Home » Kongkow » Ekonomi » Pembangunan Ekonomi: Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi

Pembangunan Ekonomi: Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi

- Kamis, 04 November 2021 | 15:40 WIB
Pembangunan Ekonomi: Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi

Pembangunan ekonomi (economic development) mengacu pada kemajuan sebuah perekonomian dalam hal kualitas.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah proses berkelanjutan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) suatu negara dan pendapatan per kapita penduduk suatu negara dalam jangka panjang yang berdampak pada berbagai aspek baik ekonomi, sosial, maupun Iptek.

Pengertian pembangunan ekonomi menurut para ahli

- Menurut Hollis Chenery dan Moises Syrquin pembangunan ekonomi adalah variasi sistematis dalam aspek signifikan apa pun dari struktur ekonomi atau sosial yang terkait dengan peningkatan tingkat pendapatan atau indeks pembangunan lainnya.”

- Menurut Michael Paul Todaro pembangunan ekonomi adalah Proses multidimensi yang melibatkan reorganisasi dan reorientasi seluruh sistem ekonomi dan sosial”.

- Menurut United Nation pembangunan ekonomi adalah Upaya multidimensi untuk mencapai kualitas hidup yang lebih tinggi bagi semua orang, melalui pembangunan sosial, ekonomi maupun lingkungan”.

- Menurut Cambridge Dictionary pembangunan ekonomi adalah Proses di mana sebuah ekonomi tumbuh dan menjadi lebih maju, baik dari dimensi ekonomi maupun sosial”.

- Menurut Karl Seidman pembangunan ekonomi adalah Proses menciptakan dan memanfaatkan aset fisik, manusia, keuangan, dan sosial untuk menghasilkan kesejahteraan ekonomi dan kualitas hidup yang lebih baik dan dibagi secara luas untuk suatu komunitas atau wilayah”.

- Menurut Daphne Greenwood dan Richard Holt pembangunan ekonomi adalah Peningkatan standar hidup yang berbasis luas dan berlanjutan bagi individu dalam komunitas secara keseluruhan”.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan lebih dari sekedar berbicara tentang bagaimana meningkatkan pendapatan atau meningkatkan jumlah barang dan jasa dalam perekonomian. Itu tidak hanya tentang pertumbuhan ekonomi, tetapi juga bagaimana pertumbuhan tersebut bermanfaat bagi warga negara.

Pembangunan mempertimbangkan kesejahteraan inklusif, standar kehidupan yang lebih baik bagi semua warga negara. Itu juga tentang membangun kapasitas dan ketahanan dalam dunia yang cepat berubah dan tidak terduga.

Beberapa tujuan pembangunan ekonomi:

  1. Meningkatkan ketersediaan barang dan jasa. Ini tidak hanya berbicara tentang produksi, tetapi juga tentang bagaimana memperluas distribusi barang-barang dasar penunjang kehidupan seperti makanan dan minuman, tempat tinggal, pendidikan, kesehatan dan perlindungan.

  2. Meningkatkan pendapatan per kapita. Pendapatan adalah salah satu jalan untuk menjadi lebih sejahtera. Selain itu, pendidikan yang lebih baik dan penyediaan lebih banyak pekerjaan adalah tujuan penting lainnya. Pembangunan juga harus menempatkan perhatian yang lebih besar terhadap nilai-nilai budaya dan manusia. Jadi, sejahtera di sini tidak hanya mengambil dimensi material tetapi juga immaterial.

  3. Mendorong kebebasan untuk membuat pilihan ekonomi dan sosial secara bertanggung jawab. Individu dan negara harus bebas dari perbudakan, ketidaktahuan dan kesengsaraan.

Peningkatan rata-rata harapan hidup adalah contoh hasil dari pembangunan ekonomi. Contoh lainnya adalah produktivitas yang meningkat, tingkat melek huruf yang lebih tinggi, dan pendidikan publik yang lebih baik

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi suatu negara dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain :

  • Kekayaan alam

  • Jumlah dan kualitas penduduk

  • Sumber daya modal yang dimiliki

  • Penguasaan teknologi

  • Kondisi sosial budaya masyarakat

  • Kondisi politik

Demikian pembahasan lengkap mengenai Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi. 

Cari Artikel Lainnya