Home » Kongkow » Materi » Pengertian Fungsi Sifat Jenis dan Struktur Batang

Pengertian Fungsi Sifat Jenis dan Struktur Batang

- Sabtu, 24 Agustus 2019 | 15:08 WIB
Pengertian Fungsi Sifat Jenis dan Struktur Batang

Pada umumnya tumbuhan mempunyai beberapa bagian diantaranya yaitu batang, akar dan daun. Nah dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa itu bantang. Sedangkan untuk akar dan daun akan kami bahas di lain waktu. Sudah tahukah kamu dengan apa yang dimaksud batang? Tentunya sudah banyak yang tahu kan dengan apa yang dimaksud dengan batang, karena dalam lingkungan kita pasti banyak sekali tumbuh-tumbuhan. Namun di sini kami akan memberikan penjelasan secara rinci tentang definisi batang, dilengkapi juga penjelasan tentang fungsi batang, sifat batang, jenis jenis batang dan, struktur batang. Berikut ini penjelasannya silahkan di simak.

Pengertian Fungsi Sifat Jenis dan Struktur Batang

Pengertian Batang

Batang atau caulis (dalam bahasa latin) merupakan salah satu organ dasar pada tumbuhan berpembuluh. Batang merupakan sumbu tumbuhan, yaitu tempat di mana semua organ lain dapat bertumpu dan tumbuh. Akar dan daun pada tumbuhan dianggap sebagai perkembangan lanjutan dari batang untuk dapat menjalankan fungsi yang lebih spesifik.

Batang adalah bagian utama pada tumbuhan yang tumbuh di atas tanah dan mendukung bagian-bagian yang lain dari tumbuhan yaitu daun, bunga dan buah. Karena itulah batang mempunyai struktur yang lebih kompleks dibandingkan dengan akar. Batang mempunyai ruas dan antar ruas. Pada ruas batang akan muncul tunas daun dan bunga. Pada batang terdapat cabang-cabang yang berfungsi untuk menempatkan daun dalam posisi yang dapat memungkinkan daun memperoleh cahaya matahari untuk proses fotosintesis tumbuhan. Tanpa adanya batang tumbuhan yang berpembuluh tidak dapat hidup, hal itu karena titik tumbuhnya berasal dari batang. Bentuk penampang melintang batang, pada umumnya dibedakan menjadi 3 yaitu: bulat, pipih, dan persegi. Contoh tumbuhan berbatang bulat yaitu kelapa dan bambu. Kemudian contoh bentuk batang pipih yaitu tumbuhan kaktus. Sedangkan untuk contoh tumbuhan berbatang persegi empat yaitu tumbuhan markisa dan iler. Ada pula yang berbentuk persegi tiga yaitu tumbuhan rumput teki.

Fungsi Batang

Fungsi batang pada tumbuhan adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagai pendukung bagian-bagian lain pada tumbuhan yaitu daun, bunga dan buah.
  • Sebagai penopang atau penyokong tumbuhan sehingga tetap bisa berdiri tegak.
  • Merupakan tempat melekatnya daun, bunga dan buah.
  • Menjadi jalur transportasi air dan zat makanan hasil dari fotosintesis.
  • Untuk membantu proses pernapasan, karena oksigen bisa masuk ke lentisel.
  • Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, mislanya tumbuhan sagu.
  • Sebagai alat perkembangbiakan secara vegetatif dengan metode cangkok.

Sifat Batang

Sifat batang tumbuhan yaitu sebagai berikut:

  • Pada umumnya pertumbuha batang tidak terbatas.
  • Batang tumbuhan mempunyai sifat fototropi yaitu arah pertumbuhan yang ke atas atau menuju cahaya.
  • Pada batang tumbuhan monokotil mempunyai ruas-ruas yang jelas.
  • Pada tumbuhan dikotil ruas-ruas batangnya tidak terlihat dengan jelas.
  • Pada tumbuhan yang berbiji terbuka (Gymnospermae) hanya terdiri dari tumbuhan berkayu.
  • Pada tumbuhan yang berbiji tertutup (Angiospermae) terdiri dari tumbuhan yang berbatang basah, batang mendong, batang rumput dan batang berkayu.
  • Beberapa jenis batang bisa dibedakan dengan bagian yang lain sebagai contoh pohon kelapa, ada juga batang yang tertutup dengan pelapah daunnya sebagai contoh tanaman jagung.

Jenis jenis Batang Tumbuhan

Sebutkan jenis jenis batang pada tumbuhan? Macam macam batang tumbuhan dan contohnya adalah sebagai berikut:

  • Batang basah atau herbaceous adalah batang tumbuhan yang lemah dan berair. Contoh tanaman dengan batang herbaceous yaitu tumbuhan krokot dan bayam.
  • Batang rumput atau calmus adalah batang tumbuhan yang tidak keras dan terlihat beruas-ruas. Bagian dalam batang calmus pada umumnya berongga. contoh tipe batang rumput atau contoh tumbuhan calmus yaitu padi.
  • Batang mendong atau calamus adalah batang tumbuhan yang mirip seperti rumput, namun ruasnya lebih panjang. Contoh batang calmus yaitu batang pada tumbuhan mendong dan wingi.
  • Batang berkayu atau lignosus adalah adalah jenis batang tumbuhan yang berkayu keras dan kuat. Baik itu berbentuk pohon maupun semak. Contoh tumbuhan batang berkayu diantaranya adalah jati (dalam bentuk pohon), sidoguri (dalam bentuk semak).

Struktur Batang

Struktur batang tumbuhan pada umumnya terdiri dari beberapa jaringan yaitu sebagai berikut:

  1. Epidermis adalah jaringan pada tumbuhan yang berfungsi untuk lapisan pelindung dari bahaya kekeringan. Epidermis merupakan batang yang tersusun dari selapis sel yang tersusun dengan rapat tanpa adanya ruang antar sel dan bertikula. Sel-sel penyusun jaringan epidermis salalu aktif membelah untuk mengimbangi pertumbuhan batang. Batang tumbuhan dikotil mempunyai lapisan epidermis yaitu berupa kulit kayu yang terbentuk dari jaringan gabus. Jaringan gabus tidak bisa ditembus oleh gas dan air. Karena itulah jaringan gabus mempunyai celah-celah yang berupa lentisel untuk memelihara perubahan gas.
  2. Konteks adalah struktur batang yang tersusun dari jaringan parenkin yang berkloroplas. Sel-selnya mempunyai dinding yang tipis dan tersusun tak beraturan dengan ruang antar sel yang cukup lebar. Beberapa jenis dari tumbuhan rumput-rumputan memiliki jaringan sklerenkim sebagai jaringan pengangkut pada konteks batang, sedangkan pada tumbuhan konifer atau sejenis pinus, umumnya tidak memiliki jaringan pengangkut.
  3. Endodermis adalah lapisan konteks yang paling dalam yang berbatasan degnan silinder pusat, mempunyai sel-sel yang susunan dan bentuknya yang khas. Lapisan sel yang menjadi batas antara konteks dan silinder pusat dengan silinder pusat pada akar dinamakan dengna endodermis.
  4. Silinder pusat merupakan bagian paling dalam dari batang yang tersusun dari beberapa jaringan, diantaranya yaitu berkas pengangkut, empulur, dan perikambium. Perikambium (perisikel) lapisan sel yang paling tepi dari silinder pusat. Di sebelah dalamnya ada jaringan parenkim dan berkas-berkas pembuluh pengangkut. Berkas pembuluh pengangkut terdiri dari xilem dan floem yang merupakan kelanjutan dari xilem dan floem pada akar. Empilur yang letaknya berada di tengah atau inti batang tersusun dari jaringan parenkim. Di beberapa batang tumbuhan, bagian empilur mengalami kerusakan selama masa pertumbuhan sehingga membentuk banyak ruang antar sel. Pada batang tumbuhan tertentu mempunyai saluran getah yang letaknya berada di dalam silinder pusat.

Seperti itulah penjelsan yang bisa kami tulis tentang pengertian fungsi sifat jenis dan struktur batang pada tumbuhan. 

Cari Artikel Lainnya