Home » Kongkow » Geografi » Pembentukan Kebudayaan Nasional | Keragaman Budaya

Pembentukan Kebudayaan Nasional | Keragaman Budaya

Pembentukan Kebudayaan Nasional | Keragaman Budaya

Kebudayaan Nasional adalah suatu bentuk kebudayaan yang mendapat dukungan dari sebagian besar warga suatu negara tersebut, lalu memiliki syarat mutlak yang khas dan dibanggakan, serta memberikan identitas terhadap negara dan warga negara.

Bangsa Indonesia sendiri termasuk bangsa plural, terbentuk atas beragam etnis, agama, dll. Bukan hanya dipengaruhi oleh dari dalam tapi dari luar pun turut mewarnai kebudayaan Indonesia melalui proses asimilasi dan akulturasi. Bukanlah hal mudah untuk mempersatukannya dalam wujud kebudayaan nasional yang tunggal.

Baca juga: Faktor Penyebab Keragaman Budaya di Indonesia

Kebudayaan nasional Indonesia sesungguhnya dibentuk oleh berbagai kebudayaan lokal. Meskipun begitu, tidak semua kebudayaan lokal bisa menjadi kebudayaan nasional Indonesia.

Kebudayaan lokal bisa diangkat menjadi kebudayaan nasional apabila kebudayaan tersebut bisa mengakumulasi nilai atau dapat diterima masyarakat secara nasional.

Bentuk kebudayaan nasional Indonesia Dalam buku Dasar-Dasar Ilmu Budaya (2019) karya Isma Tantawi, dijelaskan beberapa bentuk kebudayaan nasional Indonesia, yaitu:

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan dianggap sebagai kebudayaan nasional karena menggambarkan kepribadian bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia, yaitu Bahasa Melayu.

Bahasa Melayu diangkat menjadi Bahasa Indonesia karena beberapa alasan, yaitu:

a. Bahasa Melayu sudah digunakan menjadi bahasa pengantar antar suku di Indonesia sebelum akhirnya disahkan menjadi Bahasa Indonesia.

b. Bahasa Melayu tidak mempunyai versi atau tingkatan.

c. Bahasa Melayu bersifat sederhana dan mudah dipelajari.

d. Bahasa Melayu mudah beradaptasi sehingga bisa diikuti dan dipahami oleh semua suku di Indonesia.

Musyawarah

Sistem musyawarah merupakan salah satu sila Pancasila yang digunakan dalam mengambil sebuah keputusan oleh semua suku bangsa di Indonesia. Maka dari itu, musyawarah diangkat menjadi kebudayaan nasional.

Sistem musyawarah untuk mengambil keputusan digunakan secara nasional, mulai dari tingkat terkecil yaitu desa hingga tingkat tertinggi yaitu negara.

Gotong royong

Gotong royong merupakan kebudayaan yang menjadi ciri khas negara Indonesia. Oleh sebab itulah, gotong royong diangkat menjadi kebudayaan nasional.

Dalam buku Budaya Gotong Royong dan Masa Depan Bangsa (2016) karya Sayidiman, dijelaskan bahwa gotong royong merupakan salah satu budaya yang mendasari pembentukan pancasila. Inti nilai dari budaya gotong royong adalah kehidupan yang didasarkan pada kebersamaan.

Batik

Batik merupakan kebudayaan lokal indonesia dimana, sebagian besar daerah di Indonesia dapat menciptakan batik dengan corak khas yang berbeda-beda.

Karena batik dapat diterima oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, akhirnya batik ditetapkan sebagai salah satu pakaian nasional. Bahkan batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Dengan demikian, batik merupakan kebudayaan yang mencerminkan identitas dan jati diri bangsa Indonesia.

Cari Artikel Lainnya