Home » Kongkow » Tematik » Nama Daerah di Indonesia dan Ciri Khasnya Kelas 4 SD

Nama Daerah di Indonesia dan Ciri Khasnya Kelas 4 SD

- Senin, 23 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Nama Daerah di Indonesia dan Ciri Khasnya Kelas 4 SD

Indonesia memanglah dikenal memiliki keanekaragaman budaya di setiap daerahnya. Terkadang tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang identik. Seperti berikut ini adalah nama-nama daerah beserta Ciri Khas dari daerah tersebut.

1. Sumatra Utara Ciri Khasnya: Suku Batak, pakaian adat Ulos, dan Danau Toba.

Suku Batak merupakan suku bangsa dengan populasi terbesar ketiga di Indonesia yakni sebanyak 3,6%. Suku ini berasal umumnya tinggal di Sumatera Utara.

Ciri khas Suku Batak adalah amat menjunjung tinggi nama keluarga atau marga. Ini akan menjadi penanda asal silsilah keluarga. Pakaian adat Sumatra Utara yang paling terkenal yaitu Pakaian adat Ulos. Kemudian ada salah satu ciri yang identik sekali dengan Sumatra Utara nih yaitu Danau Toba yang melegenda.

2. Sumatra Barat Ciri Khasnya: Suku Minang, Rumah Gadang, Tari Piring, dan Mpek-mpek

Suku Minang mendiami wilayah Sumatera Barat yang memiliki ciri khas memiliki rumah adat bernama Rumah Gadang. Selain itu mereka juga memiliki pakaian adat unik yang digunakan dalam pernikahan. Untuk perempuan disebut Bundo Kanduang sedangkan yang laki-laki mengenakan Deta.

Suku Minang juga terkenal akan kesenian tarinya yakni Tari Piring dan Tari Pasambahan. Selain itu, ada juga salah satu ciri khas dari Sumatra Barat dari segi kuliner yaitu mpek mpek.

3. DKI Jakarta Ciri Khasnya: Suku Betawi, Ondel-ondel

Suku Betawi merupakan suku bangsa yang mendiami wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Ciri khas Suku Betawi adalah kesenian Gambang Koromong dan seni pertunjukan menarik yaitu lenong yang di dalamnya dibumbui pantun serta lelucon.

Selain itu ada juga tari-tarian yakni Tari Topeng Betawi dan yang paling terkenal juga adalah ondel-ondel. Ondel-ondel merupakan boneka raksasa yang terbuat dari anyaman bambu, dan dihiasi pakaian serta aksesoris yang menyerupai manusia.

4. Jawa Barat Ciri Khasnya: Suku Sunda, Tari Jaipong, angklung

Suku Sunda mendiami provinsi Jawa Barat. Jawa Barat memiliki beragam tari tradisional khas. Beberapa di antaranya populer di Indonesia, yakni Tari Jaipong, Tari Topeng, dan Tari Rampak Rendang.

Selain itu di Jawa Barat memiliki ciri khas pada alat musik tradisionalnya yang terbuat dari bambu bernama angklung. 

5. Yogyakarta Ciri Khasnya: Jalan Malioboro, Gudeg, Tugu Yogyakarta

Kota Yogyakarta merukapan kota yang unik karena kita bisa melihat berbagai tradisi Jawa yang begitu melekat di kota ini dan masyarakatnya, seperti batik (kain dengan corak khusus yang dibuat dengan tangan (dilukis dan dicetak), kerajinan perak, pertunjukan wayang, musik tradisional atau gamelan, bahkan makanan khas Yogyakarta yang disebut Gudeg. Selain itu disana terdapat Jalan Malioboro, yang menjadi salah satu tempat selalu dikunjungi oleh para wisatawan.

6. Bali Ciri Khasnya: Tari kecak, Pantai Kuta, Barong, Ngaben

Pulau Bali atau yang sering dikenal dengan sebutan Pulau Dewata memiliki berbagai seni dan Budaya sendiri yang sangat khas. Mulai dari seni tarinya ada Tari Kecak, Tari Pendhet, dll.

Masyarakat Bali umumnya menganut agama Hindu dan memiliki tradisi Ngaben. Selain itu, Bali yang terkenal sebagai kota wisata hingga mancanegara terkenal akan Pantai-pantainya yang indah seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, dll.

7. Sulawesi Selatan Ciri Khasnya: Suku Bugis, Pantai Losari

Sulawesi Selatan didiami oleh Suku Bugis yang memiliki jumlah populasi 2,7% dari populasi Indonesia. Ciri khas dari Suku Bugis adalah penggunaan pakaian adat yang bernama baju Bodo. Salah satu kebiasaan yang cukup dikneal di Sulsel adalah Mappalili (Bugis) atau Appalili (Makassar).

Rumah adat Sulawesi Selatan disebut tongkonan, berdiri di atas tumpukan kayu dengan ukiran warna meraj, hitam dan kuning.

8. Papua Ciri Khasnya: Suku Asmat, Rumah Honai, Rumah Jew

Suku Asmat merupakan salah satu suku terbesar di Papua. Suku ini tinggal di rumah adat yang disebut rumah Jew. Selain Rumah Jew, Rumah adat Papua yang paling terkenal adalah Rumah adat Honai.

Pakaian Adat Papua yang sangat identik berupa hiasan kepala, kalung yang terbuat dari gigi dan tulang hewan, kalung dari kerang, ikat pinggang dan sarung yang berumbai rumbai.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya