Home » Kongkow » Materi » Pengertian Pemantulan Bunyi dan Contoh

Pengertian Pemantulan Bunyi dan Contoh

- Selasa, 18 Agustus 2020 | 16:03 WIB
Pengertian Pemantulan Bunyi dan Contoh

Pengertian, Rumus dan Manfaat Pemantulan Bunyi serta Contoh Macam-macam Bunyi Pantul

"Pemantulan bunyi terjadi karena gelombang bunyi menabrak bidang pantul kemudian gelombang bunyi tersebut dipantulkan oleh bidang pantul tesebut."

 

Jenis pemantulan bunyi ada 2 yakni :

1. Gaung

Adalah bunyi pantul yang sebagian terdengar bersamaan dengan bunyi aslinya. Hal ini menyebabkan bunyi asli terdengar kurang jelas.

Contoh

Bunyi asli : mer - de - ka

Bunyi pantul : mer - de - ka

peristiwa seperti ini dapat terjadi dalam sebuah gedung yang tidak ada peredam suaranya. untuk mengurangi atau menghilangkan gaung diperlukan bahan peredam suara seperti : gabus, kapas, wool, kardus dll.

 

2. Gema

Adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli selesai. hal ini terjadi karena dinding pantulnya mempunyai jarak yang jauh. misalnya pada suatu lembah atau gunung.

Contoh

Bunyi asli : mer - de - ka

Bunyi pantul : mer - de - ka

 

Namun, beberapa pendapat menyatakan ada satu lagi jenis pemantulan bunyi. Yaitu :

 

Bunyi Pantul yang memperkuat bunyi asli

Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli terjadi jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul berdekatan. Hal inilah yang menyebabkan suara seseorang di dalam ruangan kecil terdengar lebih jelas.

 

Hukum pemantulan bunyi

~ Bunyi datang, bunyi pantul, dan garis normal terletak pada bidang yang sama.

~ Sudut datang sama dengan sudut pantul.
Skema pemantulan bunyi oleh dinding pantul.         

      Sumber gelombang bunyi dan dinding pantul.

Karena gelombang bunyi dipantulkan oleh dinding, maka jarak tempuhnya menjadi dua kali lipat jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul. Jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul adalah s, maka jarak tempuh gelombang bunyi adalah 2s.

 

v = 2s/t

 

Keterangan:

v = cepat rambat bunyi (m/s)

s = jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul (m)

t = waktu (s)

 

Contoh:

- Suara kita yang terdengar lebih keras di dalam gua akibat dari pemantulan bunyi yang mengenai dinding gua.

- Suara kita di dalam gedung atau studio musik yang tidak menggunakan peredam suara.

 

Sifat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Mengukur Kedalaman Laut

Cepat rambat bunyi dalam air laut sudah diketahui. Untuk mengukur kedalaman laut,kapal memancarkan bunyi ke dasar laut. Pada dasar kapal terdapat pendeteksi bunyi(detektor), detektor ini menghasilkan gelombang listrik jika mendapat bunyi pantul. Dengan mengukur waktu yang diperlukan sejak bunyi dipancarkan sampai ditangkap kembali oleh detektor, kedalaman laut di bawah posisi kapal dapat ditentukan dengan demikian kedalaman laut suatu wilayah dapat dipetakan dengan teliti.

 

  • Mengetahui kandungan ikan di bawah laut

Dengan mengarahkan gelombang bunyi ke dalam laut kita dapat mengetahuikandungan ikan di bawah laut. Sebagian gelombang akan dipantulkan oleh ikan-ikan yang  berenang di bawah permukaan laut. Kita dapat  membedakan gelombang pantul benda yang diam dan benda yang bergerak.

 

  • Mengukur panjang lorong gua

Pemantulan gelombang bunyi juga digunakan manusia untuk mengukur panjang gua dan kedalaman lautan atau danau. Dengan cara mengirimkan bunyi datang dan mengukur waktu perjalanan bunyi datang dan bunyi pantul, panjang suatu gua atau kedalaman suatu tempat di bawah permukaan air dapat ditentukan.

 

  • Menyelidiki lapisan bumi

Gelombang  sebenarnya tidak harus dipantulkan oleh benda yang  keras, pantulan pada benda yang lunak itu sebenarnya terjadi yaitu pemantulan, dan penerusan. Kulit bumi terdiri dari berbagai lapisan bahan. Jika gelombang bunyi dihasilkan dipermukaan (contoh : meledakan dinamit), gelombang tersebut merambat masuk ke kulit bumi sebelah dalam. Setelah menjumpai lapisan kulit bumi yang berbeda sebagian dari gelombang tersebut akan di pantulkan. Dengan mengukur waktu yang diperluka ngelombang pantul kembali kepermukaan bumi kedalaman suatu lapisan dapat ditentukan. Manfaatnya menyelidiki kandungan barang tambang, dengan demikiandapat diketahui barang dan jumlah barang tersebut.

 

  • Saat bernyanyi di kamar mandi

Pada saat kamu bernyanyi di kamar mandi, suaramu terdengar lebih keras dan enak didengar daripada kamu bernyanyi di ruangan yang luas dan terbuka. Suara musik diruangan tertutup terdengar lebih keras daripada suara musik di ruangan terbuka. Halini terjadi karena pada ruangan kecil, bunyi yang datang pada dinding dengan bunyiyang dipantulkan sampai ke telingamu hampir bersamaan sehingga bunyi pantul akanmemperkuat bunyi aslinya yang menyebabkan suaramu terdengar lebih keras.

 

  • Kelelawar 

Sifat pemantulan bunyi sangat penting bagi beberapa hewan, seperti kelelawar.Kelelawar dapat memancarkan gelombang bunyi sehingga dengan memanfaatkan peristiwa pemantulan bunyi, kelelawar dapat menghindari dinding penghalang ketikaterbang di malam hari.

 

Contoh soal tentang pemantulan bunyi

Viki berteriak di tengah tengah gedung yang kosong, jika cepat rambat gelombang bunyi di udara adalah 320 m/s. Hitung jarak viki terhadap dinding gedung jik iki mendenga bunyi pantul 4 detik setelah bunyi asli berhenti.

 

Diketahui :

t = 4 s

v = 320 m/s

 

Ditanya:

s . . . ?

 

Jawab:

s = (v ×t)/2

= (320 × 4) / 2

= 1280/2

= 640 m

Jadi, jarak orang tersebut ke dinding gedung adalah 640 m.

Cari Artikel Lainnya