Home » Kongkow » IPA » PERPINDAHAN dan PENGARUH KALOR

PERPINDAHAN dan PENGARUH KALOR

4 months 'ago'

PERPINDAHAN dan PENGARUH KALOR ( PANAS )

Dalam kehidupan sehari sebenarnya kita telah menjumpai perpindahan panas, saat kita kita mengaduk minuman panas dengan sendok logam, memasak ari, menyalakan api unggun, mengeringkan pakaian. Banyak kegiatan yang telah kita lakukan terkait dengan perpindahan kalor/panas.

Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi menuju benda yang bersuhu lebih rendah. Lalu bagaimana panas itu dapat berpindah ya ? panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu perpindahan panas secara konduksi, konveksi, dan radiasi.

1. PERPINDAHAN KALOR SECARA KONDUKSI

Perpindahan kalor secara konduksi disebut juga perpindahan kalor secara hantaran, yaitu perpindahan kalor tanpa memindahkan zat perantaranya. Pada peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang berpindah hanya energi kalornya saja. Pada umunya, perpindahan kalor secara konduksi hanya terjadi pada benda padat.Contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita membuat teh dan memegang ujung sendok yang lama-kelamaan terasa panas, atau saat kita sedang memasak kita akan merasakan panas pada ujung spatula/sendok sayur,sotel

Gambar

Hasil gambar untuk Gambar perpindahan secara konduksi Hasil gambar untuk Gambar perpindahan secara konduksi

Setrika listrik merupakan alat yang cara kerjanya menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Ketika setrika dihubungkan dengan arus listrik maka arus listrik akan mengalir melalui elemen pemanas. Panas dari elemen akan berpindah kebagian alas besi setrika tebal.

2. PERPINDAHAM PANAS ATAU KALOR SECARA KONVEKSI

Perpindahan kalor secara konveksi ialah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Umumnya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. zat yang menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak ke atas. Saat zat yang lebih ringan tersebut berpindah ke atas, molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya. Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah.

Peristiwa konveksi terjadi pada saat kita merebus air. Air yang berada dekat dengan api akan mendapatkan panas, sehingga air menjadi lebih ringan. Air akan bergerak ke atas dan digantikan oleh air yang ada di atasnya. Demikian seterusnya.

Hasil gambar untuk contoh gambar perpindahan panas secara konveksi

Selain itu, perpindahan panas secara konveksi menyebabkan terjadinya angin darat dan angin laut. Angin darat dapat terjadi karena udara di darat pada malam hari lebih cepat dingin daripada udara di laut, Sehingga udara yang berada di atas laut akan naik dan udara di darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi. Angin laut dapat terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas, sehingga udara di darat akan naik dan udara laut akan menggantikan udara yang naik. Karena keadaan tersebut, pada malam hari nelayan akan melaut dan pada pagi atau siang hari mereka akan kembali kedaratan.

Contoh Gambar

Hasil gambar untuk contoh gambar perpindahan panas secara konveksi

3. PERPINDAHAN KALOR SECARA RADIASI

Radiasa merupakan perpindahan panas yang tidak memerlukan zat perantara. Ketika kalian sedang pergi berkemah ke pegunungan, udara disana sangat dingin. Untuk menghangatkan badan kalian membuat api unggun. Panas dari api unggun tersebut dapat sampai ketubuhmu tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas tersebut terjadi secara radiasi.

Pada saat siang hari ketika kalian keluar rumahdengan menggunakan pakaian hitam, badanmu akan terasa panas. Hal ini disebabkan karena warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi paling baik. Benda-benda berwarna hitam lebih banyak menyerap kalor dan memantulkan sebagian kalor jika dibandingkan dengan benda-benda berwarna putih dan berkilap. Sebaliknya, pada malam hari orang akan kedinginan saat memakai pakaian hitam daripada yang memakai pakaian putih. Hal ini dapat terjadi karena pakaian berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh.

Contoh Gambar

Hasil gambar untuk gambar radiasi Hasil gambar untuk gambar radiasi

utakatikotak
0
utakatikotak
101
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :