Home » Kongkow » Bahasa Inggris » Pengertian dan Jenis Clause Bahasa Inggris

Pengertian dan Jenis Clause Bahasa Inggris

- Selasa, 05 Januari 2021 | 15:00 WIB
Pengertian dan Jenis Clause Bahasa Inggris

Clause bahasa Inggris menjadi topik pelajaran grammar yang paling penting untk disimak ketika belajar bahasa Inggris kita sudak masuk vase kalimat kompleks. Berbicara tentang klosa (clause) dalam pelajaran bahasa Inggris berarti kita berbicara tentang complex sentence, dimana suatu kalimat yang terdiri dari beberapa kalimat kecil didalamnya. Kalimat-kalimat kecil ini kemudian kita sebut sebagai clause (klosa)

Dilihat dari statusnya pada kalimat, clause dalam bahasa Inggris dibedakan menjadi 2 macam,; yaitu Independent Clause dan Dependent clause. Clause pertama disebut “independent ” karena kalimat kecil ini sudah mampu berdiri sendri dalam artian sudah memenuhi sarat dasar sebuah kalimat yaitu adanya Subject, Predicate dan sudah mempunyai pemaknahan yang lengkap.  Dependent Clause ini kemudian dianggap sama dengan “sentence” (kalimat).

Sedangkan clause yang kedua disebut sebagai “dependent” karena kalimat kecil ini harus melekat pada kalimat yang lain guna memenuhi syarat dasar adanya Subject dan predicate dan ketidaklengkapan maknanya.
Dependent clause biar berfungsi sempurna alias mempunyai makana yang komplit harus melekat pada clause yang lain. Dilhat dari fungsi dan kedudukannya, Dependent Clause dibedakan menjadi 3 macam clause utama, yaitu Noun Clause, Adjective Clause, dan Adverb Clause. Berikut adalah masing masin pembhasan dan contoh singkatnya.

Jenis Clause Bahasa Inggris dan Contohnya

1. Noun Clause as Subject
Bebicara Noun Clause berarti kita harus mengingat kembali fungsi Noun dalam suatu kalimat. Sebagaimana banyak dinyatakan dalam pelajaran grammar dan structure bahasa Inggris, Noun adalah salah satu parts of speech yang mempunyai fungsi dan kedudukan sebagai Subject atau Object. Untuk itu kesimpulan sederhanananya, Noun Clause As Subject adalah sebuah Dependent Clause yang berfungsi dan berkedudukan sebagai Subject dalam keseluruahan kalimat komplek tersebut. Untuk lebih jelasnya, lihat beberapa contoh tersebut!

What they did with the treasure remains a mystery.
Whatever you want for dessert is fine with me.
That you should feel this way about her came as a great surprise to us.

3 klosa yang dicetak tebal adalah contoh Noun Clause As Subject

2. Noun Clause as Object  
Diatas telah disampaikan bahwa Noun pasti berkedudukan sebagi Subject atau Object. Ketika Dependent Clause itu berfungsi sebagai Object dari keseluruhan kalimat komplek tersebut, maka Klosa yang demikian disebut sebagai Noun Cluse As Object. Masih bingung? Lihat contoh berikut!

Juan finally revealed what he had done with the money.
Her husband spent whatever she had saved over the years.
I don’t know what I should do next.

Klosa yang dicetak tebal adalah contoh Noun Clause As Object. Pembahasan lebih lanjut kemudian kita juga mengenal istilah Noun Clause as Object Preposition dan Noun Clause as Predicate Nominative. 2 Noun Clause terakhir sebenaranya berasal dari kelompok Noun Clause as Objetc

3. Adjective Clause
Sebagaimana namanya, adjective Clause akan berfungsi seperti Adjective itu sendiri dimana penggunaaanya adalh sebagai modifier (yang menjelaskan) suatu Noun (kata benda). Dengan begitu Adjective clause adalah dpendent clause yang berfunsi menjelaskan sutua kata benda dalam kerangkah kalimat komplek. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh berikut

My brother, who now teaches math in a small college, never liked math in high school.
The Federated Bank, which was founded nearly two centuries ago, folded during the state’s economic crisis.

Klosa yang dicetak tebal adalah contoh Adjecttive Clause.

6. Adverb clause
Adverb digunakan sebagai penjelas dari kata kerja. Maka Adverb Clause pu digunakan untuk menejelaskan sebuah Verb (kata kerja) dalam struktu kalimat komplek. Mari kita liaht contoh berikut!

The team had fallen behind by ten points before they were able to figure out the opponent’s defense.
Since he started working nights, he doesn’t see much of his kids.
While Josie sat inside watching television, Gladys shoveled the driveway.

Clause bahasa inggris  yang dicetak tebal adalah contoh Adverb Clause. Umumnya klosa jenis ini akan menjelasakan verb (kata kerja)  dari sisi waktu (time), tempat (place), dan cara (manner). Klosa yang dicetak tebal adalah contoh Adverb Clause. Umumnya klosa jenis ini akan menjelasakan Kata Kerja  dari sisi waktu (time), tempat (place), dan cara (manner).

 

Cari Artikel Lainnya