Home » Kongkow » Travel » Pantai Balekambang, Wisata Tanah Lot Malang

Pantai Balekambang, Wisata Tanah Lot Malang

- Senin, 27 Juni 2022 | 12:00 WIB
Pantai Balekambang, Wisata Tanah Lot Malang

Pantai Balekambang merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Bantur, Kota Malang. Rute paling mudah untuk menuju Pantai Balekambang adalah berangkat dari pusat kota Malang. Jarak dari Malang ke Pantai Balekambang sekitar 60 kilometer.

Pantai Balekambang menawarkan keelokan seperti Tanah Lot Bali yang mampu menghipnotis mata kalian dengan pesonanya. Melihat air jernih yang dimiliki Pantai Balekambang seakan-akan mengajak kalian untuk bermain air dipinggir pantai. Selain bermain air, kalian juga bisa melihat batu karang yang bisa terlihat dibalik kejernihan air laut di Pantai ini. Batu karang yang ada di Pantai Balekambang seolah-olah menjadi dekorasi indah yang sudah menjadi ciri khas pantai ini.

Pantai Balekambang telah menjadi objek wisata sejak 1985. Selain terkenal sebagai wisata alam, Pantai Balekambang memiliki daya tarik utama berupa Pura Amarta Jati yang berada di atas pulau bebatuan karang yang bernama Pulau Ismoyo. Pura Amarta Jati ini masih digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu hingga sekarang.

Baca juga:

Kopi Letek Batu, Tempat Nongkrong yang Hits dan Instagramable

Pesona Eksotis Pantai Pangandaran: Mulai Jam Buka Hingga Harga Tiket

Untuk mengunjungi pura tersebut, pengunjung hanya perlu melintasi jembatan yang tersedia. Selain Pulau Ismoyo, terdapat dua pulau lain di sekitarnya, yakni Pulau Anoman dan Wisanggeni. 

Selain daya tarik tersebut, ada mitos yang menyebut bahwa air di pantai ini mampu membuat wajah jadi lebih muda. Gak heran jika banyak pengunjung pantai yang berenang untuk membuktikan mitos tersebut. Namun, ada pantangan juga untuk wanita yang sedang datang bulan dilarang mengunjungi Pura Amarta Jati.  

Lokasi Pantai Balekambang: Jalan Balekambang, Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur. 

Jam operasional: 24 jam 

Harga tiket: Senin-Jumat Rp10 ribu dan Sabtu-Minggu Rp15 ribu

Sumber :
Cari Artikel Lainnya