Home » Kongkow » Kuliner » Mengenal Kuliner Warung Kopi Khas Lampung, Pisang Geguduh

Mengenal Kuliner Warung Kopi Khas Lampung, Pisang Geguduh

- Minggu, 13 Oktober 2019 | 10:55 WIB
Mengenal Kuliner Warung Kopi Khas Lampung, Pisang Geguduh

Warung kopi bisa menjadi salah satu tempat mampir saat sedang berwisata. Di warung kopi ini, pelancong bisa mendapatkan referensi tempat wisata menarik dari penduduk lokal.

Jika Anda sedang plesiran di Lampung dan mampir ke salah satu warung kopi di sana, jangan lupa mencoba salah satu kuliner khas bernama pisang geguduh. Ini adalah salah satu makanan favorit masyarakat Lampung yang biasa disantap sambil ngopi dan ngobrol santai.

"Di rumah maupun warung kopi, pisang geguduh biasanya disajikan setiap sore sebagai teman minum kopi atau ngeteh," kata Hanu Rahtio seorang warga Lampung. Pisang geguduh memiliki bentuk yang sama seperti pisang goreng lainnya. Perbedaannya ada pada cara mengolahnya.

Proses pembuatan pisang geguduh, menurut Hanu, terbilang unik karena pisangnya dihaluskan dulu kemudian dicampur dengan tepung, gula, dan telur hingga menjadi adonan. Setelah itu, baru digoreng. Mirip seperti membuat kuliner kekinian pisang nugget. Jenis pisang yang digunakan umumnya pisang ambon, pisang uli, atau pisang kepok.

Kini pisang geguduh tak hanya ditampilkan dengan cara polos. Masyarakat Lampung melakukan modifikasi kuliner yang satu ini dengan menambahkan topping sebagai pelengkap sekaligus enak dilihat. Di atas pisang geguduh biasanya diberi taburan meses, kismis, atau susu.

Cari Artikel Lainnya