beberapa bunga yang masuk ke dalam kelompok bunga sempurna namun tidak masuk dalam kelompok bunga lengkap? Bunga apa itu? Apa perbedaan dari kedua jenis pengelompokan bunga ini? Melalui ulasan berikut, sobat  mempelajari perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna.

Berbagai bunga yang dapat dijumpai sehari – hari dapat dikelompokkan berdasarkan kelengkapan penyusun bunga dan berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakan yang dimiliki bunga dalam satu pohon. Untuk pengelompokkan berdasarkan kelengkapan penyusun bunga, bunga dikelompokkan menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Sedangkan pengelompokkan bunga berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakan bunga dalam satu pohon, bunga dikelompokkan menjadi bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

bunga sempurna

Selanjutnya simak ulasan masing – masing untuk bahasan. Bahasan pertama adalah pengelompokkan bunga berdasarkan kelengkapan penyusun bunga. Kedua adalah ulasan tentang pengelompokkan bunga berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakan bunga dalam satu pohon. Kemudian akan diberikan bahasan kesimpulan berupa perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna.

Bunga Lengkap dan Bunga Tak Lengkap

Bahasan pertama akan dimulai dengan ulasan kelompok bunga berdasarkan kelengkapan komponen penyusun bunga. Bunga dapat dikelompokkan menjadi bunga lengkap dan bunga tak lengkap. Komponen yang penting diperhatikan adalah ada atau tidak adanya benang sari, putik, mahkota, dan kelopak bunga.

Bunga Tidak Lengkap: bunga dikelompokan ke dalam bunga tidak lengkap jika tidak memiliki salah satu bagian-bagian bunga seperti kelopak bunga, mahkota bunga, putik, atau benangsari.

Contoh bunga tak lengkap:

  1. Bunga Asoka

  2. Bunga Jagung

  3. Bunga Kelapa

  4. Bunga Labu

  5. Bunga Mentimun

  6. Bunga Rambutan

  7. Bunga Salak

Bunga Lengkap: kategori bunga lengkap dapat dilihat dari adanya kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari.

Contoh bunga lengkap:

  1. Bunga Anggrek

  2. Bunga Bakung

  3. Bunga Bougenville

  4. Bunga Kaktus

  5. Bunga Kopi

  6. Bunga Mawar

  7. Bunga Matahari

  8. Bunga Sepatu

  9. Bunga Strawberry

  10. Bunga Tulip

Bunga Sempurna dan Bunga Tak Sempurna

Selanjutnya adalah bahasan kelompok bunga berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakannya. Sebagaimana diketahui alat perkembangbiakan yang terdapat pada tumbuhan ada dua yaitu benang sari (alat perkembangbiakan jantan) dan putik (alat perkembangbiakan betina). Dibedakan menjadi dua, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

Bunga Tak Sempurna: kelompok bunga yang disebut sebagai bunga tidak sempurna ditandai dengan adanya satu alat perkembangbiakan. Bisa hanya terdiri atas benang sari saja atau hanya putik saja.

Contoh bunga tak sempurna:

  1. Bunga Pepaya

  2. Bunga Salak

  3. Bunga Vanili

  4. Bunga Sawit

  5. Bunga Pakis Haji

  6. Bunga Melinjo

Bunga Sempurna: kelompok bunga yang disebut bunga sempurna adalah bunga yang memiliki dua alat perkembangbiakan dalam satu bunga. Artinya, putik dan benangsari menyusun bagian-bagian bunga sempurna.

Contoh bunga sempurna:

  1. Bunga Alamanda

  2. Bunga Anggrek

  3. Bunga Asoka

  4. Bunga Bugenvil

  5. Bunga Matahari

  6. Bunga Kamboja

  7. Bunga Kopi

  8. Bunga Sepatu

  9. Bunga Tulip

Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

Kesimpulan dari dua bahasan di atas dapat menghasilkan inti dari perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna. Bunga lengkap ditandai dari adanya benang sari, putik, dan memiliki perhiasan bunga yang terdiri atas mahkota dan kelopak dalam satu pohon. Sedangkan bunga sempurna ditandai dengan hanya terdapat benang sari dan putik dalam satu bunga.

Tabel perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna:

Perbedaan Bunga Lengkap dan Sempurna

Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa bunga lengkap merupakan bunga sempurna. Sedangkan bunga sempurna belum tentu termasuk dalam bunga lengkap. Misalnya bunga asoka, di mana terdapat putik dan benang sari dalam satu pohon, artinya bunga asoka merupakan bunga sempurna. Namun, tidak memiliki kelopak bunga, sehingga bunga asoka tidak bisa dikelompokkan ke dalam bunga lengkap.

Contoh Bunga yang Merupakan Bunga Sempurna dan Bunga Tak Lengkap (Bunga Asoka/Bunga Jarum)

Sekian ulasan tentang perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna. Meliputi bahasan bunga lengkap dan bunga tak lengkap, bunga sempurna dan bunga tak sempurna, serta kesimpulan dari perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya