Home » Kongkow » kongkow » Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka Hari Ini, Peserta Dapat Pilih 2 Program Studi

Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka Hari Ini, Peserta Dapat Pilih 2 Program Studi

- Senin, 15 Februari 2021 | 11:05 WIB
Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka Hari Ini, Peserta Dapat Pilih 2 Program Studi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan pendaftaran peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dimulai dan berlangsung selama 10 hari, yaitu 15-24 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN mulai tanggal 15–24 Februari 2021 melalui laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yakni https://portal.ltmpt.ac.id dengan menggunakan akun LTMPT yang sudah didaftarkan.

Selain SNMPTN ke depannya ada juga Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang juga dihelat oleh LTMPT. Ada pula ujian mandiri yang diserahkan kepada masing-masing universitas.

Pada SNMPTN 2021, ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian peserta SNMPTN dalam memilih prodi, yaitu peserta SNMPTN dapat memilih dua prodi dalam satu PTN, atau peserta dapat memilih dua prodi pada dua PTN berbeda.

Kepala Humas USK Chairil Munawir menambahkan, merujuk Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 6 Tahun 2020, kuota masuk perguruan tinggi terbagi dalam tiga bagian yaitu untuk jalur SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen, dan Mandiri maksimal 30 persen.

Berdasarkan persentase tersebut, USK akan menerima jalur SNMPTN 25 persen atau sebanyak 1.907 orang, SBMPTN 45 persen atau 3.427 orang dan Mandiri 30 persen atau 2.286 orang.

Adapun syarat-syaratbagi calon mahasiswa untuk bisa mendaftar di laman LTMPT ialah mereka yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan "eligible" oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Sementara itu untuk tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 adalah sebagai berikut:

1. Siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

2. Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.

3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.

4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan.

5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.

6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apa pun.

7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Untuk pengumuman SNMPTN 2021 rencananya akan dilakukan pada Maret mendatang. Sementara untuk pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima. informasi lebih lanjut SNMPTN peserta dapat melihatnya di website resmi LTMPT, dan apabila ada kendala selama proses pendaftaran atau lainnya dapat menghubungi "helpdesk" LTMPT, atau Humas USK pada nomor 08116752000.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya