Home » Kongkow » Inovasi » Mobil Terbang Bermesin BMW Sudah Uji Terbang Selama Antar Bandara

Mobil Terbang Bermesin BMW Sudah Uji Terbang Selama Antar Bandara

- Rabu, 07 Juli 2021 | 14:00 WIB
Mobil Terbang Bermesin BMW Sudah Uji Terbang Selama Antar Bandara

Perusahaan Klein Vision asal Slowakia berhasil merancang prototipe mobil terbang ‘hybrid car-aircraft’ bernama AirCar. 

Dialah Profesor Stefan Klein, yang merancang mobil terbang tersebut. Stefan Klein mengklaim rancangannya ini mampu terbang sejauh 1.000 km atau sekitar 600 Mil, dengan ketinggian maksimum sekitar 2.500 meter.

Saat ini mobil terbang AirCar ini malah disebut sudah menempuh jam terbang hingga 40 jam.

Belum lama ini Profesor Klein mengendarainya dan terbang selama 35 menit dari landasan pacu bandara Nitra International Airport dan mendarat di bandara internasional Bratislava pada 28 Juni lalu. Penerbangan yang sudah dilakukan ke 42 kalinya ini sukses mendarat dengan aman dan langsung bertransformasi menjadi sports car.

Untuk berubah menjadi pesawat dengan sayap, mobil ini disebut butuh waktu sekitar 2 menit 15 detik. Sayap mungilnya bisa dilipat, sehingga saat dipakai di jalan raya tidak habiskan ruang.

Mobil terbang yang bisa membawa dua penumpang (dengan bobot maksimum 200 kg) ini juga diklaim punya kecepatan jelajah maksimum di udara hingga sekitar 190 km/jam.

Dikutip dari situs resminya, mobil terbang ini ditenagai oleh mesin BMW bertenaga 160 dk dan diisi bahan bakar biasa.

Dibawah supervisi dari departemen penerbangan sipil dan otoritas transportasi Republik Slowakia, AirCar ini sudah melalui pengetesan termasuk menikung tajam, di kemiringan 45 derajat, tes stabilitas serta manuver.

Mobil terbang ini membutuhkan landasan pacu untuk ancang-ancang terbang, tak seperti prototipe drone-taksi yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Untuk membuat prototipe mobil terbang AirCar ini Klein Vision klaim butuh waktu sekitar dua tahun dan habiskan dana kurang dari 2 juta Euro.

Disebut dalam rilis resminya, nantinya prototipe kedua AirCar bakalan menggunakan mesin dengan output yang lebih besar (300 dk) dengan propeler yang bisa diatur, sehingga kecepatan jelajah di udaranya bisa mencapai 300 km, dengan jarak tempuh hingga 1.000 km. Keren yah?

Cari Artikel Lainnya