Home » Kongkow » Kesehatan » Manfaat dan Efek Samping Kacang Merah

Manfaat dan Efek Samping Kacang Merah

- Kamis, 17 Desember 2020 | 09:08 WIB
Manfaat dan Efek Samping Kacang Merah

Kacang merah menjadi salah satu makanan yang paling dianjurkan kepada penderita diabetes karena kaya akan protein dan serat, serta memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini membuat penderita diabetes bisa mengatur kandungan gula dalam darah mereka.

 

Manfaat Kacang Merah

Manfaat kacang merah berasal dari kandungan protein dan nutrisi penting lain yang ada di dalamnya. Untuk mendapat khasiat dari jenis kacang tersebut, usahakan untuk mengonsumsi kacang merah secara rutin.

Anda bisa mengolahnya menjadi bubur atau hidangan yang lainnya. Berikut manfaat kacang merah terbaik untuk kesehatan Anda:

Kaya protein

Jika Anda seorang vegan, mengonsumsi kacang merah bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Mengutip dari NDTV Food, Anda bisa mendapat 24 gram protein dari 100 gram kacang merah.

Cobalah untuk mengombinasikan kacang merah dengan gandum atau biji-bijian yang lain. Tujuannya, supaya kebutuhan nutrisi harian Anda, seperti asam amino dan serat, bisa terpenuhi.

Beberapa jenis sumber makanan yang bisa Anda campur dengan kacang merah adalah nasi, quinoa, dan kedelai.

Menjaga sistem pencernaan tubuh

Manfaat kacang merah selanjutnya berasal dari serat larut dan tidak larut (soluble dan insoluble fiber). Kedua jenis serat itu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga Anda bisa buang air besar secara rutin.

Meski demikian, pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsi jenis kacang ini karena bisa menyebabkan perut kembung.

Cocok dikonsumsi penderita diabetes

Melansir dari NDTV Food, kacang merah juga mengandung karbohidrat yang bernama slow release carbohydrate. Jenis karbo tersebut mampu memperlambat pencernaan sehingga memperlambat gula masuk ke darah.

Indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah, hanya 29. Artinya, sumber makanan ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Meski demikian, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kacang merah secara rutin. 

 

Efek Samping Kacang Merah

Disamping memiliki banyak manfaat, kacang merah juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara tidak tepat dan berlebihan. Berikut penjelasannya.

Gangguan pada Pencernaan

Kacang merah mengandung senyawa Fitohemaglutinin yang bersifat beracun. Senyawa ini mampu membuat sel darah merah dan sel darah putih menggumpal apabila kacang merah dikonsumsi secara mentah atau kurang matang.

Gangguan pencernaan yang akan dirasakan adalah perut menjadi kembung dan timbul rasa mual. Selain itu, penderita juga akan mengalami diare.

Mengandung Antinutrien

Kacang merah memang banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan nutrisi-nutrisi tersebut tidak dapat diserap oleh tubuh dan dirasakan manfaatnya.

Hal ini karena kacang merah mengandung senyawa antinutrien yang mampu menghambat penyerapan nutrisi dalam makanan yang dicerna.

Kacang merah yang direndam dan matang sempurna dapat mencegah senyawa antinutrien dalam kacang merah.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya