Home » Kongkow » Materi » Part Of Speech ADVERB

Part Of Speech ADVERB

- Sabtu, 02 November 2019 | 05:23 WIB
Adverb adalah kata keterangan yang berfungsi untuk memberikan penjelasan terhadap Verb (Kata Kerja) atau tindakan kegiatan yang dilakukan oleh Subjek kalimat. Adverb selalu memberikan keterangan kata kerja dan kadang adjective (kata sifat). Hal ini yang mebedakan dengan kata sifat yang mempunyai fungsi utama sebagai pejelas noun (kata Benda).
Dalam kaitanya untuk memberikan keterangan kepada kata kerja dan kata sifat pada stuktur kalimat, Adverb dibagi menjadi beberapa jenis:
Adverbs of Manner
Ini adalah jenis adverb yang paling sering diketahui dalam pembelajaran Kata Keterangan. Adverb of Manner adalah kata keterangan cara yang dilakukan (predicate) oleh subject. Pada umumnya adverb of manner ini ditandai dengankata yang berakhiran “ly”, seperty:
beautifully, slowly, quickly, loudly, dan lainnya.
Contoh kalimat yang menggunakan adverb of manner:
 The man sings the song beautifully.
Adverbs of Frequency
Adverb of Frequency adalah jenis adverb yang memberikan keterangan kepada Verb (Kata Kerja) dengan informasi frequency (seberapa sering kegitan itu dilakukan. Adver of frequency yang paling sering dipakai dalam kalimat adalah; often, seldom, usually, always, sometimes, ever, never, dan lainnya.
Contoh kalimat yang menggunakan Adverb of Frequency adalah sebagai berikut:
 We usually have breakfast before we go to school
Adverbs of Place
Adverb of place adalah kata keterangan tempat yang digunakan oleh subject kalimat dalam melakukan pekerjaan (predicate) nya. Setiap kalimat yang lengkap akan menyertakan informasi dimana kegiatan pelaku kalimat itu dilakukan.
Frase yang sering digunakan adalah Prepositional Phrase atau frase yang mengandung kata depan seperti “ on”, “to”, “in” dan lainnya. Contoh kalimat yang menggunakan Adverb of Place adalah:
 All students sit on the chairs in the classroom
Adverbs of Time
Selain memberikan keterangan tenmpat, ada jenis adver yang memberikan keterangan waktu. Inilah yang kita sebut sebagai Adverb of Time. Secara theory, jenis adverb waktu ini tidak berbeda dengan adverb of place. Kalimat yang menggunakan adverb of time contohnya sebagai berikut:
 Please, come on time
Adverbs of Purpose
Adverb of Purpose sebenaranya sering masuk pada pembahasan “to infinitive” yaitu bentuk kata kerja1 yang diawali dengan kata “to”. Frase ini umumnya untuk memberikan makna tujuan atau maksud. Contoh kalimat yang menggunakan Adverb of Purpose adalah sebagai berikut:
 We do this exercisecarefully to make sure that ever thing is on the track
Adverb of Degree
Adverb of degree digunakan untuk menerangkan tingkat, level atau intensitas suatu keadaan. Umunya digunaka untuk memperjelas adjective tapi tidak salah juga kalau dipakai untuk menerangakan verb dan adverb itu sendiri.
Kosa kata bahasa Inggris yang dianggap sebagai adverb of degree misalnya:
Almost, nearly, quite, just, too, enough, hardly, scarcely, completely, very, extremely, dan lainnya.
Contoh penggunaanya dalam kalimat bahasa Inggris
 The weather is extremely cold
Cari Artikel Lainnya