Home » Kongkow » Kesehatan » Nanas Muda Bisa Mencegah Hamil, Mitos atau Fakta?

Nanas Muda Bisa Mencegah Hamil, Mitos atau Fakta?

- Selasa, 15 Februari 2022 | 16:20 WIB
Nanas Muda Bisa Mencegah Hamil, Mitos atau Fakta?

Nanas muda mengandung banyak gizi yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Menurut US Department of Agriculture (USDA), berikut ini adalah kandungan gizi dalam satu cangkir nanas muda atau setara dengan 165 gram:

  • Kalori: 82,5.

  • Lemak: 0,2 gram.

  • Sodium: 1,7 gram.

  • Karbohidrat: 22 gram.

  • Serat: 2,3 gram. 

  • Gula: 16,3 gram. 

  • Protein: 0,9 gram. 

  • Vitamin C: 79 miligram.

Berdasarkan dr. Theresia Rina Yunita, buah ini pun aman dikonsumsi ibu hamil di trimester berapa saja, asalkan porsinya tidak berlebihan.

Apakah nanas muda bisa menghambat kehamilan?

Dilansir dari laman Klikdokter.com , menjawab pertanyaan ini, dr. Theresia Rina mengatakan tidak.

Anggapan nanas muda bisa mencegah kehamilan hanyalah mitos belaka. Menurut dr. Theresia Rina, tidak ada penelitian maupun jurnal yang mengatakan bahwa nanas muda bisa mencegah kehamilan. 

Jadi, jika Anda sengaja makan nanas muda untuk mencegah kehamilan, hal tersebut hanya sia-sia belaka. 

Baca juga: 

Nanas Muda Bikin Keguguran? Sebelum Nuduh yang Bukan-bukan, Simak Dulu Nih Penjelasannya

Sama seperti buah-buahan lain, nanas juga memberikan manfaat baik bagi tubuh selama masa kehamilan. Buat penyuka nanas, ini nih manfaatnya!

Tahukah kamu menurut Live Science bahwa satu porsi nanas potong segar menunjang kurang lebih 79 mg vitamin C, nutrisi yang diperlukan untuk menyuplai produksi kolagen yang membantu pertumbuhan kulit, tulang, tulang rawan, dan tendon bayi?

Tak hanya itu, seporsi nanas juga menunjang kekebalan tubuh selama kehamilan lo. FYI, ibu hamil pada umumnya membutuhkan 85 mg asupan vitamin C harian.

Nanas juga merupakan sumber serat tinggi yang efektif meringankan sembelit. Selain itu, nanas juga menyediakan banyak nutrisi lainnya, termasuk vitamin A dan B6, folat, niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, besi, magnesium, kalium dan mangan.

Namun, perlu diperhatikan kalau kamu menderita diabetes gestasional atau alergi terhadap nanas, lebih baik pilih alternatif buah lain pengganti nanas karena punya efek berbahaya buat kesehatan ibu hamil. Semoga artikel ini bisa mencerahkan ya!

Cari Artikel Lainnya