Home » Kongkow » Tematik » Mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting?

Mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting?

- Sabtu, 17 Oktober 2020 | 10:27 WIB
Mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting?

Menjaga kelestarian alam dan lingkungan memanglah sangat penting karena kita tahu sendiri bahwa jumlah sumber daya alam itu terbatas dan membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkannya. Oleh karena itu kita harus bisa lebih menghemat dan membatasi penggunaannya. Selain itu juga menjadi hal yang wajib bagi kita untuk menjaga kelestariannya. Mengapa? karena jika tidak dilakukan pelestarian akan terjadi ketidakseimbangan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang mengakibatkan rusaknya keseimbangan alam dan ekosistem yang memproduksi sumber daya alam itu sendiri.

Selain itu ada beberapa alasan mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting?

Alasan yang mungkin bisa kita ambil contoh yaitu sebagai berikut !

1. Dengan Menjaga keseimbangan alam bumi akan kembali sehat. Bumi memiliki kekuatan untuk menyembuhkan diri sendiri. Akan tetapi, jika terus menerus dirusak, maka tidak ada waktu bagi bumi untuk menyembuhkan dirinya.

2. Sangat penting bagi manusia untuk menjaga ketersediaan air bersih. Karena air menjadi suatu kebutuhan penting yang harus dipenuhi manusia setiap harinya.

3. Menjaga keseimbangan populasi mahkluk hidupagar bisa menjaga rantai makanan tetap utuh. Dengan begitu binatang- binatang yang terancam punah, akan keluar dari status awas

4. Mencegah terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor

5. Menjaga udara bumi kembali bersih adalah kepentingan yang besar bagi manusia, agar manusia dapat bernapas dan udara yang sehat.

6. Menjaga keseimbangan alam sekitar, akan berdampak pada pengurangan efek rumah kaca yang menyebabkan global warming di bumi.

7. Iklim dan suhu tidak lagi mengalami perubahan ekstrim, karena lapisan udara bumi telah kembali bersih.

8. Menjaga bumi adalah kewajiban bagi manusia. Karena hanya manusia yang mampu merusak dan memperbaiki bumi. Kepentingan manusia dalam menkaga keseimbangan alam sekitar, karena hanya manusia yang dapat memperbaiki apa yang mereka rusak.

Nahh 8 poin diatas bisa dijadikan peta pikiran Mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting.

Manusia tinggal di bumi. menjaga bumi adalah tugas manusia. Bumi memiliki memiliki keanekaragaman hayati. Keanekaragaman tersebut harus seimbang, sehingga tidak terjadi kerusakan pada bumi. banyak cara yang bisa dilakukan dengan cara menjaga keseimbangan ekosistem. Mulai dengan mengubah kebiasaan sehari- hari, antara lain yang merupakan Kepentingan Menjaga Keseimbangan Alam Sekitar :

  1. Tidak membuang sampah sembarangan
  2. Tidak membuang sampah ke kali atau sungai
  3. Tidak membuang limbah pabrik ke kali atau sungai
  4. Saat berkunjung ke tempat wisata alam, bawalah kantong untuk menyimpan sampah kita sendiri.
  5. Biasakan berjalan kaki atau bersepeda jika bepergian dengan jarak yang dekat
  6. Matikan lampu dan cabut sambungan listrik jika tidak terpakai.
  7. Pakailah air sesuai kebutuhan, dan tidak membuang- buang air.
Cari Artikel Lainnya