Home » Kongkow » Rekayasa Perangkat Lunak » Perangkat Untuk Mengakses Internet

Perangkat Untuk Mengakses Internet

- Sabtu, 05 Maret 2022 | 14:00 WIB
Perangkat Untuk Mengakses Internet

A. Perangkat Keras Untuk Akses Internet

1. Komputer/ Device

Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet adalah :

– Processor Pentium III 500 Mhz
– Ram 64 MB
– VGA Card 4 MB
– Sound Card dan Speaker
– CD ROM
– Harddisk 10 GB
– Monitor CRT SVGA

2. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Fungsi Utama Modem

Modem memiliki beberapa fungsi utama. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari modem:

  • Menerima sinyal dari ISP atau internet service provider

  • Membuat koneksi device ke dalam jaringan internet

Saat ini, penggunaan modem sudah umum digunakan, baik dalam bentuk model ADSL yang menggunakan kabel telepon, modem USB sticks, hingga jenis modem wifi atau MiFi. Fungsi modem ADSL sendiri berguna untuk membagi penghantaran frekuensi pada koneksi dial up dalam sebuah jaringan. Hardware jaringan ini sangat memilik peran penting dalam koneksi internet terlebih untuk kelompok maupun individual.

Jenis-jenis modem berdasarkan beberapa kategori :

A. Berdasarkan letak di CPU Komputer

1. Modem eksternal

Modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung tipe modemnya.

2. Modem internal.

Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.

B. Berdasarkan cara koneksi dengan ISP

1. Modem wireline atau wired adalah

Modem yang menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP

2. Modem wireless adalah

Modem yang menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik) untuk berkoneksi dengan ISP

C. Berdasarkan ISP yang digunakan

1. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

2. Modem DSL (Digital Subscriber Line)

3. Modem CDMA (Code division multiple access)

4. Modem GSM (Global System for Mobile Communication)

5. Modem Dial Up

3. Saluran Telepon

Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

4. Server

Server merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan omputer, dan juga internet. Server merupakan komputer khusus yang dibuat sebagai pusat data. Nantinya, seluruh data dan juga informasi yang dimiliki oleh server ini akan ditransmisikan ke client dan juga usernya, dengan menggunakan internet.

Jadi, tanpa adanya server, kita tidak akan menemukan konten apa – apa, meskipun kita sudah terkoneksi ke dalam jaringan tersebut. Selain itu, server juga menentukan kecepatan akses, karena biasanya, semakin jauh lokasi sever, bisa jadi kecepatan akses yang diperoleh oleh user menjadi tidak optimal.

5. Kabel jaringan

Meskipun saat ini sudah banyak beredar konektivitas menggunakan teknologi nirkabel, namun kita tidak boleh meremehkan kabel jaringan. Penggunaan kabel jaringan saat ini banyak digunakan sebagai home broadband, yang banyak digunakan pada rumah dan juga perkantoran. Banyak jenis-jenis kabel jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan user serta ruang lingkup yang digunakan, sehingga berbeda ruang lingkup berbeda pula jenis kabel yang digunakan.

Kabel jaringan akan mentransmisikan paket data yang disediakan oleh ISP dari server untuk kemudian diteruskan ke dalam receiver, yang dapat berupa modem, dan juga akses point. Ketika modem dan juga access point menerima sinyal melali kabel, maka modem dan juga access point dapat mentransmisikan jaringan internet ke client, baik secara wireless maupun dengan menggunakan kabel.

6. Hub / Switch

Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.

Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.

7. Repeater

Repeater adalah Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .

8. Bridge

Adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.

9. Router

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.

 

B. Perangkat Lunak Untuk Akses Internet

  • Sistem Operasi

  • Web Browser

  • Driver

1. Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan bagian yang paling penting sebelum melakukan koneksi internet, karena tampa OS komputer tidak ada artinya sama sekali.

Diantara Sistem Operasi (OS) yang dapat digunakan untuk akses internet adalah:

  1. Windows 95, win 98, win XP, Win Vista dan Win 7, Mac OS (ini adalah software yang berbayar) 2.Ubuntu Linux, OpenSuSE, Mandriva, IGOS (ini merupakan software gratis atau Open Source yang dapat di download secara gratis)

2. Web Browser

Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web (WWW)

Software Web Browser

  • Internet Explorer

  • Mozzila Fire Fox

  • Opera

  • Safari

  • Google Crome

3. Driver

Driver merupakan software yang membuat perangkat keras di dalam sebuah komputer dapat berjalan. Paling tidak, agar dapat melakukan akses internet, anda harus memilki salah satu atau semua driver di bawah ini:

Driver wireless network adapter

Driver wireless network adapter merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan fungsi dari wireless network adapter. Dengan driver wireless network yang sudah terinstall, maka komputer dan juga PC anda bisa melakukan akses internet dengan media wireless. Perlu diperhatikan, karena stiap tipe adapter membutuhkan driver yang berbeda – beda, jadi pilih dengan tepat.

Driver USB Stick Modem

Biasanya, driver ini sudah sepaket dengan modem USB stick yang anda beli. Perangkat lunak ini akan menginstall USB Stick modem di dalam PC atau Laptop anda, sehingga modem USB stick anda bisa bekerja dengan baik, dan berfungsi secaa optimal.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya