Home » Kongkow » Tutorial » PRAKTIS! INI 5 CARA MENANAM BUNGA MATAHARI PALING MUDAH

PRAKTIS! INI 5 CARA MENANAM BUNGA MATAHARI PALING MUDAH

- Rabu, 04 September 2019 | 12:35 WIB
PRAKTIS! INI 5 CARA MENANAM BUNGA MATAHARI PALING MUDAH

coba yuk cara menanam bunga matahari yang sangat sederhana ini. Mempercantik halaman rumah dan kebun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya menanam bunga-bunga dengan tampilan yang menarik. Bunga matahari adalah salah satu pilihan terbaik jika kamu ingin menghadirkan suasana yang membuat halaman terkesan lebih ceria. Ternyata, menanam bunga matahari itu tidak serepot yang kamu bayangkan. Tidak percaya? Langsung saja simak yuk cara menanam bunga matahari di bawah ini.

Cara Menanam Bunga Matahari

1. Memilih Jenis Bunga

cara menanam bunga matahari

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis bunga matahari yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis bunga ini memang bisa tumbuh hingga beberapa meter. Namun, terdapat beberapa jenis bunga matahari yang tumbuh tidak lebih dari satu meter, yakni:

  • Mammoth,
  • Autumn Beauty,
  • Sunbeam, dan 
  • Teddy Bear.

Baca Juga : Jenis Bunga Matahari Tercantik Lengkap Dengan Manfaatnya

2. Tips Memilih Kuaci

cara menanam bunga matahari

Kuaci yang baik menentukan pertumbuhan dari bunga matahari. Ini adalah beberapa tips dalam memilih kuaci yang harus kamu perhatikan:

  • Hanya membeli kuaci di toko yang memiliki ulasan baik.
  • Kuaci yang bisa ditanam berbeda dengan kuaci untuk camilan (biasanya kuaci tanam memiliki ukuran lebih kecil.
  • Kuaci dari setiap jenis bunga matahari memiliki bentuk dan warna yang berbeda.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan uji tanam sebelum benar-benar memilih kuaci terbaik. Hal ini dilakukan dengan cara merendam kuaci tersebut di dalam air selama 5 hingga 10 menit. Kuaci yang tidak layak tanam bisa dikenali dengan melihat kuaci mana yang mengapung.

3. Menyiapkan Lahan

cara menanam bunga matahari

Pastikan Air Mengalir dengan Baik

Meskipun bunga ini mudah bertahan hidup, kamu harus memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Pastikan lahan memiliki pembuangan air yang mumpuni, atau bangunlah kotak tanam sederhana.
  2. Kotak tanam ini bisa dibangun dengan panjang 2,5 meter dan berbahan dari kayu cemara agar tidak mudah rusak karena air.

Periksa pH Tanah

Bunga matahari cocok dengan tanah yang sedikit asam hingga sedikit basa dengan pH antara 6,0 hingga 7,5. Meskipun begitu, bunga ini relatif elastis dan mampu tumbuh di kebanyakan jenis tanah.

Pilih Lahan yang Terpapar Sinar Matahari dengan Penuh dan Terlindungi dari Angin

Bunga matahari akan tumbuh subur pada iklim hangat hingga panas jika terpapar dengan sinar matahari penuh. Selain itu, kamu juga harus melindungi bunga matahari dari angin. Untuk itu, tanamlah kuaci di sepanjang pagar, samping rumah, atau di belakang barisan pohon yang kokoh. Selain itu, jika memungkinkan, tanamlah kuaci di sisi utara untuk mencegah batang bunga yang besar menghalangi tanaman lain di kebunmu.

4. Proses Menanam

cara menanam bunga matahari

  • Gemburkan tanah dengan sekop (jika tanah kurang nutrisi atau memiliki sistem drainase yang buruk, tambahkan kompos sebanyak 6-10 cm)
  • Gali lubang sedalam 2,5 cm dengan jarak 45 cm antara setiap benih untuk jenis bunga matahari berukuran besar dan 30 cm untuk bunga yang berukuran sedang.
  • Masukkan beberapa benih pada setiap lubang dan tutup kembali dengan tanah.
  • Karena bunga matahari mekar setahun sekali, kamu bisa mengatur masa penanaman benih agar kamu bisa menikmati mekarnya bunga matahari untuk waktu yang lebih lama.
  • Berikan sedikit pupuk organik setelah bibit berhasil ditanam dan sebarkan pada area tanam agar batang bunga menjadi kuat.
  • Basahi tanah tersebut dengan air, namun pastikan agar benih tidak basah kuyup atau dibanjiri dengan air.

5. Proses Perawatan

cara menanam bunga matahari

Siram Tanaman Secara Teratur Setiap Hari

Bunga ini lebih suka disiram dengan banyak air namun jarang daripada sedikit air namun sering. Sesuaikan pemberian air tergantung apakah cuacanya panas atau berawan.

Tambah Lapisan Mulsa pada Permukaan Tanah

Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan gulma dan menahan kelembapan. Selain itu, tambahkan lapisan mulsa setelah terjadi hujan lebat.

Basmi Hama dan Jamur

Meskipun bunga ini relatif aman dari serangan serangga, ngengat bisa saja bertelur pada permukaan bunga. Basmi hal tersebut dengan mengambil cacing. Selain itu, pasang jaring untuk mencegah burung menghancurkan bunga. Jika bungamu terserang jamur dan penyakit lainnya, semprotkanlah fungisida pada bunga.

Baca Juga : Bunga Matahari, Ragam Manfaat Sang Penyerap Energi Surya​​​​​​​

Inilah cara menanam bunga matahari dengan teknik yang sederhana. Semoga bermanfaat,

Cari Artikel Lainnya