Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Nama Pakaian Adat Riau dan Keunikannya

Nama Pakaian Adat Riau dan Keunikannya

- Selasa, 19 Juli 2022 | 14:00 WIB
Nama Pakaian Adat Riau dan Keunikannya

Pakaian adat pada suatu daerah adalah simbol budaya yang juga bisa menjadi penanda mengenai identitas suatu masyarakat dalam sebuah daerah tertentu, termasuk pakaian tradisional Riau. 

Nama pakaian adat kepulauan Riau adalah kebaya labuh dan teluk belanga. Pakaian adat Riau sangat kental dengan perpaduan Islam dan Melayu. 

Selain itu, pakaian dan perhiasan tidak hanya untuk memenuhi persyaratan atau untuk mempercantik penampilan tetapi juga mengandung semangat tertentu. Semangat inilah yang melingkupi nilai syukur dan kejujuran hidup masyarakat Riau dan menjadi filosofi pakaian melayu Riau.

Setiap pakaian adat Riau memiliki warna, bentuk, dan model berdasarkan filosofi Melayu Riau yang mengandung nilai-nilai tertentu. Warna yang sangat dominan di komunitas Melayu Riau adalah kuning keemasan, hijau lumut dan merah darah. Warna-warna di atas telah diwariskan secara turun temurun sejak nenek moyang orang Melayu di Tanah Kuning Sassy hidup.

Baca juga:

Fakta Tongkonan, Rumah Adat Tanah Toraja

Daftar Lengkap Nama, Gambar dan Asal Pakaian Adat di Indonesia

Nama Pakaian Adat Riau

Pakaian adat Riau terbagi menjadi beberapa nama pakaian yang perlu kamu diketahui, berikut adalah daftar beserta penjelasan dari nama-nama pakaian adat Riau:

1. Baju Kurung

Baju kurung merupakan salah satu pakaian adat Riau yang biasa dikenakan para kaum perempuan Riau sehari-hari di rumah. Baju khas ini berbentuk lengan panjang, dan baju tersebut memiliki panjang yang menjuntai sampai ke bagian atas lutut.

2. Kebaya Labuh

Salah satu pakaian adat Riau untuk para wanita Riau adalah kebaya Labuh atau juga dikenal dengan sebutan Belah Labuh. Kebaya ini sebenarnya mirip dengan kebaya pada umumnya, namun panjang pakaian ini menjuntai sampai batas lutut atau betis wanita dewasa.

Uniknya baju kebaya Labuh ini memiliki ciri-ciri yaitu jika panjangnya tiga jari di atas lutut maka menunjukkan sang wanita yang memakai pakaian ini belum menikah. Sementara, jika baju yang panjangnya tiga jari di bawah lutut wanita dewasa, maka dapat diketahui bahwa wanita si pemakai telah menikah.

3. Baju Teluk Belanga

Baju Teluk Belanga ini merupakan baju khas Riau yang biasa dikenakan para pria Riau. Pakaian jenis ini terdiri dari baju, celana, dan kain samping setinggi lutut serta penutup kepala atau tanjak.

Pada bagian leher baju Teluk Belanga berkerah dan berkancing lima. Kancing lima ini merupakan lambang dari rukun Islam. Kancing yang disematkan berupa kancing tep, kancing emas, atau kancing permata.

4. Baju Cekak Musang

Pakaian adat Riau selanjutnya adalah baju cekak musang yang sebenarnya mirip dengan pakaian teluk belanga. Baju khas ini biasa dikenakan pada acara resmi dengan ditambahkan penutup kepala berupa kopiah hitam semakin memperindah pemakai baju khas tersebut.

5. Pakaian Adat Riau Pengantin Pria

Para pengantin pria Riau biasanya mengenakan busana teluk belanga dengan ragam motif dan dipadu padankan dengan aksesoris yang membuat tampilan sang pengantin pria terlihat mewah dan berkelas.

Berikut perlengkapan busana pengantin untuk pria adalah:

  • Satu setelan busana kurung cekak musang yang warnanya sama antara baju dengan celana. Motif busananya berbentuk bunga cengkeh dan tampuk manggis yang bertabur benang berwarna emas.
  • Memakai kain samping yang bermotif serupa dengan celana.
  • Hiasan kepala berupa distar yang berbentuk mahkota, tanjak dalam berbagai bentuk, seperti ikat datuk bendahara, ikat laksemana dan lain-lain.
  • Mengenakan sebai di sebelah kiri bahu yang berwarna kuning keemasan dan bersulam kelingan.
  • Bagian leher pengantin dikalungkan rantai panjang berbelit dua sebagai simbol ikatan ayah dan ibu.
  • Memakai pending atau bengkong warna kuning keemasan menurut derajatnya, pakai les ungu, hijau atau merah.
  • Mengenakan canggai pada bagian ibu jari kelingking.
  • Memakai sepatu runcing atau capal kulit khas Riau.
  • Menambah aksesoris berupa keris pendek berhulu burung serindit yang disisipkan di bagian pinggang sebelah kiri, keris bersarung dan diikat dengan kain kuning yang memiliki makna menghindari malapetaka dan marabahaya.
  • Memegang sirih telat atau sirih pemanis di salah satu tangannya.

6. Pakaian Adat Riau Untuk Pengantin Wanita

Pakaian adat Riau untuk pengantin wanita juga sangat bervariasi dan disesuaikan dengan upacara adat pernikahan.

Pada saat upacara bersanding, mempelai wanita biasa mengenakan setelan kebaya labuh atau busana kurung yang dibuat dari bahan kain tenunan khas Melayu Riau dengan corak dan warna yang sama dan serasi.

Selain setelan pakaian adat Riau, para mempelai wanita biasa menambahkan aksesoris yang semakin menambah daya tarik sang mempelai. Adapun aksesoris pelengkap busana pengantin perempuan adalah sebagai berikut:

  • Hiasan kepala atau disebut dengan perkakasan andam, hiasan di bagian kening disebut ramin, sanggul lipat pandan atau sanggul lintang serta dihiasi dengan sunting dan genta-genta atau bunga goyang dengan motif bunga cina.
  • Pada bagian leher pengantin wanita dikalungkan perhiasan kalung emas dan rantai papan atau dukoh bertingkat tiga, lima dan tujuh menghiasi leher.
  • Pada bagian lengan kanan dan kiri pengantin wanita dihiasi dengan gelang berkepala burung merak sebagai pertanda memberikan kesuburan dan kemakmuran bagi pengantin wanita tersebut.
  • Pada bagian bahu kiri pengantin diberi tampan-tampan atau sebai yang bertekad benang emas dan kelingan.
  • Pengantin juga mengenakan Canggai yang terbuat dari perak atau emas pada jari tangan, yaitu jari kelingking dan ibu jari.
  • Bagian pinggang pengantin wanita diikat dengan pending emas yang berfungsi untuk menambah kerampingan badan pengantin.
  • Bagian kaki kiri dan kanan pengantin diberi perhiasan gelang kaki emas atau perak yang berkepala kuntum bunga cempaka.
  • Kaki pengantin wanita beralaskan kasut atau selepa yang terbuat dari beludru yang dihiasi dengan kelingkan dan manik.
Sumber :
Cari Artikel Lainnya