Home » Kongkow » Materi » Organ Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap

Organ Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap

- Kamis, 22 Juli 2021 | 14:00 WIB
Organ Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap

Organ tumbuhan mencakup akar, batang, daun, bunga dan buah beserta biji. Selain itu terdapat pula organ-organ aksesori seperti trikoma ( rambut daun atau batang ) duri dan sulur atau organ-organ penyimpanan cadangan makanan/penyintas ( survival ) seperti umbi, rimpang dan stolon. Setiap organ pada tumbuhan mempunyai fungsi tertentu yang khusus yang saling berhubungan dan saling mendukung satu sama lainnya. Nah berikut ini uraian, baik fungsi maupun jaringan-jaringan yang membentuki setiap organ pada tumbuhan.

Salah satu dari klasifikasi makhluk hidup yang secara biologi merupakan tumbuhan yang termasuk dalam golongan organisme multiseluler atau organisme yang terdiri atas banyak sel. Organ tumbuhan mencakup akar, batang, daun, bunga dan buah beserta biji. Seperti halnya sebuah sistem, struktur organ pada tumbuhanpun saling berhubungan dan tentunya mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Jaringan-jaringan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tingkatan yang lebih tinggi dari jaringan adalah organ. Selain itu, setiap organ pada tumbuhan mempunyai fungsi tertentu yang khusus dan saling berhubungan serta saling mendukung satu sama lainnya. Hal ini akan membentuk fungsi yang sempurna dan saling melengkapi untuk menghasilkan fungsi tersendiri dari srtuktur organ tumbuhan tersebut. Organ tumbuhan terdiri atas akar, batang, daun, bunga dan buah.

Struktur Organ Tumbuhan

Struktur-tumbuhan

  • Akar

Akar ialah bagian tanaman yang terdapat didalam tanah. Pada tumbuhan tingkat tinggi yakni dikotil dan monokotil akarnya sudah merupakan akar sejati. Sedangkan untuk tumbuhan tingkat rendah seperti lumut, akar mempunyai struktur yang amat kuat. Hal ini terbukti dengan kemampuannya untuk menerobos beberapa lapisan tanah yang keras.

Fungsi akar ialah :

  • Sebagai alat absorbsi air.
  • Nutrisi berbagai garam mineral yang terlarut didalam tanah dan
  • Pengokoh tumbuhan pada tempat tumbuhnya.

Struktur Akar

Bagian akar terbagi menjadi struktur luar dan struktur dalam. Struktur luar akar terdiri atas tudung akar, batang akar, percabangan akar ( hanya pada dikotil ) dan bulu-bulu akar. Sementara itu, struktur bagian dalam akar ( anatomi akar ) terbentuk oleh jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele ( silinder pusat )/empulur. Bagian-bagian akar tersebut tersusun berurutan dari luar ke dalam.

  • Batang

Batang ialah bagian tubuh tumbuhan yang ada diatas tanah, serta tempat melekatnya daun, bunga dan buah.

Fungsi Batang ialah :

  1. Sebagai penyokong dari tumbuhan itu sendiri.
  2. Untuk mentransformasikan zat-zat makanan ke seluruh tumbuhan.
  3. Untuk mengangkut air dan mineral dari akar dari daun, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

Struktur Batang

  • Kulit luar memiliki dinding luar sel-sel yang menebal dan bermodifikasi menjadi rambut-rambut halus, duri dan lentisel.
  • Kulit pertama, terletak disebelah dalam epidermis, terususn dari jaringan parenkim dan jaringan penunjang.
  • Kulit dalam, merupakan batas antara korteks dan stele biasanya disebut florterma yang mengandung amilum/sarung tepung.
  • Silinder pusat, tersusun dari jaringan parenkim yang membentuk empulur batang.

Pada tumbuhan dikotil batang mengalami perubahan menjadi jaringan primer ( bakal daun, tunas ketiak, epidermis korteks, ikatan pembuluh dan empulur ). Sedangkan pada tumbuhan monokotil batang berkembang menjadi bakal daun, bakal tunas ketiak, epidermis, ikatan pembuluh tersebar, empulur yang berada ditengah lingkaran batang merupakan organ tumbuhan yang selalu mengalami pertumbuhan memanjang. Hal ini disebabkan pada bagian ujunga batang terdapat titik tumbuh atau jaringan meristem batang.

  • Daun

Daun merupakan salah satu organ yang sangat memegang peranan penting dalanm kehidupan tumbuhan ialah daun. Mengapa demikian !! karena pada daun terjadi proses fotosintesis yang menghasilkan berbagai bahan makana untuk pertumbuhan. Didalam daun terdapat zat warna yang disebut klorofil yakni semacam pigmen yang dimiliki oleh berbagai organisme yang berperan dalam proses fotosinesis. Daun ini dibedakan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. Berdasarkan susunannya, tulang daun yang menyirip ( misal : mangga dan jambu ), menjari ( misal : singkong ) dan sejajar ( misal : jagung, tebu, padi dan alang-alang ). Jika anda membuat irisan melintang daun dan mengamatinya mulai dari bagian atas ke bawah, terlihat susunannya terdiri atas epidermis atas, mesofil, berkas pembuluh angkut dan epidermis bawah.

Fungsi Daun ialah :

  1. Tempat memasak zat-zat makanan yang diserap oleh akar.
  2. Sebagai alat pernapasan bagi tumbuhan
  3. Sebagai tempat terjadinya penguapan air
  4. Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan
  5. Sebagai alat untuk perkembangbiakan tumbuhan

Struktur Daun

Struktur daun dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Struktur luar daun yang dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya :

  • Berdasarkan bentuk daun, yaitu pipih, melebar dan berwarna hijau.
  • Berdasarkan bentuk tulang daun, yaitu menyirip, sejajar dan menjari.
  • Berdasarkan bentuk tepi daun, yaitu tepi rata dan tepi bergerigi.
  • Berdasarkan jumlah daun yaitu daun tunggal dan daun majemuk.
  • Berdasarkan susunan daun yang melekat pada tangkai, yaitu flotaksis berseling, flotaksis berhadapan dan flotaksis terpusat.
  • Berdasarkan bentuk, yaitu dau bundar, daun jorong, daun bulat telur dan daun bentuk jantung

2. Struktur dalam daun yang terdiri dari :

  • Epidermis yang terdapat dipermukaan atas dan bawah daun. Epidermis dilapisi oleh lapisan lilin yang disebut kutikula. Pada bagian ini terdapat stomata yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas.
  • Palisade ( jaringan tiang ) tersusun rapat seperti tiang, terdapat kloroplas yang mengandung klorofil.
  • Spons ( jaringan bunga karang ), pada bagia terdapat berkas pengangkutan yang berfungsi untuk mengangkut sari-sari makanan hasil fotosintesis.
  • Bunga

Pada tumbuhan bunga ini hanya muncul pada fase-fase tertentu, yaitu pada fase dimana tumbuhan akan memulai perkembangbiakan ( fase reproduksi ). Buah merupakan organ tumbuhan yang terbentuk setelah bunga mengalami proses penyerbukan. Dengan demikian, organ bunga dan buah disebut pula sebagai organ tambahan. Bunga sebenarnya merupakan hasil dari modifikasi batang, sedangkan buah berasal dari bakal buah yang terdapat pada bunga dan telah mengalami pembuahan.

Morfologi bunga pada tumbuhan tinggi terdiri atas mahkota bunga, kelopak bunga, putik dan benang sari.

  1. Tangkai bunga, ialah bagian tumbuhan yang berfungsi untuk menghubungkan dengan batang.
  2. Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang paling luar.
  3. Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang terletak disebelah dalam kelopak benang sari, merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari.
  4. Putik merupakan alat kelamin betina.

Fungsi bunga :

  • Bunga menyediakan platform untuk sistem reproduksi seksual dari tanaman (andresium – jantan dan ginesium – betina) – baik bunga berumah satu dan dua. Dalam serbuk sari bunga dan ovula diproduksi biasanya melalui proses meiosis.Penyerbukan terjadi dan ovula terbentuk menjadi biji, dengan ovarium yang bengkak biasanya membentuk menjadi buah (atau polong biji).
  • Menyediakan mekanisme untuk menarik penyerbuk untuk memfasilitasi penyerbukan (kelopak) – bunga berumah satu dan bunga berumah dua. Bunga memberikan atraktan visual untuk banyak penyerbuk (serangga, burung, binatang dll), ini juga kadang-kadang terkait dengan bau beraroma seperti nektar. Ini sebagai “umpan” untuk menarik serangga yang kemudian mentransfer serbuk sari antara bunga-bunga dan memfasilitasi penyerbukan (baik penyerbukan silang atau penyerbukan sendiri).
  • menyediakan platform untuk ovula dibuahi untuk berkembang dan didistribusikan sebagai buah dan biji – bunga berumah satu dan bunga berumah dua betina saja.

 

  • Buah Dan Biji

Buah merupakan organ tumbuhan yang terbentuk setelah bunga mengalami proses penyerbukan. Daging buah bagi tanaman berguna untuk melindungi biji. Bagi makhluk lain, daging buah merupakan bagian yang biasanya dimakan. Sedangkan biji tidak terbungkus daging buah, seperti biji kedelai, kacang tanah, padi. Ada juga buah berbiji tunggal seperti mangga, kelengkeng dan rambutan. Buah yang berbiji banyak ( majemuk ) seperti pepaya, sirsak dan jambu biji.

Fungsi buah dan biji :

  • Buah berfungsi sebagai pelindung bagi biji dan juga sebagai tempat cadangan makanan.
  • Biji berfunsi sebagai alat perkembangbiakan generatif ( kawin ) tumbuhan.

Melekatnya serbuk sari di atas kepala putik penyerbukan pembuahan bakal buah dan biji berkembang menjadi buah. Biji yang mengandung embrio atau lembaga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan bagi tumbuhan. Berikut adalah Macam-macam buah adalah:

  1. Buah tunggal: buah yang dibentuk oleh hanya satu bakal buah saja, contoh: buah mangga dan pepaya.
  2. Buah agregat: buah yang dibentuk oleh banyak bakal buah dari satu bunga, misalnya: buah murbai.
  3. Buah majemuk atau buah berganda: buah yang dibentuk oleh banyak bakal buah dari banyak bunga, contohnya : buah nanas, nangka dan keluwih
Cari Artikel Lainnya