Home » Kongkow » Akuntansi » Pengertian Metode Akuntansi Berbasi Kas dan Akrual Beserta Contoh

Pengertian Metode Akuntansi Berbasi Kas dan Akrual Beserta Contoh

Pengertian Metode Akuntansi Berbasi Kas dan Akrual Beserta Contoh

Metode akuntansi merujuk pada aturan dasar dan pedoman di mana bisnis menyimpan catatan keuangan dan menyiapkan laporan keuangan.

Penggunaan metode akuntansi ada dua yaitu cash basis (kas) dan basis akrual. Di mana kedua metode ini sering digunakan karena berkaitan dengan prinsip-prinsip akuntansi. Diantaranya adalah prinsip entitas ekonomi, prinsip periode akuntansi, dan lain sebagainya. Berikut ini pemaparan mengenai kedua metode akuntansi tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual

1. Basis Kas (Cash Basis)

Basis kas (cash basis) yakni sebuah metode pencatatan di dalam akuntansi, yang hanya mencatat transaksi, jika ada penerimaan atau pengeluaran kas. Catatan akuntansi yang disusun menggunakan basis kas mengakui pendapatan dan pengeluaran sesuai dengan arus kas real-time. Penghasilan dicatat pada saat menerima dana, bukan berdasarkan pada saat itu benar-benar diperoleh; beban dicatat pada saat dibayarkan, bukan pada saat terjadi.

Oleh karena itu, dalam metode akuntansi ini, dimungkinkan untuk menunda pendapatan kena pajak dengan menunda penagihan agar pembayaran tidak diterima pada tahun berjalan. Demikian juga, dimungkinkan untuk mempercepat pengeluaran dengan membayarnya segera setelah tagihan diterima, sebelum tanggal jatuh tempo.

Keuntungan Metode Akuntansi Berbasis Kas

  • Metode akuntansi berbasis kas membutuhkan usaha yang relatif lebih sedikit dan lebih mudah dipahami juga dilaporkan. Karena tidak memerlukan banyak staf akuntansi dan dalam banyak kasus, dapat ditangani sendiri.

  • Secara langsung mencerminkan nilai arus kas masuk dan keluar, yang membantu memahami profitabilitas saat ini dalam hal moneter.

  • Ini memungkinkan hanya mencatat penerimaan aktual yang akan dikenakan pajak, bukan total pendapatan. Metode ini dapat membantu perusahaan dalam perencanaan pajak dan menghindari beban pajak yang besar dalam periode krisis tunai (arus masuk neto lebih rendah).

  • Cocok untuk ssaha kecil tanpa inventaris atau sedikit aset, pemula dalam membangun bisnis, dan individu yang umumnya lebih suka metode kasuntuk kemudahan akuntansi.

2. Basis Akrual

Basis akrual (accrual basis) yaitu sebuah teknik pencatatan akuntansi, yang pencatatannya dilakukan saat terjadinya transaksi walaupun kas belum diterima.

Perusahaan yang menggunakan basis akrual untuk akuntansi mengakui pendapatan dan pengeluaran pada saat mereka diperoleh atau dikeluarkan, terlepas dari kapan kas yang terkait dengan transaksi tersebut berpindah tangan. Di bawah sistem ini, pendapatan dicatat ketika diterima daripada saat pembayaran diterima; beban dicatat saat terjadi bukan pada saat pembayaran dilakukan.

Keuntungan Metode Akuntansi Berbasis Akrual

  • Metode akrual memberikan gambaran yang lebih akurat, lebih jelas tentang kondisi keuangan perusahaan, dalam periode akuntansi tertentu.

  • Sebagian besar investor dan analis menemukan keuangan yang dilaporkan menggunakan metode akrual lebih berguna dalam mengukur kinerja perusahaan.

  • Metode akrual juga memberikan dasar yang lebih kuat untuk memperkirakan pendapatan dan pengeluaran di masa depan dan pengambilan keputusan terkait.

  • Biasanya perusahaan besar, bonafit, dan perusahaan publik yang menggunakan metode akrual yang memudahkan menetapkan kriteria tertentu untuk perusahaan yang diharuskan melakukan penghitungan pajak.

Contoh Basis Kas dan Basis Akrual

Untuk lebih mudah memahami cash basis vs accrual basis, berikut kami sajikan contoh sederhana metode pencatatan cash basis dan accrual basis.

PT Javafood menjual barang berupa mie instant dan mengirimkannya kepada pelanggannya, PT Sukamamur pada tanggal 3 Juni 2016 senilai Rp 3.600.000. PT Sukamakmur membayar pembelian mie instant tersebut pada PT Javafood dua minggu kemudian, yaitu pada tanggal 17 Juni 2016. Bagaimana pencatatannya secara cash basis dan accrual basis?

Pada metode cash basis, pengiriman mie instant kepada PT Sukamakmur pada tanggal 3 Juni 2016 belum dicatat sebagai pendapatan. Pendapatan dicatat pada tanggal 17 Juni 2016 setelah menerima kas dari PT Sukamakmur.

Sedangkan pada metode accrual basis. pendapatan dicatat pada tanggal 3 Juni 2016 begitu terjadi penjualan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya